Ikuti Isa dan Islam di Facebook Ikuti Isa dan Islam di Tweeter
Cetak

Al-Quran: Nabi Isa Al-Masih melebihi semua nabi lain di sorga?

TERKEMUKA DI DUNIA DAN DI AKHIRAT!!

Number 1

Baru-baru ini, saya mendengar tentang pengalaman seorang Madura yang tua dan terpelajar yang menerima Nabi Besar Isa Al-Masih sebagai Juruselamatnya. Hal ini terjadi sesudah ia merenungkan ayat Al-Quran Surat Ali 'Imran 45:

... Malaikat berkata: "Hai Maryam ... Allah menggembirakan kamu ... dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al-Masih ...., seorang terkemuka di dunia dan di akhirat ...

Ia terpikat dengan kutipan, "terkemuka di dunia dan di akhirat." Jikalau seseorang disebut "terkaya" di kampungnya ini berarti tidak ada seorangpun di kampung tersebut yang lebih kaya daripada dia. Jikalau si anu disebut pemain sepak bola terbaik di Indonesia, ini berarti tidak ada seorangpun di Indonesia yang lebih pandai bermain sepak bola daripada si anu.

Isa Al-Masih nabi terkemuka di dunia dan di akhirat

Dalam Ali 'Imran 45 kita membaca bahwa Nabi Besar Isa Al-Masih adalah "terkemuka" bukan hanya di dunia ini tetapi juga di akhirat. Ini berarti tidak ada seorang nabipun atau siapapun yang pernah hidup atau yang akan hidup yang melebihi Dia di bumi maupun di sorga. Intinya "terkemuka" tidak berarti nomor dua atau nomor tiga. Jelas "terkemuka" berarti "Nomor Satu!"

Namun demikian seorang pakar agama berani menulis, "... tiap-tiap Nabi dan Rasul itu adalah sama, sama mulianya, sama kebenaran yang dibawanya, sama kedudukannya ....." (Maria, Yesus, dan Muhammad, H. Bey Arifin, Hal. 75). Bagaimanakah pandangan ini dapat dipertahankan mengingat isi kutipan dari Ali' Imran tadi, "...namanya Al-Masih ... terkemuka di dunia dan di akhirat ....."?

Alasan mengapa Isa Al-Masih disebut sebagai terkemuka

Mungkin Saudara bertanya, "Mengapa Isa Al-Masih dikatakan 'terkemuka'?" Ada beberapa sebabnya!! Pertama karena ibuNya, Ibu Maryam disebut perempuan terkemuka daripada semua perempuan yang pernah hidup (Ali Imran 42; Injil, Lukas 1:42, 48). Jikalau Maryam seorang ibu yang terkemuka, bukankah Ia yang menjelma menjadi manusia melalui rahim Maryam juga patut disebut "terkemuka?" Lagi Nabi Besar Isa Al-Masih satu-satunya nabi yang tidak mempunyai ayah jasmani. Tidakkah ini melebihkanNya di atas semua nabi lain? Juga Al-Quran, pakar Islam, dan Alkitab menekankan berulang kali bahwa Ia satu-satunya yang tidak pernah berdosa. Bukankah itu melebihkan Dia di atas semua nabi lain? Malahan Ia satu-satunya nabi yang tidak mempunyai kuburan di dunia ini. Ia di sorga. Ia akan kembali, menurut kepercayaan Islam atau Kristen, untuk menghakimi dan memimpin dunia ini. Bukankah ini membuktikan bahwa Ia melebihkan semua Nabi lain yang pernah hidup?

Semuanya benar. Bukti lagi akan kenyataan bahwa Kalimah Allah, Nabi Besar Isa Al-Masih "terkemuka" terdapat dalam ayat-ayat Allah ini:

... Dia ... jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang. (Injil, Surat Efesus 1:20-21).

Nah, Saudara, kita ingin hidup berkenan kepada Allah. Karena demikian bukankah kita wajib mengutamakan siapa yang diutamakan Allah di dunia ini dan di akhirat? Sebaiknya kita memperhatikan proklamasi sbb:

.... terdengarlah suara-suara yang nyaring di dalam sorga, katanya: "Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapiNya [Isa Al-Masih], dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya." ..... Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan namaNya ialah: "Firman [Kalimah] Allah." ....Dan pada jubahNya dan pahaNya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan." (Injil, Wahyu 11:15, 19:13, 16).


Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari 3 pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir artikel. Kecuali beberapa artikel yang tidak memuat 3 pertanyaan fokus.
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# orangawam 2011-03-30 08:49
*
Setuju dengan ini.

Hanya saja kami sebagai Muslim agak bingung dengan doktrin Trinitas, karena rupanya doktrin Trinitas ini tidak ada dalam Alkitab.

Ini diciptakan oleh imperium Romawi untuk tetap beribadah sesuai dengan kebiasaan yang populer di daerah Mediterania bahkan Afrika seperti Mesir, dimana mereka beribadah dengan dewa-dewa yang berbentuk Trinitas.

Jadi Isa Al-Masih juga diTrinitaskan, sehingga penghormatan kepada dewi-dewi juga tetap bertahan dengan menjadikan Maryam bunda Allah.

Saya yakin kalau ajaran ini diluruskan akan membuka jalan bagi orang-orang muslim seperti saya untuk melihat bahwa Isa adalah Nabi yang terbesar, bukan sebagai Allah.
# Staff Isa dan Islam 2011-04-09 17:24
~
Saudara Orangawam, kiranya perlu diketahui bahwa istilah "trinitas" tidak ada dalam Alkitab (juga istilah "tauhid" tidak ada dalam Al-Quran), namun keseluruhan Kitab Suci mengajarkan bahwa Allah Yang Maha Esa, juga beroknum tiga.

Namun demikian, para pengikut Isa Al-Masih tidak sependapat dengan setiap faham polytheisme (banyak Tuhan), termasuk faham Tritheisme (tiga Tuhan) yang diwariskan beberapa kebudayaan yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan, termasuk budaya Romawi dan Yunani.

Maryam memang adalah ibu jasmani dari Isa Al-Masih, sehingga terlalu dipaksakan kalau kita mengatakan bahwa Maryam dijadikan sebagai ibu Isa karena terpengaruh suatu kebudayaan.

Ada sebagian orang yang mengenal Isa Al-Masih hanya sebatas rasul, atau nabi yang dapat melakukan mujizat, guru yang baik, ataupun pemimpin yang bijaksana.

Namun orang-orang yang dikasihi Allah, beroleh kasih karunia dari Allah untuk boleh dan bisa mengenalnya sebagai Tuhan.

"Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan (Allah) Bapa-Ku yang di sorga. (Injil, Matius 16:16-17).

