Ikuti Isa dan Islam di Facebook Ikuti Isa dan Islam di Tweeter

Apakah Isa Al-Masih Mendirikan Agama Baru?

Tokoh 15Tokoh agama yang paling berpengaruh dalam peradaban manusia, diantaranya kita mengenal Siddhartha Gautama, pendiri agama Budha. Juga ada Muhammad pembawa agama Islam. Bagaimana dengan Isa Al-Masih. Apakah Isa Al-Masih mendirikan agama baru, atau ada misi khusus dibalik kedatangan-Nya ke dunia?

Dengan mengetahui tujuan Isa Al-Masih datang ke dunia, akan menolong Anda untuk memahami perbedaan Isa Al-Masih di antara tokoh-tokoh agama di atas.

Arti Kata “Agama”

Menurut Kamus Bahasa Indonesia, agama merupakan sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) kepada Tuhan yang Mahakuasa, tata peribadatan, dan tata kaidah yang bertalian dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Tata keimanan atau kaidah umat Islam, terdapat dalam Kitab Suci mereka yang disebut Al-Quran. Bagi umat Budha, terdapat dalam Tripitaka. Kaidah umat Kristen terdapat dalam Alkitab (Taurat, Zabur, Kitab Nabi-Nabi, dan Injil).

Asal Mula Kata “Kristen”

Apakah Isa Al-Masih adalah pendiri agama Kristen? Jelas tidak! Kitab Suci Allah mengajarkan, semua nabi Allah yang datang ke dunia, tidak ada yang datang dengan misi sebuah agama tertentu. Mereka datang dengan tujuan memberitakan “jalan” Allah. Agar manusia kembali pada jalan Allah.

Pada mulanya istilah “Kristen” dipakai oleh orang-orang non-pengikut Isa di daerah di Antiokhia. Kata “Kristen” adalah sebagai ejekan dan penghinaan terhadap pengikut Isa pada masa itu. Karena orang-orang di Antiokhia tersebut melihat perbuatan, keseharian, dan kata-kata para pengikut Isa sama seperti Isa Al-Masih. Maka secara harafiah, istilah “Kristen” dapat berarti “menjadi bagian dari kelompok Isa Al-Masih.”

AgamaLantas, Apa Tujuan Isa Datang ke Dunia?

Ratusan tahun sebelum kedatangan Isa Al-Masih ke dunia, seorang Nabi Allah memuat ramalannya tentang Isa. Ia menuliskan, “Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh” (Kitab Nabi Besar Yesaya 53:5).

Penggenapan atas ramalan tersebut tertulis dalam Kitab Suci Injil. Dikatakan, “tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya [Isa] dengan tombak . . .” (Injil, Rasul Besar Yohanes 19:34).

Jika Anda ingin mengetahui ramalan lainnya tentang Isa dalam Kitab Taurat dan Zabur, silakan menghubungi kami.

Isa Al-Masih Menyelamatkan, Bukan Agama!

Tidak satu pun agama yang dapat mengampuni dosa. Agama apapun tidak dapat menjamin pengikutnya masuk sorga. Agama tidak lain dari usaha manusia untuk mengatur hidup para pengikutnya. Agama Kristen-pun tidak menyelamatkan.

Bukan agama baru yang dibutuhkan manusia yang terikat dalam kegelapan dosa, tetapi manusia membutuhkan seorang penyelamat. Dan untuk itulah Isa Al-Masih datang ke dunia. “Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:15), sebagaimana yang telah disaksikan oleh Nabi Yahya Pembaptis saat ia berkata, "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:29).

Bagaimana agar bisa mendapat hidup kekal? Silakan mengemail kami untuk mengetahui caranya!

[Staf Isa dan Islam – Untuk informasi lebih lanjut, silakan mendaftar untuk menerima secara cuma-cuma Buletin Mingguan "Isa dan Al-Fatihah."]

Fokus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca:

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Sebutkanlah keistimewaan yang dimiliki oleh Isa Al-Masih, yang tidak dimiliki oleh nabi-nabi lainnya.
  2. Setujukah saudara bahwa “agama tertentu” tidak dapat memberi jaminan sorgawi? Jelaskan alasan saudara!
  3. Adakah cara lain agar seseorang bisa mendapatkan jaminan sorgawi, selain melalui Isa Al-Masih? Jelaskan!

