Ikuti Isa dan Islam di Facebook Ikuti Isa dan Islam di Tweeter

Apakah Ada Perubahan dalam Injil?

Perubahan InjilBENARKAH ADA PERUBAHAN DALAM INJIL?

Dibawah ini adalah balasan surat dari Staff IDI kepada Sdr. Karno tentang perubahan dalam Injil:

Mengkritik Isi Injil Sebelum Dibaca

Saudara Karno mengatakan bahwa di dalam kitab Injil 'selalu terjadi perubahan', dan 'di berbagai versi tersebut banyak sekali kalimat yang bertentangan satu sama lain.'  Kami merasa heran karena Sdr. Karno berani mengatakan demikian sementara ternyata belum membaca Injil.

Contoh Konkrit Perubahan Alkitab

Kami meminta supaya Sdr. Karno dapat menyebutkan secara spesifik ‘pertentangan' yang dituduhkan.  Memberikan satu contoh konkrit 'perubahan-perubahan' yang menurutnya banyak sekali.  Bagian atau ayat mana yang telah diubah. Apa tujuan orang Kristen mengubahnya?  Dan kapan mereka mengubahnya?

Terjemahan-Terjemahan Alkitab dan Al-Quran

Memang ada banyak terjemahan Alkitab.  Demikian juga halnya Al-Quran. Kami bahkan memiliki, membaca, dan mempelajari empat terjemahan Al-Quran bahasa Inggris.  Jika diperhatikan, ternyata cukup banyak perbedaan terjemahan yang kami temukan pada empat terjemahan bahasa Inggris yang kami miliki.

Naskah Asli Alkitab dan Al-Quran

Memang tidak ada naskah asli dari tulisan nabi Musa, nabi Daud maupun Injil.  Namun ada naskah-naskah tua yang masih disimpan di beberapa museum.  Naskah-naskah itu telah ada jauh sebelum agama Islam ada, yaitu ratusan tahun sebelumnya. Bagaimana dengan naskah asli Al-Quran?  Jelas tidak ada!  Tapi Sdr. Karno menjawab 'Allah berkata menjaga Al-Quran sampai akhir jaman'.  Ini memang sesuai dengan Qs 6:34 "Tak ada seorangpun yang dapat mengubah kalimat-kalimat Allah."  Tetapi bila Allah yang maha kuasa dapat menjaga wahyu Al-Quran, apakah Ia tidak berkuasa menjaga wahyu sebelumnya, yaitu kitab Injil?

Kontradiksi dalam Al-Quran?

Yang cukup membingungkan kami adalah, adanya kontradiksi antara Qs 6:34 tadi dengan Qs 2:106, "Apa saja ayat yang Kami naskahkan atau Kami jadikan lupa kepadanya, Kami datangkan yang lebih baik daripadanya atau yang sebanding dengannya."  Jika demikian, manakah ayat berikut ini yang merupakan pesan Allah: Qs 2:256 "Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam)," atau Qs 8:39 "Dan perangilah mereka supaya jangan ada (fitnah) dan supaya agama itu semata-mata bagi Allah."?

Wassalam,

David Eran
Staff Isa dan Islam

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Berhubung banyak komentar yang masih belum kami balas, untuk sementara komentar tidak diterima.

Comments  

# Staff Isa dan Islam 2010-07-30 23:07
T

TOPIK URAIAN UNTUK COMMENT:

............................................PERUBAHAN DALAM INJIL


Kami senang menerima comments yang langsung men yetujui dan/atau men antang intisari uraian di atas. Informasi yang mem perkaya pengertian tentang topik di atas juga diterima dengan senang hati.

Comment-comment lain yang tidak berhubungan langsung dengan topik di atas akan dihapus.

Di tempat ini kami ingin menjalankan satu diskusi mengenai topik ini saja.

Wassalam,
Staff, Isa dan Islam
# topan 2010-07-31 17:22
*
Konteks Al-Quran dimana pun sama, tentang arti atau menafsirkannya pun harus sama paling tidak mendekati.