Keseluruhan Injil bercerita tentang Isa Al-Masih yang adalah Tuhan, namun sungguh, hanya orang yang beroleh kasih karunia dari Allah yang dapat mengerti hal itu.
~
SL
# Yahya Affyt 2011-05-13 20:47
*
Isa Al-Masih adalah seorang utusan Tuhan. Dia disalib tentara Romawi tetapi Isa Al-Masih tidak mati di tiang salib. Isa Al-Masih juga tidak naik ke langit, karena Dia lepas dari salib dan Dia mencari domba-domba yang sesat dari bani Israel.

Isa Al-Masih adalah seorang nabi yang dikirimkan khusus untuk bani Israel bukan untuk masyarakat non-Israel.
# Staff Isa dan Islam 2011-06-03 15:23
~
Saudara Yahya Affyt, silakan Saudara perhatikan ayat berikut:

Allah berfirman: "Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat."

Bukankah ayat ini menyatakan dengan jelas bahwa Isa akan diwafatkan oleh Allah, dan kemudian setelah itu Isa Al-Masih akan dinaikkan ke sorga?

Kitab Saudara juga menyatakan bahwa Isa Al-Masih adalah tanda yang besar bagi semesta alam (Qs 21:91). Ini sama sekali bertentangan dengan perkataan Saudara bahwa Isa Al-Masih hanya untuk bani Israil saja. Perhatikanlah bahwa dituliskan dengan jelas: bagi semesta alam.

CA
# pecinta damai 2011-06-15 22:42
*
Kata (terkemuka) terdapat juga dalam Qs 33:69 yang ditujukan terhadap Musa. Kata terkemuka tidaklah berarti yang paling, mana mungkin ada dua yang paling?

Mengapa Muhammad tidak disebut langsung dengan kata? Tentu karena Ia jelas dalam kondisi bahwa Ia adalah uswatun hasanah, juga penutup para nabi dan rasul.
# Staff Isa dan Islam 2011-06-20 13:02
~
Saudara Pecinta Damai, kata yang sama dipakai di Qs 3:45 untuk menjelaskan bahwa Isa Al-Masih adalah yang terkemuka di dunia akhirat. Kata ini dipakai dalam Qs 33:69 untuk menyatakan bahwa Musa adalah terhormat di sisi Allah. Tidak pernah dikatakan Musa terhormat di dunia dan akhirat.

Kedua kata ini adalah kata yang sama tetapi dipakai dalam arti yang sangat berbeda. Oleh sebab itu, penerjemah juga tidak memakai kata terjemahan yang sama dalam bahasa Indonesia.

Terkemuka di dunia dan akhirat. Ini berarti terhormat atau terkenal di sorga dan neraka ketika akhirat nanti. Seseorang boleh dikatakan terkemuka atau terhormat di dunia, tetapi apakah ia boleh dikatakan sebagai yang terkemuka di sorga? Selain Allah, tidak boleh ada yang menyaingi posisi Allah di sorga. Ini berarti syirik.

CA
# adil teguh 2011-09-04 13:25
*
Menurut kepercayaan orang Kristen, sebenarnya siapakah Tuhan itu? Apakah Isa Al-Masih?
# Staff Isa dan Islam 2011-09-06 14:30
~
Saudara Teguh,

Umat Kristen percaya bahwa Allah adalah Pencipta langit dan bumi. Allah yang telah membentuk Adam (manusia pertama) dan tanah dan menghembuskan nafas kehidupan kepadanya.

Jelas Isa Al-Masih tidak dapat dipisahkan dari Allah. Sebab Isa Al-Masih adalah Kalimat Allah itu sendiri. Di mana keduanya mempunyai sifat kekekalan yang sama. Dan tentang hal ini baik Al-Quran dan Injil memberi kesaksian yang sama:

“Ingatlah, ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).” (Qs 3:45)

“Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal (Isa Al-Masih) Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:1; 14)

Lantas untuk apakah Kalimat Allah itu perlu datang ke dunia dalam diri Isa Al-Masih? Tujuannya hanya satu, yaitu melepaskan manusia dari ikatan belenggu dosa dan memberi hidup kekal kepada siapa saja yang mau percaya kepada-Nya.

Inilah janji indah yang disampaikan Isa Al-Masih, dan janji ini berlaku bagi siapa untuk selama-lamanya, "Isa bersabda: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

Dengan menerima Isa Al-Masih, maka saudara akan dapat belajar mengenai "Kebenaran" tentang Allah dan menemukan "Hidup" bersama Allah. Atau saudara juga dapat belajar tentang Keselamatan tersebut pada url ini: http://tinyurl.com/3cvhqy3.
~
SO
# Ibnu Rahmat 2011-12-01 08:17
*
Yang saya tidak paham, mengapa untuk mengampuni dosa manusia Allah harus mengorbankan anak-Nya di tiang salib, diperhinakan oleh makhluk-Nya tanpa pertolongan-Nya . Bukankah Allah Maha Kuasa, untuk mengampuni manusia adalah atas kehendak-Nya tanpa prasarat dan ritual pengorbanan.

Andaikan kepercayaan Kristiani itu benar? Kalau sama anaknya saja membiarkan tersiksa di kayu salib. Bagaimana dengan yang bukan anaknya, akan lebih jauh lagi dari pertolongan-Nya .
# Staff Isa dan Islam 2011-12-03 11:18
~
Hal pertama yang perlu saudara ingat bahwa Allah Maha Kasih. Inilah alasan satu-satunya mengapa Allah harus mengorbankan Anak-Nya/Kalima t-Nya di tiang salib. Tujuannya supaya semua manusia, termasuk saya dan saudara tidak mati binasa karena dosa.

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya (Isa Al-Masih) yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya (Isa Al-Masih) tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16)

Manusia tidak dapat mengusahakan sendiri keselamatannya. Hanya dalam Isa Al-Masih mereka dapat beroleh keselamatan. “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia [Isa Al-Masih], sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." (Injil, Kisah Para Rasul 4:12)

Kiranya saudara dapat membaca lebih lanjut pada artikel ini: http://tinyurl.com/3vnykw5.
~
SO
# Hamba Allah 2012-01-24 13:01
*
Salam kasih,

Saya percaya Isa Al-Masih adalah utusan Allah, saya juga yakin Dia terkemuka di dunia maupun akhirat.

Al-Quran juga mengatakan bahwa Isa Al-Masih yang ditugaskan membunuh dajjal nanti saat kiamat datang dan itulah alasan Isa Al-Masih diturunkan (lagi) ke bumi.

Saya hanya ingin tahu alasan mengapa Injil tidak menyebutkan tentang kedatangan-Nya? Jelaskan juga ayat Yohanes 16:7!

Terimakasih.
# Staff Isa dan Islam 2012-01-31 15:26
~
Saudara Hamba Allah,

Syukurlah saudara percaya Isa Al-Masih Terkemuka di dunia juga di akhirat. Inilah salah satu bukti, Dia bukan sekedar manusia biasa. Tetapi Dia adalah Kalimat Allah yang menjelma menjadi manusia.