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Berhubung banyak komentar yang masih belum kami balas, untuk sementara komentar tidak diterima.

Comments  

# Alif 2017-03-13 21:12
*****
1. Kalau Isa Tuhan kenapa harus dibandingkan dengan nabi-nabi?
2. Hanya agama Islam yang menjamin masuk surga kalau kita beriman dan bertaqwa kepada alloh swt.
3. Tiada Tuhan selain alloh dan Isa itu utusan alloh
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 10:31
*****
Saudara Alif,

1. Ini adalah pertanyaan yang bagus sekali. Isa Al-Masih dibandingkan dengan nabi-nabi, sebab banyak orang mengenalnya hanya sebatas nabi. Oleh karena itu, perbandingan ini diperlukan untuk menunjukkan adanya perbedaan Isa Al-Masih dengan nabi-nabi. Karena itu, dapatkah saudara menyebutkan keistimewaan Isa Al-Masih dibandingkan nabi-nabi lain?

2. Kami sangat berharap bahwa pernyataan saudara di atas benar adanya. Bila agama Islam menjamin umatnya masuk sorga, maka ini akan tercermin pada nabi Islam. faktanya, nabi Islam bingung mengenai keselamatannya di akhirat (Qs 46:9). Ini sudah kami singgung berulang kali. Pertanyaannya adalah mengapa nabi Islam bingung mengenai keselamatannya bila Islam menjamin masuk sorga?

3. Apakah alloh memberikan kepastian masuk sorga? Apa tindakan konkret alloh Islam untuk menyelamatkan umatnya? Tertulis dimanakah tindakan konkret alloh Islam tersebut dalam Al-Quran?
~
Solihin
# Tobat 2017-03-13 22:28
~
Tujuan Nabi Isa datang ke dunia memang bukan membawa peraturan baru, melainkan meluruskan ajaran yang dibawa Nabi Musa.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 10:32
~
Saudara Tobat,

Membuktikan sebuah pernyataan lebih penting daripada hanya mengungkapkan pernyataan. Bila Isa Al-Masih datang ke dunia untuk meluruskan ajaran Nabi Musa, maka ajaran apa yang diluruskan? Tertulis dimanakah itu dalam Injil? Kami berharap saudara dapat membuktikannya sehingga tidak sekedar berasumsi, apalagi mengkhayal. Mohon pencerahan saudara.
~
Solihin
# LGN 2017-03-13 22:36
*****
1. Keistimewaannya adalah "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan" (Mat 3:17).

2. Orang yang percaya disebut Pengikut Kristus. Pengikut Kristus disebut Agama Kristen. Bukan agama yang menyelamatkan. Tetapi iman kepada-Nya yang mampu menyelamatkan.

3. Kisah Para Rasul 4:12, "Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia (Yesus), sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 10:33
*****
Saudara LGN,

Isa Al-Masih tidak pernah mendirikan agama baru untuk dijadikan pegangan bagi manusia. Sebab bukan agama yang menyelamatkan, melainkan Isa Al-Masih. Dengan mencermati fakta-fakta tersebut, maka tidak ada nama lain yang olehnya manusia diselamatkan, kecuali dalam nama Isa Al-Masih. Terimakasih saudara LGN untuk tanggapan saudara.
~
Solihin
# lawas 2017-03-14 07:46
~
Tapi nabi Yesus tidak pernah mengakui Kristen. Jawaban no 1 sampai 3 adalah percuma dijelaskan. Walaupun sudah dijelaskan kalian merasa benar yang ujung-ujungnya jadi sok tahu.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 10:35
~
Saudara Lawas,

Tenang, saudara! Tidak perlu apriori terhadap jawaban dan tanggapan yang diberikan. Forum ini adalah forum diskusi di mana saudara dapat menyampaikan pandangan saudara mengenai topik di atas. Isa Al-Masih tidak pernah membawa agama sebagaimana yang dilakukan nabi Islam. Nabi-nabi sebelum kedatangan Isa Al-Masih ke dunia pun tidak pernah membawa agama. Hanya satu yang membawa agama, yakni nabi Islam.

