Ikuti Isa dan Islam di Facebook Ikuti Isa dan Islam di Tweeter

Apakah yang Dimaksud dengan Istilah "Injil"?

InjilMenurut Alkitab hanya ada satu Injil. Penting sekali Saudara mengerti arti istilah 'Injil'.  Injil berarti 'kabar baik.' Injil yang dibawa Isa Al-Masih adalah berita kasih Allah Bapa kepada manusia yang telah berdosa dan terpisah dari Allah.

EMPAT PENULIS MENJELASKAN INJIL

Berita Injil diuraikan oleh empat Penulis yang dekat dengan Isa Al-Masih semasa hidupnya di tanah Israel. Dari permulaan, Kekristenan hanya mengakui empat tulisan ini. Keempat  dikenal sebagai Injil Matius, Injil Markus, Injil Lukas dan Injil Yohanes. Empat tulisan ini juga dapat disebut empat Riwayat hidup Isa Al-Masih. Tidak pernah ada Injil Isa!.  Setahu kami Al-Quran juga tidak pernah memakai istilah 'Injil Isa.'  Empat tulisan ini ditambah dengan surat-surat lain yang menguraikan permulaan Gereja dan pengajaran Isa Al-Masih.  Semuanya dikenal dengan istilah Perjanjian Baru atau kadang dengan istilah 'Injil' saja.

ARTI POKOK ISTILAH ‘INJIL’

Berita Injil pada dasarnya adalah berita Keselamatan. Istilah “injil” berasal dari Bahasa Yunani euaggelion, bahasa popular di Palestina pada masa Isa Al-Masih.   Kabar baik yang dibawa oleh Isa Al-Masih adalah berita bahwa dosa telah menjauhkan manusia dari Allah dan membawa hukuman dari Allah. Yaitu neraka, atau dipisahkan selamanya dari Allah!. Tetapi, karena kasihNya yang begitu besar kepada manusia, Allah bertindak untuk menyelamatkan manusia dari genggaman iblis serta hukuman kekal. Rencana Allah dalam menyelamatkan manusia ialah bahwa Ia sendiri yang akan memikul hukuman dosa manusia. Itulah sebabnya mengapa Ia disebut “Kalimat Allah” yang menjelma ke dunia. Dilahirkan sebagai bayi melalui perawan Maryam. Hanya Isa Al-Masih saja yang dapat dikatakan sebagai 'anak laki-laki yang suci' (QS 19:19).

Pengajaran dan mujizat Isa Al-Masih yang mengherankan adalah bukti keilahianNya. Sebagai manusia Ia juga merasakan kelaparan dan capai. Tetapi sebagai Allah Ia tetap sadar akan maksud kedatanganNya ke dunia. Ia berkata : "Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang” (Injil, Lukas 19:10).

TUJUAN UTAMA PENJELMAAN ISA AL-MASIH

Inti dari Injil, dan maksud utama Penjelmaan Isa Al-Masih, ialah penderitaan dan kematianNya untuk menanggung hukuman dosa manusia. Syukur bahwa Isa Al-Masih sudah membayar penuh hukuman dosa manusia.

Hukuman yang semestinya ditanggung manusia, telah dibayar olehNya di kayu salib. Ayat Alkitab yang menjelaskan ini berbunyi : "Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah” (Injil, Surat 2 Korintus 5:21). Syukur, Isa Al-Masih bukan saja mati disalib dan dikuburkan, tetapi Ia juga bangkit kembali. Jauh sebelum penderitaan dan kematianNya terjadi, Isa Al-Masih berkata : "Akulah Gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya....Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak ada seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku” (Injil Yohanes 10:11-18). Ya, Isa Al-Masih mati tersalib tetapi Ia juga bangkit lagi dan kemudian diangkat kembali ke sorga. Kebenaran ini disetujui oleh Al-Quran dalam Sura 19:33, "Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaKu, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali."

Inilah berita Injil! Alangkah baiknya bila saudara membaca Injil Matius dan seterusnya. Adalah aneh bila Muslim yang taat belum membaca tiga kitab yang juga disebut wahyu Allah dalam Al-Quran, yaitu Taurat, Zabur dan Injil. Kami dari Staff Isa dan Islam dengan rajin membaca dan mempelajari Al-Quran. Lalu, kapan Saudara membaca Injil?

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Berhubung banyak komentar yang masih belum kami balas, untuk sementara komentar tidak diterima.

Comments  

# afrianto 2010-07-07 14:04
*
Konsep penebusan dosa oleh Tuhan benar-benar tidak masuk akal.

Manusia berdosa pada Tuhan, sehingga Tuhan berhak menghukum manusia. Tapi anehnya Tuhan sendiri yg menjalani hukuman lalu mengampuni manusia.

Analogi: Parto mencuri uang Budi, sehingga berdosa pada Budi. Tapi untuk memaafkan Parto, Budi harus dipenjara dulu demi menggantikan hukuman Parto. Baru kemudian Budi memaafkan Parto.
# Achmad Nurul 2010-07-07 17:56
*
1. Lalu yang disebut 'Perjanjian Lama' itu apa?

2. Yang menciptakan neraka itu siapa?

3. Kenapa Allah membiarkan neraka itu tercipta?

4. Kamipun berkeinginan membaca Taurat, Zabur, dan Injil tapi yang belum diselewengkan oleh tangan-tangan manusia. Sebab sampai saat ini belum ada yang bisa menghafalkan satu kitab Injil yang itu.