Bagaimana dengan Injil yang memakai bahasa yang berbeda disetiap negara? Pasti punya penafsiran yang berbeda.
Jadi kalau mau tahu arti Al-Quran sebaiknya Anda belajar artinya.
# Staff Isa dan Islam 2010-08-01 06:21
~
Sdr. Topan, naskah-naskah Taurat, Zabur, Kitab Nabi-Nabi dan Injil dapat dimiliki dalam bahasa aslinya oleh setiap orang Kristen. Malahan seluruh Alkitab dalam bahasa aslinya sekarang terdapat di internet.

Kalau seorang ingin mempelajari satu ayat berdasarkan bahasa aslinya ia dapat dengan gampang dan segera mencari bahasa asli untuk ayat itu di internet.

Lagi perlu dikatakan bahwa umat Kristen mempelajari Kitab-kitab Suci dalam bahasa aslinya sejak masa Isa Al-Masih sendiri. Jutaan buku sudah dikarang yang menyelidiki Alkitab berdasarkan bahasa aslinya.

Orang Islam sungguh salah paham kalau mereka berpikir orang Kristen tidak mengerti atau mempelajari Alkitab dalam bahasa asli.
# atha 2010-08-05 15:10
*
Pencatatan Al-Quran sudah dilakukan sejak Nabi Muhammad saw masih hidup oleh juru tulis Nabi dan dilanjutkan di era sahabat Nabi.

Jadi jelas naskah asli Al-Quran masih ada hingga kini. Tidak benar kalau naskah aslinya tidak ada.
# Harry 2010-08-06 11:15
*
Dari semua tulisan anda yang telah saya baca saya hanya bisa berpikir betapa konyolnya anda jika mentakwilkan dan menangkisnya dari sebagian isi kandungan ayat Al-Quran. Itu artinya anda percaya bahwa Al-Quran itu adalah ayat Tuhan.

Jika mengambil pembenaran keyakinan anda kenapa dari sebagian ayat Al-Quran saja? Kenapa tidak dipahami semuanya? (Bukankah anda percaya dengan dalil Al-Quran hingga dijadikan rumusan?)

Dan hal ini seringkali dipermasalahkan oleh banyak orang yang menentang Al-Quran tetapi lagi-lagi menangkisnya dari Al-Quran itu sendiri.
# Heri 2010-08-09 19:04
*
Tempat Al-Quran bukan di Surga. Mula-mula Al-Quran berada di Lauh Mahfudz. Kemudian diturunkan ke langit bumi pada malam al-Qadr. Secara berangsur-angur selama 23 tahun diwahyukan kepada Rasulullah Muhammad saw. dan disampaikan kepada umatnya.

Ketika Jibril menyampaikan Al-Quran kepada Rasulullah, Jibril selalu mengecek hafalan Rasulullah tentang ayat yang baru diturunkannya. Kemudian Rasulullah menyuruh sekretarisnya untuk mencatatnya dalam berbagai media karena waktu itu belum ada kertas.

Setelah disampaikan kepada umatnya banyak pula yang menghafalnya, karena Al-Quran itu indah seperti syair sehingga mudah dihafal. Kaum Quraiasy terkenal sebagai kaum yang kuat hafalannya. Pada zaman itu syair sangat populer dan digandungri bahkan kepiawaian dalam bersyair bisa menjadi tanda status sosial masyarakat Quraisy saat itu.
# AS Rakhman 2010-12-13 17:05
*
Sekedar informasi tambahan, Injil modern disadur dari 3 Codex (Vaticanus, Sinaiticus dan Alexadrius) yang ditemukan pada abad 4. Pengarang aslinya tidak diketahui dan isinya banyak yang hilang. Berkali-kali direvisi oleh berbagai orang atau organisasi dengan kepentingan dan tujuan yang berbeda sehingga sekarang banyak sekali versinya.
# Truth Seeker 2010-12-13 17:20
*
Naskah tua yang menjadi acuan Injil modern ada banyak sekali, ribuan, tetapi tidak ada satupun naskah yang memuat secara komplit keseluruhan injil. Pengarangnyanya pun banyak yang misterius.