Pertanyaannya adalah mengapa nabi Islam membawa agama? Bukankah yang harus menjadi fokus manusia adalah Allah, bukan agama? Bagaimana saudara menjelaskan ini?
~
Solihin
# Ahli Fikir 2017-03-14 08:46
*****
1) Kami tidak membeda-bedakan para nabi (Qs 2:285)

2) Agama yang diredhai adalah Islam (Qs 3:19 dan Qs 3:85; Qs 2:132).

3) Menurut gereja: Yesus disalib untuk tebus semua dosa manusia yang percaya. Malangnya Mat. 7:21-23 mereka perlu disaring mengikuti kehendak Bapa yang di sorga, daripada 1000 orang hanya top 10 diterima. Kesimpulannya Yesus tidak tebus semua manusia yang percaya.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 10:36
*****
Saudara Ahli Fikir,

1. Kami meragukan bahwa saudara tidak membeda-bedakan nabi. Bila saudara tidak membeda-bedakan nabi, mengapa hanya nabi Islam saja yang dipuja umat Islam? Bukankah Al-Quran menjelaskan bahwa Isa Al-Masih melebihi nabi Islam? Silakan klik ini http://tinyurl.com/d5j4cdo

2. Ini adalah klaim nabi Islam kepada agama yang dibawanya. Benarkah Islam adalah agama yang diridhoi? Bila benar, mengapa nabi Islam bingung mengenai keselamatannya (Qs 46:9)? Ini telah disinggung berulang kali di forum ini dan tidak pernah mendapatkan jawaban yang memuaskan dan logis.

3. Kami sangat menyukai Injil, Rasul Besar Matius 7:21-23 sebab ayat Injil tersebut menjelaskan peran Isa Al-Masih sebagai Hakim yang adil. Kita mengetahui bersama bahwa Allah adalah Hakim yang adil. Karena itu, Isa Al-Masih tetap menjalankan proses keadilan kepada semua manusia, termasuk nabi palsu sebagaimana konteks ayat tersebut.
~
Solihin
# lawas 2017-03-14 08:49
~
Misi nabi Isa datang lagi ke dunia. Matius 7:21-23. Di sini saja sudah jelas, malah mau dipelintir artinya.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 10:38
~
Saudara Lawas,

Kami telah menanggapi ayat itu berulang kali. Silakan saudara membaca tanggapan kami pada artikel sebelumnya dan tanggapan pada saudara Ahli Fikir di atas. Terimakasih untuk komentar saudara.
~
Solihin
# Ahli Fikir 2017-03-14 09:50
~
Agur,

Masuk Islam wajib kerana Allah semata-mata, bukan karena tawaran ganjaran atau paksaan. Jika non-Muslim masuk Muslim karena Allah, automatik diampunkan dosa yang telah lalu. Berperang di jalan Allah perlukan niat yang betul kerana Allah untuk menegakkan agama Islam. Jika tidak, akan dipertanggungja wabkan pada hari penghakiman. "Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu..." (Qs 2:214).
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 10:39
~
Saudara Ahli Fikir,

Benarkah pernyataan saudara di atas? Dapatkah saudara menjaminnya? Apa dasar saudara menyatakan bahwa jika non-Muslim masuk Islam karena alloh swt otomatis diampunkan dosanya? Tertulis dimanakah itu dalam Al-Quran? Mohon pencerahan saudara.

Seyogianya pernyataan ini tercermin pada nabi Islam. Adalah tepat bila nabi Islam memberikan contoh bahwa ia yakin dan pasti masuk sorga. Bukan sebaliknya, masih bingung dan tidak tahu mengenai keselamatannya di akhirat (Qs 46:9). Mengapa nabi Islam bingung mengenai keselamatannya? Mohon pencerahan saudara.
~
Solihin
# Agur bin Yake 2017-03-14 10:08
~
Fikir,

Pertanyaannya adalah masuk syurga atau tidak? Itu yang ingin saya dengar darimu. Silakan dijawab.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 10:39
~
Saudara Agur,