Saudara benar, pada akhir zaman Isa Al-Masih akan datang untuk kali kedua. Dia akan menghancurkan dajjal, yaitu kekuasaan iblis. Dan menghakimi setiap manusia termasuk saudara Hamba Allah. Pada saat itu, Isa Al-Masih akan memutuskan siapa yang layak ikut bersama-Nya ke sorga, dan siapa yang akan dilemparkan ke dalam api neraka yang kekal.

"Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu." (Injil, Rasul Besar Yohanes 16:7).

Melalui ayat di atas, Isa Al-Masih kembali menegaskan pada murid-murid-Nya , bahwa Dia akan pergi dari dunia ini. Kembali pada Allah Bapa yang mengutus-Nya. Dan setelah pergian-Nya, Roh Allah yang disebut Roh Penghibur akan turun atas setiap orang yang percaya kepada-Nya.

Roh Penghibur itu akan menuntun setiap orang percaya, untuk hidup sesuai dengan kebenaran firman Allah.
~
SO
# Mencari Benar 2012-02-16 08:39
*
Saya mengikuti artikel yang ada di situs ini, dan jelas saya sangat tertarik. Dari semua yang telah saya baca, saya menarik kesimpulan: ibarat seseorang menulis buku, ia mencurahkan seluruh isi "pikiran"nya dalam buku tersebut. Jadi ketika buku tersebut rusak/hancur, bukan berarti "pikiran" sang penulis ikut hancur, melainkan tetap bersama-sama sang penulis.

Jadi, kita tidak bisa memandang Isa Al-Masih sebagai wujud jasmani karena Ia bisa makan, minum dsb. Ia "pikiran Allah itu sendiri", Ia (Isa) menyatu dengan Allah.

Wassalam.
# Staff Isa dan Islam 2012-02-21 16:16
~
Terimakasih sudah mengikuti situs kami dan tertarik dengan artikel-artikel kami. Kerinduan kami adalah menyajikan situs dengan artikel-artikel yang bagus dan sangat jelas, sehingga dapat menjadi berkat bagi siapa saja yang membacanya.

Kami setuju dengan saudara, Allah dan Isa Al-Masih adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sebab Isa Al-Masih adalah Kalimat Allah yang tidak dapat dipisahkan dari-Nya.
~
SO
# Johan 2012-02-22 00:05
*
Surat Ali Imran 45: (Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),.."

Coba anda lihat akhir ayat diatas "dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)". Jangan anda menafsirkan ayat Al-Quran demi kepentingan sendiri.
# Staff Isa dan Islam 2012-02-23 16:43
~
Saudara Johan,

Maaf, komentar saudara kurang jelas. Di bagian manakah kami telah melakukan kesalahan tafsir? Bila tidak keberatan, kiranya saudara dapat menjelaskannya.

Terimakasih!
~
SO
# Clue Verity 2012-06-12 19:58
*
Arti terkemuka :

1. Terpandang (disegani karena kedudukannya, kekayaannya, kepandaiannya, dsb); ternama; terkenal: peresmian penggunaan balai desa dihadiri oleh orang-orang - di daerah itu;

Nah sekarang lihat dalam Alkitab:

Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudara ku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku. (Roma 16:7)

Dan mengenai mereka yang dianggap terpandang itu--bagaimana kedudukan mereka dahulu, itu tidak penting bagiku, sebab Allah tidak memandang muka--bagaimana pun juga, mereka yang terpandang itu tidak memaksakan sesuatu yang lain kepadaku. (Galatia 2:6)

Ayat Paulus di atas ada berapa banyak orang yang terpandang ?
# Staff Isa dan Islam 2012-06-13 15:20
~
Saudara Clue,

Arti dari kata “terpandang” selain dari yang saudara jelaskan di atas, bisa juga diartikan sebagai “Terkenal”. (Terkenal karena dia kaya, kedudukan tinggi dsb)

Ayat yang saudara kutip dari Roma 16:7, menjelaskan bahwa Andronikus dan Yunias adalah teman sebangsa Paulus yang terkenal diantara para rasul yang lain. Dilanjutkan pada Galtia 2:6, dimana mereka (Andronikus dan Yunias) tidak memaksakan kehendak mereka pada Paulus.

Menurut saudara Clue, adakah yang salah dari ayat itu? Sudah cukup jelas bukan?
~
SO
# Clue Verity 2012-06-13 16:51
*
Jadi berapa banyak orang yang terkemuka dari ayat Paulus diatas? Lebih dari satukan?

Jadi semua Nabi dalam Islam adalah terkemuka disisi Allah.
# Staff Isa dan Islam 2012-06-14 14:59
~
Saudara Clue,

Benarkah semua nabi terkemuka di sisi Allah? Bila benar, kiranya saudara dapat memberi ayat dalam Al-Quran yang merupakan perkataan Allah bahwa nabi Muhammad adalah terkemuka di dunia dan di akhirat, seperti yang Allah ucapkan pada Isa Al-Masih.

“Ingatlah, ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)”
(Qs 3:45:).
~
SO
# subatauh 2012-06-14 20:00
*
Staf IDI,

Hanya anda yang menonjolkan Isa lebih dari nabi lain karena akan membelokkan Isa adalah Yesus dalam agama Kristen.

Saya katakan kalian bukanlah pengikut Isa, karena Isa beragama Islam dan bukan Kristen. Dan Isa bukanlah Yesus seperti yang kalian duga.
# Staff Isa dan Islam 2012-06-19 15:50
~
Saudara Subatauh,

Saudara adalah orang yang kesekian, yang mengatakan bahwa Isa Al-Masih beragama Islam.

Saudara Subatauh, kami menyarankan saudara untuk mempelajari sejarah tentang berdirinya agama Islam. Setelah itu, saudara akan dapat menemukan jawaban dari pernyataan saudara di atas, apakah memang benar Isa Al-Masih beragama Islam seperti pengakuan saudara dan orang-orang Islam selama ini.

Di sini kami berikan satu link sebuah buku yang mengupas tentang sejarah Islam. Silakan klik pada url ini: http://tinyurl.com/cmmdk6r. Kami sarankan, bacalah buku tersebut dari awal hingga akhir.
~
SO
# Clue Verity 2012-06-14 21:31
*
Nabi Muhammad bukan hanya terkemuka, bahkan dia adalah cahaya dari Allah.

“Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyi kan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu CAHAYA DARI ALLAH, dan Kitab yang menerangkan” ﴾Qs. Al Maidah : 15﴿

Yohanes 3:13 “Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia”

Ayat di atas bicara tentang Nabi Muhammad dalam peristiwa Isra Miraj.

Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal, (Qs. An Najm : 13-15)
# Staff Isa dan Islam 2012-06-19 15:49
~
Benarkah Muhammad adalah cahaya dari Allah? Ayat lain dari Al-Quran berkata, “Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa” (Qs 5:46)

Menurut ayat di atas, Injil dan Taurat adalah Cahaya dari Allah dan menjadi petunjuk bagi orang-orang bertakwa. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa orang-orang yang tidak mengikuti Injil dan Taurat bukanlah orang bertakwa.