Jadi, manakah yang disebut sebagai patokan yang asli?

Salam Damai
# Heri 2010-12-16 20:24
*
Setiap bahasa memiliki nilai rasa yang berbeda, karena itu sangat riskan menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lain, apalagi yang tidak serumpun. Bisa berubah arti kalau hanya memiliki pengetahuan bahasa saja.

Jika Al-Quran diterjemahkan, kami menyebutnya Tafsir Al-Quran, bukan Al-Quran, karena tafsir bisa saja salah, dan Rasulullah melarang menafsirkan Al-Quran dengan akal pikiran kita, tetapi harus dengan ilmu.

Ada sekurang-kurang nya 15 cabang ilmu yang harus dikuasai oleh orang yang menafsirkan Al-Quran, termasuk asbabul nuzul yaitu asal-usul suatu ayat diturunkan, dikaitkan dengan peristiwa-peris tiwa tertentu (sejarah).

Sedangkan Alkitab umat Kristen versi Indonesia, mungkin hasi terjemahan dari bahasa Inggris, bukan bahasa aslinya. Karena pendeta-pendeta biasanya membacakan bahasa Inggrisnya di samping bahasa Indonesia, bukan bahasa aslinya (Ibrani atau yang lain)
# ochim 2011-05-15 21:11
*
Bukti Allah memelihara kemurnian Al-Quran adalah adanya para penghafal Al-Quran sejak Rasul Muhammad ada hingga sekarang. Coba bandingkan dengan kitab agama lain, adakah manusia mau menjadi penghafalnya?

Sejak tahun kapan Isa diangkat sebagai anak Tuhan oleh pengikutnya? Silahkan jawab pertanyaan ini dengan jujur.
# dwi N.P. 2011-05-26 16:03
*
Injil yang asli itu menurut anda bagaimana? Yang setelah konsili 300 tahun setelah Yesus dan disahkannya Trinitas atau sebelumnya? Kita meyakini bahwa Al-Kitan sudah dirubah.
# swara 2011-06-11 15:06
*
"Di dunia ini mungkin tidak ada Kitab lain yang teksnya tetap murni selama dua belas abad(sekarang empat belas)." - (Sir William Muir)
# mikha 2011-06-12 23:23
*
Menurut Staff Isa dan Islam: "Kami mengakui bahwa naskah Injil yang asli tidak ada. Juga naskah asli Al-Quran tidak ada".

1.Pandangan Admin adalah sangat keliru, karena Al-Quran yang asli masih ada dan terdapat di museum yang ada di Arab Saudi(Mekah dan Madinah). Saya telah melihatnya dan Al-Quran yang ada ditangan saya adalah Al-Quran yang isinya sama dengan aslinya, dalam bahasa Arab.

2.Apa dasarnya admin mengatakan bahwa Injil yang sekarang masih Asli?
Sementara admin mengakui naskah asli Injil tidak ada, injil asli bukan dalam bahasa inggris, Yunani atau Latin, karena agama Kristen lahir di Timur Tengah, dalam bahasa Ibrani.