Diampunkan dosanya saja masih meragukan, sebab tidak ada dasar dari Al-Quran untuk menyatakan bahwa non-Muslim yang masuk Islam diampunkan dosanya secara otomatis. Kami berharap saudara Ahli Fikir dapat merenungkan pertanyaan saudara sehingga dapat memberikan jawaban yang logis dengan menyertakan dalil-dalil yang jelas.
~
Solihin
# ungke 2017-03-14 10:09
~
To: Admin,
Tolong Admin, dimana saya bisa diskusi perihal nama Isa? Saya masih belum puas dengan penjelasan admin yang mengatakan nama Isa adalah dialek Arab untuk Yashua Ha Masach. Saya ingin tahu dari akar kata apa nama Yashua bisa dibaca jadi Isa? Setahu saya dialek untuk proper name biasanya tidak akan "menghilangkan" akar katanya. Misalnya, Yashua jadi Iesuos atau atau YHWH jadi YAHWEH atau YAHUA bukan jadi Allah.

To: Alif, Tobat, Lawas dan Ahli Fikir,
Alif, apa pernah aulloh swt memberikan "kepastian" surga bagi Muslim?
Ahli Fikir, siapa yang bilang Islam itu agama yang diridhoi aulloh? Aulloh langsung atau Muhammad? Bisa anda buktikan kalau aulloh langsung yang bilang itu?
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 10:44
~
Saudara Ungke,

Kami mengerti dengan ketidakpuasan saudara mengenai tanggapan kami sebelumnya. Namun, kami mempersilakan saudara berdiskusi lebih mendalam melalui email sehingga saudara dan kami dapat mendalaminya. Kami kira pertanyaan saudara sangat baik dan itu perlu didiskusikan secara tuntas. Namun, mengingat keterbatasan kolom dan topik yang ada, maka kami mempersilakan saudara berdiskusi melalui email. Terimakasih untuk pengertian saudara.
~
Solihin
# Ahli Fikir 2017-03-14 10:31
~
Syarat asas/general masuk syurga adalah tiada Tuhan melainkan Allah, Muhammad adalah utusan Allah, Isa Al-Masih utusan Allah.

Agur
Ya, jika dia benar-benar Islam. Tidak, jika dia sebenarnya munafik dalam Islam.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 10:46
~
Saudara Ahli Fikir,

Menarik juga pernyataan saudara di atas bahwa syarat asas masuk sorga adalah tiada Tuhan selain alloh swt dan nabi Islam adalah utusan alloh swt. Kalau boleh jujur, kami meragukan hal ini. Tidak ada bukti konkret alloh Islam memberikan jaminan pasti masuk sorga, kecuali jaminan masuk neraka (Qs 19:71-72). Karena itu, adalah bijak bila saudara membaca Al-Quran secara menyeluruh dan tidak hanya memberikan pendapat yang tidak memiliki dasar yang jelas.

Pertanyaannya adalah tertulis dimanakah dalam Al-Quran mengakui alloh Islam adalah Allah dan nabi Islam adalah utusan alloh swt merupakan syarat asas masuk sorga? Mohon pencerahan saudara.
~
Solihin
# Smith 2017-03-14 10:56
*****
1. Keistimewaannya adalah Yesus rela berkorban nyawa buat menyelamatkan dosa manusia dengan darah-Nya saya diselamatkan dan nabi yang lain tidak dapat menjamin keselamatan sorga bagi manusia kecuali Yesus. Bahkan Mhammad saja belum tentu di surga sekarang. Sebab dia pun tidak tahu keselamatan sendiri.

2. Saya setuju. Tidak ada satu agama di dunia yang menjamin masuk sorga. Islam, Kristen, dll hanya percaya pada Isa Al-Masihjaminan masuk sorga. Nothing else.