Injil, Rasul Besar Yohanes 3:13 bukan bicara tentang Muhammad, melainkan tentang Isa Al-Masih. Muhammad tidak berasal dari sorga, penciptaan Muhammad sama dengan manusia pada umumnya, yaitu dari debu dan tanah. Itulah sebabnya, ketika dia wafat, dia dimakamkan dan hingga kini pun seluruh umat Muslim di dunia melakukan ziarah ke makamnya.

Tidak demikian dengan Isa Al-Masih. Walau Dia pernah mati di atas kayu salib dan dikuburkan. Tetapi kitab suci mencatat, Dia hanya berada selama tiga hari di dalam kubur-Nya, setelah itu Dia bangkit dari antara orang mati, lalu naik ke sorga. Tempat dari mana Dia berasal.

“Sesudah Ia (Isa Al-Masih) mengatakan demikian, terangkatlah Ia (Isa Al-Masih) disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka”
(Injil, Kisah Para Rasul 1:9).
~
SO
# Jirayo 2012-07-21 02:10
*
Kalau anda katakan Isa adalah satu dengan Allah, itu berarti anda katakan bahwa Allah itu ya Isa, manusia biasa yang makan dan mengeluarkannya berupa kotoran dan air kencing yang najis. Apakah anda setuju bahwa Tuhan itu mengeluarkan najis?

Gunakanlah akal sehat! Allah adalah Tuhan. Segala apa yang dilakukan-Nya bersifat KeTuhanan.
Tidak layakkan menyamai/menyat u-satukan bahwa Isa adalah Allan, sedangkan Isa adalah manusia biasa. Allah itu suci.

Tuhan tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Isa bukan Tuhan karena Dia dilahirkan oleh seorang wanita. Kalau anda pikir hanya karena Isa dilahirkan oleh seorang Ibu tanpa ayah maka Ia adalah Tuhan, jelas itu salah! Sebab bila demikian, berarti Adam adalah Tuhan, dia lebih besar dari Isa karena Adam tidak punya ayah dan ibu. Jadi ada Tuhan yang lebih besar dari Tuhan?
# Staff Isa dan Islam 2012-07-27 09:16
~
Saudara Jirayo,

Perlu saudara ketahui bahwa Isa Al-Masih adalah Kalimat Allah yang menjadi manusia melalui proses kelahiran. Artinya Allah mengambil rupa atau wujud manusia (Isa Al-Masih) tanpa meninggalkan keilahian-Nya. Oleh karena itu Dia adalah Allah dan manusia. Sebagai manusia tentu saja merasakan/menga lami seperti kita, tetapi Dia tidak berdosa, suci.

Sebagai Allah Dia berkuasa mengampuni dosa. “Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia (Isa Al-Masih) berkuasa mengampuni dosa” (Injil, Rasul Besar Matius 9:6)

Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan. Tetapi Allah, kalau Ia mau, Ia tentu saja boleh menjelma menjadi manusia.

Umat Kristen tidak pernah membuat Isa Al-Masih menjadi Tuhan. Dia adalah sudah Tuhan sejak sebelum Ia menjelma menjadi manusia dan dikenal sebagai Isa putra Maryam. Taurat dan Kitab Nabi-nabi menubuatkan kedatangan-Nya sejak ribuan tahun sebelumnya. Bukan karena Dia tidak berbapak.

Nah, maukah saudara diampuni dosa-dosa saudara? Bagaimana caranya, silakan baca dan renungkan di url ini: http://tinyurl.com/6ntpehg
~
DA
# Kartika 2012-08-21 21:17
*
Kenapa hanya karena kata 'terkemuka' saja sudah senangnya bukan main? 'Terkemuka' itu bukan berarti nomor satu! Kalau benar 'terkemuka' itu sama artinya dengan nomor satu, maka dalam perlombaan, tidak ada istilah 'juara satu' dong, tapi cukup 'terkemuka' saja! Buktinya tidak adakan di belahan dunia manapun istilah 'terkemuka' saja untuk gelar dalam perlombaan?

Muhammad sangat dipuji dalam Al-Quran “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu” (Qs. Al-Ahzab : 21).
# Staff Isa dan Islam 2012-08-23 11:02
~
Saudara Kartika,

Saran kami, silakan saudara membuka KBI (Kamus Besar Indonesia) dan lihatlah di sana apa arti kata “Terkemuka”.

Tentu kami senang karena Pribadi yang kami ikuti disebut Al-Quran sebagai “terkemuka”. Hal ini menjelaskan bahwa kami tidak mengikuti pribadi yang salah.

Saudara benar, Muhammad sangat dipuji dalam Al-Quran. Bahkan terkadang ditinggikan melebihi Allah. Pertanyaan kami, saudara menyembah Muhammad atau menyembah Allah?
~
SO
# TheTrueFake 2012-10-13 00:10
*
Yesus adalah Alfa dan Omega! Puji Tuhan staf IDI bisa selalu memberi pencerahan bagi kita semua!

Staf yang terhormat, ada satu lagi nabi yang tidak mempunyai kuburan di bumi, bahkan dia terangkat semasa hidupnya. Mohon staf tidak menyatakan hanya Yesus yang tidak mempunyai kubur di bumi.

Tuhan Yesus memberkati kita semua.
# Staff Isa dan Islam 2012-10-14 15:02
~
Terimakasih atas komentar saudara di atas.

Bila tidak keberatan, nabi siapakah yang saudara maksud tidak mempunyai kuburan di bumi? Dan apakah menurut saudara, nabi tersebut setara dengan Yesus?
~
SO
# pakdhe johan 2012-11-16 14:00
*
Konsep mengenai "Tritunggal" bukan sesuatu yang mudah dimengerti, bahkan dapat dikatakan bahwa hal ini mustahil dapat dimengerti secara menyeluruh. Berbicara mengenai Allah Tritunggal (Bapa, Putra dan Roh Kudus) perlu ditempatkan dalam konteks "WAHYU dan IMAN."

WAHYU adalah segala sesuatu yang dikenalkan Allah mengenai diriNya kepada manusia dengan menggunakan kategori manusia, dan IMAN adalah jawaban "ya dan amin" terhadap WAHYU.

Konsep mengenai Allah Tritunggal merupakan pewahyuan Allah kepada manusia dan dapat dikatakan sebagai rangkuman dari seluruh ajaran kristiani. Konsep ini memiliki dimensi misteri, namun juga menampakkan sesuatu yang nyata dan dapat dirasakan.