3.Injil yang ada sekarang hanya didasarkan pada Codex-codex, dimana antara codex yang satu dengan yang lainnya saling berbeda, jadi tidak merujuk pada naskah aslinya yang berbahasa Ibrani.
# kumbang 2011-06-23 03:24
*
“Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya; "Ini dari Allah", untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang mereka kerjakan.”(Qs 2:79)

Sesungguhnya di antara mereka ada segolongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Al Kitab, supaya kamu menyangka yang dibacanya itu sebagian dari Al Kitab, padahal ia bukan dari Al Kitab dan mereka mengatakan: 'ia dari sisi Allah', padahal ia bukan dari sisi Allah. Mereka berkata dusta terhadap Allah sedang mereka mengetahui. (Qs 3:78)

Hai Ahli Kitab, mengapa kamu mencampur adukkan yang haq dengan yang bathil , dan menyembunyikan kebenaran, padahal kamu mengetahuinya? (Qs 3:71)
# kumbang 2011-06-23 03:25
*
"Dan jika kamu dalam keraguan tentang Al Qur'an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami, buatlah satu surat yang semisal Al Qur'an itu dan ajaklah penolong-penolo ngmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar." (Qs 2:23)

"Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur'an? Kalau kiranya Al Qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya." (Qs 4:82)
# swara 2011-07-06 11:56
*
Staff Isa dan Islam menjawab: "Terdapat banyak perbedaan di antara versi-versi tersebut".

Tolong saudara sebutkan bukti perbedaan versi tersebut dan riwayat yang menceritakannya.

Para sahabat menyetujui pembakaran Al-Quran. Ali sendiri berkata:
"Demi Allah, dia tidak melakukan apa-apa dengan pecahan-pecahan (Mushaf)kecuali dengan persetujuan kami semua(tidak ada seorang pun di antara kami yang membantah).

Kapan Injil dipalsukan? saya kira topik pada artikel ini bukan tentang pemalsuan Injil, jadi saya tidak akan menjawabnya.

Mengenai perubahan Injil George D. Kilpatrick dari Queen's College, Oxford menegaskan bahwa "pada kira-kira tahun 200 M, mayoritas perubahan-perub ahan yang disengaja telah disusupkan ke dalam alur teks PB, dan bahwa setelah itu para juru tulis mentransmisikan beberapa bentuk teks dengan ketelitian tinggi."
# mulya 2011-07-26 19:37
*
Bila anda mencari Al-Quran yang asli tidaklah sulit, bila anda lewat sebuah masjid atau mushola silahkan anda mampir kedalam, saudara pasti menemukan Al-Quran yang asli.

Kita sama-sama berhak untuk menilai apakah Kitab Suci kita adalah firman Allah atau karangan manusia, tapi tentu dengan dasar dan kaidah-kaidah yang bisa kita buktikan dan pertanggung jawabkan.

Islam menilai Injil yang sekarang tidak asli tentu berdasarkan berita yang ada dalam Al-Quran itu sendiri dan juga berdasarkan telaah isi dari Injil itu sendiri dan dari kajian-kajian yang mendalam dan tentu setelah mempelajari dari para ahli Injil itu sendiri.
# mulya 2011-08-01 23:24
*
Asli yang saya maksud adalah isi, arti, bentuk tulisan, bahasa, makna, jumlah huruf, jumlah kata, jumlah kalimat, jumlah ayat, jumlah surat, susunan suratnya, tata bahasanya, tanda bacanya dan kemurniannya belum dan tidak akan pernah berubah, bertambah dan berkurang dari pertama turun sampai hari ini!

Bagaimana dengan Injil? Ini telah diakui oleh para ahli sejarah berdasarkan penelitian secara ilmiah. Bila saudara memiliki wawasan yang luas tentang sejarah dan mau mengakaui penemuan dan penelitian para sejarahwan tersebut, anda akan mengatakan "ya memang benar!"

Apa yang ada dalam Injil yang asli ada dalam Al-Quran, karena Al-Quran adalah penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya.

Cari tahu dahulu apa itu Surat Al Fatihah.
Video Isa Dan Islam

Click gambar di atas untuk video-video terbaru kami

www.videoisadanislam.com

isadanislamstudi.com

* Untuk bisa masuk ke pelajaran kursus ini, non-aktifkan 'pop-up blocker' komputer Saudara dengan meng-klik di sebuah 'bar' di bawah 'status bar' di bagian atas layar komputer