3. Tidak ada, karena Yesus sudah mengatakan bahwa melalui Dia jalan ke sorga. Saya sangat percaya itu. Akulah jalan kebenaran Yesus mengatakan itu. Saya kasihan kalian sama sekali tidak mendapatkan stempel kerajaan Allah di sorga. Terimakasih.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 10:49
*****
Saudara Smith,

Tepat sekali yang saudara sampaikan bahwa hanya Isa Al-Masih yang dapat memberikan jaminan pasti masuk sorga. Tidak ada nabi manapun di dunia ini yang dapat memberikan kepastian masuk sorga, kecuali Isa Al-Masih. Karena itu, perlu dipahami dan disadari bahwa agama tidak dapat menyelamatkan manusia dari dosa. Hanya Isa Al-Masih yang dapat menyelamatkan manusia dari dosa.
~
Solihin
# rizal 2017-03-14 11:32
*****
1. Setiap nabi punya kelebihannya masing-masing. Kelebihan nabi Isa salah satunya membangkitkan orang mati.

2. Saya setuju. Hanya Islam yang memberi jaminan masuk surga. Sebab agama yang diridoi di sisi alloh adalah Islam (Qs 3:19).

3. Ada, yaitu mematuhi perintah alloh dan mengikuti petunjuk para nabi. Kalau hanya melalui Isa saja tanpa ibadah kepada Allah maka itu sia-sia. Isa menegaskan, "bukan yang berkata kepadaku Tuhan, Tuhan akan masuk surga, tapi yang menjalankan perintah Allah yang akan masuk surga" Matius 7:21.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 10:52
*****
Saudara Rizal,

1. Bagus sekali bahwa saudara menyatakan kelebihan Isa Al-Masih adalah membangkitkan orang mati. Tetapi bukankah nabi Ilyas (Elia) mengajukan permintaan kepada Allah dan Allah membangkitkan orang mati juga (1 Raja-raja 17:22)? Apakah keistimewaan yang dimiliki oleh Isa, yang tidak dimiliki oleh nabi-nabi lainnya? Tertulis dimanakah itu dalam Injil dan Al-Quran?

2. Mengklaim Islam adalah agama yang diridhoi adalah hak saudara. Namun, benarkah Islam memberikan jaminan masuk sorga? Faktanya, Al-Quran tidak memberikan jaminan pasti masuk sorga, kecuali jaminan masuk neraka (Qs 19:71-72). Dan lagi, nabi Islam bingung mengenai keselamatannya di akhirat (Qs 46:9). Bukankah ini telah berulang kali disampaikan dan yang tidak dapat dijelaskan secara logis?

3. Kami bertanya kepada saudara sebagaimana yang telah ditanyakan di artikel-artikel sebelumnya. Apakah saudara sanggup mematuhi perintah alloh secara sempurna dan tidak pernah berbuat dosa satu kalipun selama di dunia ini? Mengapa?
~
Solihin
# Ahli Fikir 2017-03-14 11:41
~
Agur,

Si pendosa itu sebelumnya Muslim atau non Muslim? Saya asumi si pendosa itu non-Muslim. Dia masuk Islam kerana hidayah/petunju k dari alloh (ganjaran dari alloh/acaman dan kermurkaan alloh/logika dalam Al-Quran). Kemudian dia berperang pada jalan Allah, lalu shahid di medan perang. Jawabannya adalah Inshaallah syurga. Semoga Allah mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Amin.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 10:54
~
Saudara Ahli Fikir,

Kata ‘insyaalloh’ adalah kata yang menggambarkan ketidakpastian. Apalagi pernyataan ini berasal dari saudara di mana kami menduga saudara pun masih bingung dengan keselamatan saudara sebagaimana nabi Islam bingung dengan keselamatannya (Qs 46:9). Bukankah demikian saudara? Pertanyaannya adalah apa dasar saudara menyatakan bahwa non-Muslim pasti masuk sorga bila masuk Islam? Tertulis dimanakah itu dalam Al-Quran? Mohon pencerahan saudara.
~
Solihin
# @Jhon Lukas 2017-03-14 12:11
~
Buat: Semua Warga Room Ini,

Saudaraku, mari kita fokus tentang judul di atas, agar komentar kita tidak dihapus. Apakah Isa Al-Masih Mendirikan Agama Baru?