Salam kasih dan damai Kristus
# AA 2012-11-16 16:27
*
Iblis pun memberi kesaksian mengenai kesejatian Yesus, "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah" (Injil, Markus 1:24)

Paralelnya (kesamaan / kanon): "Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah" (Injil, Lukas 4:34)

Melalui kehadiran Yesus sebagai penyataan otentik Allah ini manusia semakin menjadi dekat, mengenal dan mengerti Allah dalam hidupnya. Kesadaran terpenting di sini khususnya bahwa Allah sungguh mencintai dan mengasihi saya, Anda dan dunia, "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal" (Injil, Yohanes 3:16)

Salam kasih dan damai Kristus.
# AKSEL 2012-11-20 16:59
*
Nabi Isa melebihi semua nabi lain di sorga.. Lalu, di sorga sekarang Nabi Isa sedang apa?
# Staff Isa dan Islam 2012-11-22 21:39
~
Inilah yang dilakukan Isa Al-Masih saat ini di sorga “Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:2).

Dia sedang menyiapkan tempat bagi orang-orang yang menerima Dia sebagai Juruselamat. Bagaimana dengan saudara, apakah saudara tidak berminat mempunyai tempat terindah di sorga?
~
SO
# rianti 2013-02-02 16:56
*
Quoting subatauh:
*
Staf IDI,

Hanya anda yang menonjolkan Isa lebih dari nabi lain karena akan membelokkan Isa adalah Yesus dalam agama Kristen.

Saya katakan kalian bukanlah pengikut Isa, karena Isa beragama Islam dan bukan Kristen. Dan Isa bukanlah Yesus seperti yang kalian duga.

Islam artinya patuh. Kalau orang yang beragama Islam ialah orang yang menyebut dua kalimah syahadat, yang mengakui Muhammad adalah rasul Allah. Jadi sangat jelas nabi-nabi sebelum Muhammad bukan beragama Islam, karena mereka tidak menyebut Muhammad rasul Allah karena Muhammad sendiri saat itu belum dilahirkan.
# Staff Isa dan Islam 2013-02-04 21:38
~
Bila memang hanya Muhammad nabi yang diimani umat Muslim, lalu mengapa salah satu rukun Islam adalah mengimani 25 nabi termasuk Isa Al-Masih di dalamnya?

Saudara Rianti, tidak adanya nubuat kenabian Muhammad sebelum dia lahir adalah salah satu alasan orang Kristen menolak dia sebagai nabi. Disamping itu juga karena ajaran yang dibawanya banyak yang bertentangan dengan ajaran nabi-nabi sebelumnya. Bila Allah yang mewahyukan Al-Quran adalah Allah yang sama yang berbicara dengan Nabi Musa, maka seharusnya ajaran Muhammad tidak berbeda dengan ajaran nabi Musa.

Ijinkan kami berbagi satu ayat, “Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

Yesus atau Isa adalah satu-satunya jalan menuju ke sorga. Bukan dengan amal dan ibadah.
~
SO
# Terang 2013-02-11 17:43
*
Sdr. Bagas,

Apa maksud darai ayat Qs 3:45. Mengapa Isa bisa dikatakan terkemuka di dunai dan di akhirat dalam Al-Quran?
# Bagas 2013-02-11 22:59
*
Saudara Terang, terimakasih sebelumnya.

Dari seluruh komentar yang ada di sini, terdapat sedikit penjelasan mengenai kata “Terkemuka” oleh saudara Pecinta damai. Kata terkemuka ini juga terdapat pada Musa, dengan kata lain terkemuka bukanlah yang paling, bukanlah yang terutama. Apalagi menyangkut kekuasaan dan kekuatan, melainkan suatu sebutan kehormatan bagi nabi-nabi Allah.

Lalu mengapa Isa disebut sebagai yang terkemuka di Dunia dan Akhirat? Apakah di dunia saja tak cukup? Apa sebegitu terkemukanya sehingga seolah melebihi nabi lain?

Jawabannya ada pada "...Sesungguhny a orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka..." (Qs 4:157)

“Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (Qs 4:158).

Dengan kata lain, mengapa Isa terkemuka di akhirat? Karena Dia dalam keadaan hidup berada di akhirat dan akan kembali lagi ke bumi untuk menuntaskan tugasnya. Dan di hari ke 40 setelah turunnya Dia kembali ke dunia, Dia akan wafat.
# Staff Isa dan Islam 2013-02-12 12:00
~
Saudara Bagas,

Dari beberapa komentar yang masuk ke forum ini, beberapa teman Muslim mengatakan, kata “terkemuka” bukan hanya ditujukan bagi Isa, tetapi nabi lain juga. Mungkin, bila kita hanya mengambil kata “terkemuka” saja, apa yang dikatakan itu benar.

Tetapi, bila saudara mengutip penjelasan dari saudara Pecinta Damai untuk menjelaskan maksud Qs 3:45, menurut kami jawaban itu salah. Sebab, kata “Terkemuka di dunia dan di akhirat” hanya ditujukan kepada Isa Al-Masih. Tidak pada nabi lain, termasuk Musa atau Muhammad sekalipun.

Mungkin saudara Bagas mempunyai pandangan lain untuk mengartikan ayat Qs 3:45?

Saudara Bagas, kami tidak melihat adanya hubungan kata “ Terkemuka di dunia dan di akhirat” yang diberikan kepada Isa dengan ayat Qs 4:157-158 yang saudara berikan.

Menurut kami, Isa disebut sebagai “Terkemuka di dunia dan di akhirat” adalah salah satu bukti dari Al-Quran, bahwa Isa bukan hanya sekedar nabi. Tetapi Dia adalah Kalimatullah yang menjelma menjadi manusia. Sebab, yang layak disebut “Terkemuka di dunia dan di akhirat” hanya Allah saja.
~
SO
# Terang 2013-02-12 05:06
*
Sdr. Bagas,

Sebelumnya terimakasih atas tanggapan dan respon dari sdr. Saudara, saya sudah membaca ayat yang sdr tuliskan, namun di situ tertulis terhormat untuk Nabi Musa disisi Allah. Bukan terkemuka di dunia dan akherat. Lagi pula karena masih banyak iman orang beriman pada jaman muhammad yang menyakiti Nabi Musa.

Saya juga sudah membaca ayat Qs 4:157, namun dari situ dijelaskan bahwa hanya Al-Quran meluruskan pandangan tentang tidak dibunuhnya Isa menurut Al-Quran. Dan tidak ada yang menyebutkan mengapa Isa bisa menjadi terkemuka. Berbeda halnya dengan Nabi Musa dan (Qs 4:158) itu adalah Allah, bukan Isa.

Lalu, apakah ada ayat dalam Al-Quran mengatakan Isa hidup di akhirat dan kembali ke dunia, lalu mati setelah 40 hari menjadikan Isa terkemuka di akhirat?

Maaf dari ayat yang sdr tuliskan timbul pertanyaan baru bagi saya, kiranya sdr dapat melihat link IDI berikut: http://tinyurl.com/bs83yhy.
# Bagas 2013-02-12 06:42
*
Saudara Terang,

Dalam bahasa aslinya terhormat dan terkemuka adalah sama, seperti bahasa Inggris, love bisa berarti sayang bisa berarti cinta. Iman orang beriman menyakiti Musa? Maaf tolong jelaskan frasa ini maksudnya apa.