Artinya besar kemungkinan kitab Injil masih bisa diselewengkan.
# afrianto 2010-07-14 09:19
*
Jika anda yakin Bible (Kitab Suci) tidak diselewengkan berikan penjelasan dari pertanyaan berikut:

1. Bagaimana keaslian Injil dijaga?

2. Metode apa yang digunakan untuk menjaga keaslian Injil?

3. Tidak ada bukti bahwa Injil tidak pernah berubah, Injil 100 tahun lalu saja berbeda dengan Injil hari ini. Berikan penjelasan!

4. Banyak kontradiksi pada ayat-ayat dalam Bible yang tidak terhitung jumlahnya. Jelaskan!
# askar sasmita 2010-08-05 17:07
*
Ada hal yang menarik tentang kisah Nabi Isa Al-Masih ini. Silahkan anda baca Injil Yohanes 3:13. Dalam QS 3:59 dinyatakan bahwa pemisalan Adam sama dengan Isa.

Dalam hal ini Adam diturunkan dari Planet Muntaha ke Bumi. Demikian pula Isa diturunkan dari Bumi ke planet di bawah orbit Bumi (mungkin Venus). Jadi tugas Isa bukan di Bumi tetapi di planet lain sehingga di Bumi ini tidak terdapat Injil yang sempurna.
# askar sasmita 2010-08-06 19:49
*
(1) Maaf, anda keliru lagi dalam memahami Yohanes 3:13. Heaven anda artikan dengan sorga, itu keliru. Harusnya planet (dalam hal ini planet Bumi).

(2) Kemudian turun dari planet Bumi ke planet di bawah Bumi, anda pelajari (kalau bisa) QS 4;158 dan QS 23;50. Begitu ceritanya.

(3) Jelas-jelas nabi Isa dilahirkan Maryam, melalui parthenogenesis , anda mengatakan tidak diciptakan, anda keliru.

(4) Adam diturunkan dari Planet Muntaha ke Bumi, silahkan anda pelajari Qs 2:36.

(5) Tugas Nabi Isa di Bumi hanya sementara, tidak lebih dari 3 tahun menjadi Rasul. Tugas sebenarnya adalah menyebarkan Agama Islam di planet lain dibawah orbit Bumi (kemungkinan di Venus).

(6) Pelajari dengan baik QS 4:158 , QS 35:50 dan anda pelajari juga Matius 13:24 s/d Matius 13:40 (Cuma ingat heaven artinya planet bukan sorga).
# AS Rakhman 2010-12-10 20:17
*
Apakah ada kata Allah dalam Injil yang asli? Karena yang saya baca di versi Inggris-pun tidak ada, (yang ada God, Elia, Elohim, dsb).

Jadi darimana kata Allah di Injil Indonesia didapatkan?
# Rahmad Hidayat 2011-05-13 23:27
*
Janji Allah adalah menjaga wahyu yang di turunkannya, bukan hasil karangan manusia. Apa yang ada dalam Injil sekarang adalah hasil karangan manusia, jadi Allah tidak menjaganya.

Perlu anda ketahui bahwa Al-Quran tidak memiliki berbagai versi, walaupun ada perbedaan terjemahannya tetapi masih ada pedoman aslinya, sehingga masih tetap dalam satu versi.

Sedang Injil tidak ada lagi pedoman aslinya sehingga sampai sekarang terdapat bermacam-macam versi injil. Sangat banyak kesalahan dalam penulisan kembali Injil yang ada sekarang.

Anda sudah membaca Injil sekian lama, tapi belum bisa menemukan kontradiksi dalam Injil, sedangkan orang lain baru beberapa minggu membacanya sudah menemukan puluhan bahkan ratusan kontradiksi dalam Injil. Timbul tanda tanya apakah anda benar-benar telah membaca Injil?
# mikha 2011-06-12 23:03
*
Untuk Staff isa dan islam, apakah Injil yang anda baca sekarang adalah Injil yang asli?
# kumbang 2011-06-23 03:21
*
“Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga", padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa.” (Qs 5:73).

"Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik ke neraka jahanam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.” (Qs 98:6).
# kumbang 2011-06-23 03:21
*
“Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya; "Ini dari Allah", untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang mereka kerjakan.”(Qs 2:79)

Sesungguhnya di antara mereka ada segolongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Al Kitab, supaya kamu menyangka yang dibacanya itu sebagian dari Al Kitab, padahal ia bukan dari Al Kitab dan mereka mengatakan: 'ia dari sisi Allah', padahal ia bukan dari sisi Allah. Mereka berkata dusta terhadap Allah sedang mereka mengetahui. (Qs 3:78)

Hai Ahli Kitab, mengapa kamu mencampur adukkan yang haq dengan yang bathil , dan menyembunyikan kebenaran, padahal kamu mengetahuinya? (Qs 3:71)
# kumbang 2011-06-23 03:22
*
“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (Qs 3:85).
Video Isa Dan Islam

Click gambar di atas untuk video-video terbaru kami

www.videoisadanislam.com

isadanislamstudi.com

* Untuk bisa masuk ke pelajaran kursus ini, non-aktifkan 'pop-up blocker' komputer Saudara dengan meng-klik di sebuah 'bar' di bawah 'status bar' di bagian atas layar komputer