Saudaraku, bila kita meyakinkan bahwa Yesus Kristus di dalam Injil dan Isa Al-Masih adalah sosok yang tunggal, maka mari kita diskusi dengan kalam, dan sopan santun dalam menuliskan komentar kita. Saudaraku, salam kenal semua di room ini. Saya mendahului dengan kata salam kenal. Bila saya ditanya agama saya Kristen. Saudaraku, benarkah Yesus Kristus mendirikan agama baru? jawaban saya tidak, karena di dalam Taurat yang oleh Nabi Musa sudah menceritakan tentang Yesus Kristus, dan ajarannya adalah "Kasih Keselamatan" menuju sorga.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 19:59
~
Saudara Jhon,

Tepat sekali yang saudara sampaikan bahwa Isa Al-Masih tidak pernah membawa agama. Agama adalah ciptaan manusia yang merindukan kedekatan dengan Sang Pencipta. Karena itu, agama tidak memberikan jaminan pasti masuk sorga, kecuali jaminan banyaknya aturan dalam beribadah untuk masuk sorga. Kami berharap ini menjadi jelas bagi pengunjung situs ini.
~
Solihin
# leon 2017-03-14 12:42
~
Isa Al-Masih hanya mengajarkan agama Tauhid yaitu tentang Tuhan itu esa. "Jawab Yesus: 'Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa'" (Markus 12:29).
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 20:00
~
Saudara Leon,

Pendapat saudara di atas adalah pandangan baru. Apakah ada agama tauhid? Isa Al-Masih mengajarkan untuk menyembah kepada Allah yang esa, tetapi bukan tunggal. Silakan saudara mengunjungi link ini http://tinyurl.com/d2k6hcw untuk mendiskusikan tentang keesaan dan Tritunggal.
~
Solihin
# @Jhon Lukas 2017-03-14 18:08
~
Buat: Umat Muslim,

Saudaraku, dari ucapan di atas, benar bahwa Yesus Kristus tidak membuka ajaran agama baru, tetapi menyampaikan firman Allah yang telah didahului oleh Nabi Musa. Demikianlah penjelasan saya tentang topik di atas.

Saudaraku, Muhammadlah mendirikan agama baru karena padanya ada kecemburuan atas apa dasar manusia masuk sorga. Dengan merupakan kehendak yang dipaksakan oleh sekelompok manusia yang menghalalkan segala cara agar tujuan mereka tercapai, bahwa hanya melalui seseorang manusia Muhammadlah mencapai sorga, padahal dirinya tidak mampu berada di sorga. Saudaraku, disinilah kegagalan dan kesalahan Muhammad bahwa Allah itu Esa, tetapi kemampuan mencapai sorga adalah sia-sia dengan memutar balikkan fakta.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 20:01
~
Saudara Jhon,

Fokus kedatangan Isa Al-Masih ke dunia adalah menyelamatkan manusia dari dosa, bukan mendirikan agama. Untuk apa mendirikan agama bila agama tidak menyelamatkan? Sejak semula Allah tidak pernah mendirikan atau menetapkan agama tertentu menjadi pegangan bagi manusia. Allah menghendaki agar manusia percaya pada Isa Al-Masih sehingga diselamatkan. Terimakasih saudara Jhon untuk tanggapan saudara.
~
Solihin
# الملك|ᴮᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ|كالا 2017-03-14 18:58
*****
1. Nabi Adam terbuat dari bahan baku tanah: Qs 3:59, "…Allαh menciptαkαn Adαm dαri tαnαh…" Nabi lain terbuat dari bahan baku saripati air mani: Qs 32:8, "Kemudiαn Diα menjαdikαn keturunαnnyα, dαri sαripαti αir yαng hinα (αir mαni)." Isa terbuat dari bahan baku Kalimat Allah dan Ruh Allah: Qs 66:12, "…Mαryαm puteri Imrαn…Kαmi tiupkαn ke dαlαm rαhimnyα, sebαgiαn dαri ruh Kαmi…" Qs 4:171, "…Isα puterα Mαryαm itu, αdαlαh…kαlimαt- Nyα…dαn ruh dαri-Nyα…" Isa istimewa karena terbuat dari Kalimat Allah dan Ruh Allah, Isa tidak terbuat dari tanah seperti nabi Adam, dan tidak terbuat dari air mani seperti nabi lain.

2. Tidak setuju, alasannya agama Islam tidak bisa menyelamatkan orang Islam tapi orang Islam bisa menyelamatkan agama Islam supaya tidak punah.