Anda sudah baca kedua ayat itu bukan? Dalam ayat itu Isa terselamatkan dari pembunuhan dan diangkat Allah ke sisi-Nya (di akhirat). Apa yang membuatnya terkemuka di akhirat? Karena Dia hidup di sana, disisi Allah.
# Staff Isa dan Islam 2013-02-12 12:01
~
Saudara Bagas,

Pada jawaban saudara sebelumnya untuk pertanyaan dari saudara Terang tentang apakah Isa mati, saudara menjawab "Isa dipingsankan."

Sekarang saudara mengutip ayat yang menurut saudara artinya adalah "Isa terselamatkan dari pembunuhan dan diangkat Allah".

Jadi sebenarnya menurut saudara Bagas, manakah yang benar:

1. Apakah Isa tetap disalib, tapi tidak meninggal melainkan hanya dipingsankan saja, ataukah

2. Isa tidak disalib sama sekali, Dia langsung diangkat ke sorga oleh Allah, sedangkan yang disalib itu adalah orang lain.

~
SO
# Bagas 2013-02-12 12:46
*
Admin SO,

"Terkemuka" ini sudah saya jelaskan sebelumnya alasan Nabi Isa disebut seperti itu, yaitu karena Dia berada di akhirat dalam keadaan hidup. Kalau anda mencoba melakukan cocoklogi menggunakan ayat tersebut anda pasti akan terpukau ketika membaca ayat-ayat lain dalam Al-Quran yang menyatakan bahwa Isa hanyalah utusan.
# Staff Isa dan Islam 2013-02-16 12:47
~
Saudara Bagas,

Memang saudara telah menjelaskan di atas tentang “terkemuka.” Saudara juga memberi penjelasan mengapa Isa disebut terkemuka di dunia dan diakhira. Tetapi penjelasan yang saudara berikan tidak menjawab pertanyaan kami, bahkan penjelasan saudara menjadi tumpang tindih.

Sebab itu, kiranya saudara tidak keberatan lagi memberi penjelasan yang singkat dan jelas, mengapa Isa disebut terkemuka di dunia dan di akhirat!
~
SO
# Terang 2013-02-12 19:07
*
Sdr. Bagas,

Baik kita coba menggunakan kamus berbahasa untuk menjelaskan. Kata terhormat menunjukan kata sifat dari orang tersebut. Seperti: baik, sopan, rendah hati, jujur, tidak tercela, dll.

Karena itu dalam Al-Quran menjelaskan agar orang-orang jangan menyakiti Nabi Musa, sebab Nabi Musa memiliki sifat-sifat dan layaknya orang terhormat seperti diatas.

Kata “terkemuka” menunjukan kata kerja dari orang tersebut: Sepertin: menonjol, penting, dihormati, terpandang dll.

Jadi, jelas berbeda makna antara kedua kata tersebut. Dan bila saudara tidak percaya silakan membuka kamus ya.

Sdr Bagas, apa dengan diangkat dan terbebas dari kematian saja, maka Allah mengatakan Isa seorang terkemuka? Jelas tidak, sebab untuk dapat menjadi terkemuka seseorang harus melakukan suatu hal. Lalu apa yang dilakukan Isa dan kenapa hanya Isa yang menjadi terkemuka?
# Mr.Nunusaku 2013-02-12 19:44
*
Mengapa Isa Al-Masih yang disebut terkemuka di dunia dan di akhirat dalam Al-Quran? Mengapa bukan Muhammad yang dianggap termuliah oleh Muslim tidak dapat disebut terkemuka di dunia dan di akhirat?

Menurut saya hal ini dikarenakan latar belakang kehidupan Muhammad yang tidak menunjukkan sifat seorang nabi. Sehingga dia tidak dapat disebut seperti Isa Al-masih terkemuka di dunia dan di akhirat.
# Bagas 2013-02-12 21:43
*
Saudara Terang,

Saya sudah jelaskan di atas bahwa dalam bahasa aslinya kata yang digunakan untuk Musa dan Isa adalah sama. Masa anda belum mengerti juga? Untuk memahami suatu kitab suci alangkah baiknya mempelajari bahasa aslinya meski perlahan-lahan. Kalau dalam bayangan saya, anda susah mengerti apa yang saya katakan karena anda sendiri sudah tidak mengenal bahasa asli dari Kitab Suci anda.

Saya sudah mencontohkan kata Love dalam bahasa Inggris. Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia maka akan ketemu kata "Suka" "sayang" "Cinta", padahal ketiga kata tersebut kalau dinalar sebenarnya sifatnya sama saja, hanya orang lain saja yang suka menganggapnya menjadi tingkatan-tingk atan yang berbeda. Senada juga dengan "Wajihan" yang bisa berarti terhormat, terkemuka.

Coba saya tanya pada anda, mengapa ada perubahan dalam Alkitab yang tadinya disebut "Babi", menjadi "Babi Hutan"?
# Staff Isa dan Islam 2013-02-16 12:48
~
Saudara Bagas,

Bila memang kata yang digunakan untuk Isa dan Musa dalam bahasa aslinya adalah sama. Maka timbul pertanyaan baru: Mengapa orang yang menterjemahkan Al-Quran tidak memberi terjemahan yang sama? Bukankah seharusnya seorang penterjemah tugasnya hanya untuk menterjemahkan dan bukan untuk merubah arti dari apa yang diterjemahkannya?

Mari kita fokus membahas tentang gelar “Terkemuka di dunia dan di akhirat” yang diberikan kepada Isa. Kita tidak perlu membahas tentang Alkitab di forum ini.
~
SO
# Terang 2013-02-13 03:48
*
Sdr. Bagas,

Saya sangat paham dan saudara perlu pahami kedua ayat yang saya ambil adalah murni dari Al-Quran. Saya sangat paham dan saudara perlu pahami, kedua ayat yan saya ambil adalah murni dari Al-Quran. Sebab sudah barang tentu yang mengesahkan dan membuat tidak mengerti/mendal ami ayat tersebut. Lagi pula tidaklah mungkin hanya 1 atau 2 orang saja dalam prosesnya. Namun panjang, hingga bisa beredar dua penulisan dengan makna yang berbeda dalam kamus bahasa.

Kalau memang sama makna dalam Al-Quran, kenapa tidak disamakan saja dalam terjemahanya

Baik, saya ikuti pendapat sdr tentang terkemuka dan terhormat adalah sama. Pertanyaan saya:
1. Apakah kata di dunia dan akherat dituliskan juga untuk nabi lain?

2. Mengapa Isa bisa dituliskan terkemuka di dunia dan akherat?
# Staff Isa dan Islam 2013-02-16 12:48
~
Saudara Terang,

Terimakasih atas penjelasan saudara. Maaf sebelumnya komentar saudara yang menjelaskan tentang perubahan dalam Alkitab kami hapus. Kami ingin saudara dan saudara Bagas tetap fokus dalam membahas topik yang sudah kita bicarakan di atas, yaitu tentang gelar “terkemuka” bagi Isa.