3. Tidak ada, karena Isa satu-satunya wasilah kepada Allah: Qs 5:35, "…cαrilαh jαlαn (wαsilαh) yαng mendekαtkαn diri kepαdα-Nyα…" Yᴏhαnes 14:6, "…Akυlαh ȷαlαn (wαsilαh) dαn keƅenαrαn dαn hidυρ. Tidαk αdα seᴏrαnɡρυn γαnɡ dαtαnɡ keραdα Bαρα, kαlαυ tidαk melαlυi Akυ." 1 Timᴏtiυs 2:5, "…Allαh itu Esα dan Esα pulα Diα yαng menȷαdί wαsilαh αntαrα Allαh dαn mαnusiα, yαitu mαnusiα Kriѕtυs Yesυs."
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 20:06
*****
Saudara Biangkala,

Menarik sekali jawaban saudara bahwa agama Islam tidak dapat menyelamatkan umat Islam, tetapi umat Islam dapat menyelamatkan agama Islam. Sebuah kondisi yang terbalik dan tidak disadari umat Islam. Kami berharap ini menjadi perenungan bagi pengunjung situs ini.
~
Solihin
# KESIMPULAN 2017-03-14 21:51
~
Setelah saya baca dialog ini, saudara-saudara kita Muslim, masih harus perlu banyak belajar Al-Quran. Karena rata-rata yang saya baca, saudara kita ini belum mengusai Al-Quran dengan baik. Makanya kalau ada pertanyaan dari Saudara-saudara kita dari Kristen dan Staf IDI mereka jawabnya terkesan mengada-ada, dan keteter.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 20:07
~
Saudara Kesimpulan,

Berjumpa dan berdiskusi dengan rekan-rekan Muslim secara langsung akan membantu kita mengetahui sejauh mana Muslim diajarkan untuk berani mempelajari Al-Quran secara mendalam. Kami sering bertemu dengan rekan-rekan Muslim yang tidak mengetahui apa isi Al-Quran secara jelas, kecuali berdasarkan keterangan para ulama mereka. Ini menyedihkan. Belum lagi doktrin yang ditekankan bahwa Islam adalah agama yang diridhoi, tetapi tidak memberikan jaminan pasti masuk sorga. Ini lebih ironis.
~
Solihin
# Alif 2017-03-14 22:31
~
Jhon,

Taurat dan Injil itu hanya untuk bani Israel Qs 32:23. Kalau saja anda tidak malas membaca lanjutan dari Qs 5:46 yaitu 5:47 dan 5:48 niscaya anda akan paham Al-Quran itu penyempurna dari Zabur, Taurat dan Injil dan saya yakin anda tidak akan salah mengartikannya.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 20:08
~
Saudara Alif,

Mengklaim bahwa Al-Quran adalah kitab penyempurna perlu dibuktikan secara konkret sehingga pembaca di forum ini mengetahui secara pasti bagian mana yang disempurnakan sehingga ini bukan sekedar klaim semata. Namun, mengingat topik di atas tidak membahas hal itu, maka ada baiknya bila diskusi tentang Al-Quran dilakukan di link http://tinyurl.com/7dozslb . Terimakasih saudara Alif untuk kesediaan berdiskusi di forum ini.
~
Solihin
# @Jhon Lukas 2017-03-14 22:46
~
Buat: Sdr. Alif,

Saudaraku, anda salah mengartkan bahwa Qs 32:23 dan Qs 5:46 adalah bani Israel. Mengapa? Bani Israellah yang menjadi penyebar ajaran Yesus Kristus, sesuai kalamNya: "Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus."
# Staff Isa dan Islam 2017-03-15 20:08
~
Saudara Jhon,

Tepat sekali bahwa murid-murid Isa Al-Masih yang notabene orang Yahudi menyebarkan nama Isa Al-Masih ke seluruh dunia sebagaimana yang difirmankan Isa Al-Masih. Artinya Isa Al-Masih tidak pernah menekankan agama, melainkan diri-Nya yang menjadi fokus pemberitaan. Kami berharap saudara Alif mengerti ini.
~
Solihin