Harap maklum.
~
SO
# Bagas 2013-02-13 10:22
*
Maaf maksud saya, terkemuka di akhirat dan di bumi hanya terdapat pada Isa dengan alasan yang sudah saya sampaikan dibeberapa komen di atas.

Lalu kenapa kalau terkemuka? Toh tidak menjadikan Dia Allah, karena terkemuka, bukan berarti berkuasa, hanya terhormat. Sebelumnya saya bilang, percuma mengutip ayat Al-Quran untuk pembuktian Isa adalah Allah, karena sudah berceceran di dalam Al-Quran bahwa Isa hanyalah utusan.
# Staff Isa dan Islam 2013-02-16 12:49
~
Saudara Bagas,

Maaf sebelumnya, saudara tidak perlu merasa emosi atau merasa terpojok dengan penjelasan-penj elasan yang kami dan saudara Terang berikan. Tujuan kita diskusi di sini adalah untuk mencari kebenaran.

Bila saudara tidak dapat menjelaskan mengapa Isa disebut terkemuka di dunia dan di akhirat, kami bisa memahami hal itu.

Pesan kami, ada baiknya saudara kembali mempelajari Al-Quran dan mencerna setiap ayat dengan baik-baik.

Satu pertanyaan dari kami untuk saudara renungkan, apakah ada seorang manusia yang layak disebut terkemuka di dunia dan di akhirat selain Allah itu sendiri?

“Yesus berkata: ‘Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi” (Injil, Rasul Besar Matius 28:18)

“Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati” (Injil, Rasul Besar Yohanes 11:25)
~
SO
# Terang 2013-02-14 03:38
*
Sdr. Bagas,

Sekiranya sdr dapat menjelaskan secara lebih jelas maksud penulisan: "sepertinya anda benar-benar tidak mengetahui ya?" dan untuk apa menuliskan dalam bayak bahasa yang sama.

Perlu sdr pahami dari awal, kalau saya tidak membahas Isa dari sudut pandang iman Kristen, namun dari sudut pandang Msslim. Karena itu saya bertanya dan tidak bermaksud memaksakan pandangan Isa itu Allah atau Isa itu berkuasa kepada sdr, dapat sdr pahami dahulu sebelumnya.

Maaf saudara Bagas, kiranya saudara mencoba lebih detail lagi dari kutipan Qs 4:157, di situ disebutkan tentang keraguan tentang mati atau tidaknya Isa. Namun yang saya tanyakanlah adalah:

1. Kenapa Isa dapat disebut terkemuka di dunia dan akherat? Sebab kalau di dunia pasti apa yg Isa lakukan di dunia dan sama halnya dengan akherat.

2. Lalu kenapa hanya Isa yagn disebut terkemuka di dunia dan akherat, dan tidak untuk nabi lain?

Pesan saya, sekali lagi saya tekankan bahwa saya hanya ingin berdiskusi, tidak memaksakan kehendak iman saya kepada sdr.
# Bagas 2013-02-14 04:38
*
Saudara Terang,

Nabi Isa mendapatkan gelar tersebut karena Dia masih dalam keadaan hidup saat diangkat ke akhirat dan tinggal di sana dalam keadaan hidup. Ketika di dunia Dia adalah guru yang baik dan utusan yang hebat, sama seperti nabi-nabi lainnya. Kalau persoalan apa yang dilakukan-Nya saat di akhirat, tentu itu sudah ada diluar batas pengetahuan manusia.

Kalu kenapa hanya Isa yang mendapat gelar istimewa? Begitu yang ingin anda tanyakan bukan? Persoalan gelar istimewa sebenarnya sudah pada porsi masing-masing, setiap nabi memiliki gelar masing-masing yang bahkan Isa tak memilikinya. Maka dari itu tak ada namanya nabi Isa melebihi nabi lain.

Misalnya nabi Musa adalah pemimpin yang baik, iya karena dia memiliki banyak pengikut dan memimpin kaumnya dengan baik sebagai raja. Sedangkan Isa hanya memiliki 12 murid bahkan satu berkhianat. Mana yang lebih hebat dari keduanya? Kalau saya bilang ya sama saja, keduanya sudah pada porsi masing-masing.
# Staff Isa dan Islam 2013-02-16 12:50
~
Maaf saudara Bagas,

Bukan kami bermaksud untuk menyepelekan pengetahuan saudara mengenai sejauh mana saudara mengerti tentang isi dari kitab suci saudara dan ajaran yang saudara anut.

Setelah kami perhatikan sekian banyak komentar saudara, di artikel ini dan juga di artikel lain. Kami sarankan, saudara untuk mempelajari dan mendalami lebih lagi isi kitab suci saudara.

Maaf kami berkata demikian, karena kami perhatikan penjelasan-penj elasan yang saudara berikan hanya berputar-putar dan saling timpang tindih.

Kami ucapan, terimakasih saudara sudah berkenan memberi tanggapan di topik ini. Semoga pembahasan kita di forum ini menjadi satu pembelajaran bagi saudara dan dan dapat mendorong saudara untuk mempelajari lebih lagi iman saudara.
~
SO
# krux de lupe 2013-02-18 16:51
*
Nabi Isa Al-Masih satu-satunya nabi yang tidak mempunyai ayah jasmani. Bukankah Nabi Adam juga tidak mempunyai ayah jasmani?
# Staff Isa dan Islam 2013-03-21 20:42
~
Saudara Krux,

Menurut kami wajar bila Nabi Adam tidak mempunyai ayah jasmani. Sebab dia adalah manusia pertama yang diciptakan Allah. Bila Nabi Adam mempunyai ayah jasmani, berarti gugurlah kepercayaan yang mengatakan dia manusia pertama. Mungkin ayah jasmaninyalah yang menjadi manusia pertama bukan?

Isa Al-Masih dilebihkan dari antara nabi-nabi lainnya, bukan hanya karena Dia tidak mempunyai ayah jasmani. Terdapat kelebihan-keleb ihan lain yang dicatat dalam Al-Quran, yang ditujukan hanya kepada Isa Al-Masih. Diantaranya dalam Qs 19:19, “Isa disebut suci” Dalam Qs 3:45, Isa disebut sebagai “Kalimatullah yang terkemuka di dunia dan di akhirat” dan masih banyak lagi.

Nah, menurut saudara, apakah Isa masih sama seperti nabi lain? Bukankah tidak ada satu orang pun manusia yang suci dan terkemuka di dunia dan di akhirat?
~
SO
# laskar 2013-03-20 20:36
*
Sekarang ini di dalam Al-Quran berisi tentang dimana Isa Al-Masih dipuja dan dipuji serta nama-Nya dipandang (surat imran).

Namun pada surat an-nisa berisi tentang Isa Al-Masih namanya tidak dipuja dan dipuji, namun hanya sebagai utusan. Jadi mana yang benar? Kalau memang Isa Al-Masih Sang Juruselamat, mengapa di dalam Al-Quran terdapat surat an-nisa? Dan kalau memang Isa Al-Masih bukan Juruselamat, mengapa di dalam Al-Quran ada surat al-imran?

Saya mau bertanya, di antara surat al-imran dan surat an-nisa, yang mana yang pertama kali terdapat dalam Al-Quran?
# Staff Isa dan Islam 2013-03-21 20:42
~
Saudara Laskar,

Sebelumnya kami minta maaf karena beberapa komentar saudara kami hapus. Saran kami, kiranya saudara memperhatikan aturan-aturan dalam memberi komentar yang sudah kami cantumkan di akhir artikel di atas.

Tentang apa yang saudara tanyakan di atas, mungkin teman-teman Muslim bisa memberi penjelasan sesuai dengan pemahaman mereka atas kitab suci mereka. Apakah sebenarnya Isa Al-Masih hanya utusan seperti yang tertulis dalam surat an-nisa, atau Isa Al-Masih adalah Juruselamat seperti yang tertulis dalam surat al-imran.

Pertanyaan saudara berikutnya mengenai mana yang pertama kali surat al-imran atau surat an-nisa. Setahu kami surat-surat Al-Quran tidak disusun secara sistemati, melainkan berdasarkan banyaknya ayat dalam surat tersebut. Bila melihat susunan dalam Al-Quran, surat al-imran lebih dulu dibanding surat an-nisa.
~
SO
# PANRO 2013-03-31 00:29
*
“Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus” (Injil Lukas 1:31) Nama Yesus bukan sekedar gelar bagi penyandang nama itu. Nama Yesus dalam bahasa Ibrani adalah Yesyua atau Yeshua. Bukan Isa.

Dalam tanda kelahiran-Nya, malaikat Allah berkata kepada Maria “Engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus” (Injil Lukas 1:31). Jadi, apakah ada diberitakan pada saat kelahiran-Nya kepada Mariam anak yang di kandungnya harus diberi nama Isa?

To: Ilham Khayafi,
Kedekatan Yesus dengan Bapa-Nya sangat dekat, sehingga Ia disebut Putera Tunggal. Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami” (Injil Yohanes 14:1-9).
# Staff Isa dan Islam 2013-04-02 16:48
~
Saudara Panro,

Terimakasi untuk menjelaskan saudara di atas. Menurut kami, nama lain dari Yesus adalah Isa. Gelar Al-Masih berasal dari bahasa Ibrani yang artinya adalah “yang diurapi”. Sedangkan “Kristus” merupakan terjemahan “yang di-urapi” ke dalam bahasa Yunani. Dengan demikian, baik Isa Al-Masih maupun Yesus Kristus artinya adalah “yang diurapi”.

Bahasa Ibrani kadang kala tidak menyebut Y dalam satu kata. Biasanya pembacaan untuk Yerusalem menjadi 'ursalim. Yosua menjadi 'isua. Bahasa Aramaic untuk penyebutan nama Yesus adalah 'Iso dan bahasa Arabnya menjadi 'Isa, karena bahasa Aramaic dan Arab bisa dianggap satu rumpun bahasa.

Jadi, walau memang Al-Quran tidak sepenuhnya sependapat tentang Pribadi Yesus seperti yang tercatat dalam Alkitab, namun mengenai nama Isa Al-Masih dan Yesus Kristus hanya dipengaruhi oleh ragam bahasa saja.
~
SO
# lagi belajar 2013-05-06 13:04
*
Quoting Staff Isa dan Islam:
~
Terimakasih atas komentar saudara di atas.

Bila tidak keberatan, nabi siapakah yang saudara maksud tidak mempunyai kuburan di bumi? Dan apakah menurut saudara, nabi tersebut setara dengan Yesus?
~
SO

Ada dua orang yang tercatat dalam Alkitab yang tidak mati, yaitu Enokh dan Elia, namun bukan berarti mereka setara dengan Yesus. Mereka adalah orang yang berjalan bersama Tuhan. Arti nama Enok/Henok itu sendiri adalah berjalan dengan Tuhan. Namun mereka tidak dapat mengampuni dosa manusia seperti Yesus.
# Staff Isa dan Islam 2013-05-06 18:23
~
Henok dan Elia tidak ada hubungannya dengan Yesus. Yesus dengan jelas menyatakan bahwa Dia adalah kekal. “Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir" (Injil, Kitab Wahyu 22:13).

Dia adalah Sang Juruselamat yang dijanjikan Allah dan telah dinubuatkan oleh nabi-nabi Allah, ratusan tahun sebelum Dia datang ke dunia. “Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai” (Kitab Nabi Besar Yesaya 9:5).

Kitab Suci Allah menuliskan, “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan" (Injil, Kisah Para Rasul 4:12).
~
SO
# saad 2013-05-06 20:29
*
Coba lihat ayat Al Quran berikut:

"Isa berkata: Sesungguhnya Aku adalah hamba Allah, Dia telah memberi kepadaku Al-Kitab... Dia menurunkan Al Kitab (Al Qur'an) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil." (Surah-Ali 'Imran 3:3).

"Kemudian Kami iringkan dibelakang mereka rasul-rasul Kami dan Kami iringkan (pula) Isa putra Maryam; dan Kami berikan kepadanya Injil." (Surah-Al Hadiid 57:27).

Dari beberapa ayat tersebut kita bisa tahu bahwa Injil adalah kitab suci yang langsung diturunkan oleh Allah kepada Isa a.s untuk menjadi pedoman hidup bagi umat Isa pada saat itu karena telah melenceng dari ajaran Taurat. Sedangkan Injil yang Anda gunakan hanyalah karangan dan riwayat tentang Yesus yang ditulis kembali oleh muridnya saat ia telah naik. Meskipun beberapa masih mengandung firman Allah.

Saya senang berdiskusi dengan anda. Terima kasih banyak Staff Isadanislam.
# Staff Isa dan Islam 2013-05-20 22:58
~
Saudara Saad,

Tolong ditunjukan Taurat dan Injil yang saudara sebut kitab asli yang diturunkan Allah kepada Isa Al-Masih. JIka benar kitab itu ada, ia tidak akan mungkin hilang tidak bersisa sebab Firman Allah. Apakah mungkin manusia menghilangkan perkataan Allah. Atau kisah itu itu hanya cerita dongeng belaka.
~
NN
# adriansyah 2013-05-08 07:58
*
Staff Isadanislam saja tahu kalau Dia (Isa) adalah Sang Juruselamat yang dijanjikan Allah.

Apa anda mau ngeles dari kata yang anda buat.
# Staff Isa dan Islam 2013-05-21 11:14
~
Saudara Adriansyah,

Apakah saudara percaya bahwa Isa Al-Masih adalah juruselamat manusia yang dijanjikan Allah?

Allah memang telah menjanjikan hal itu, pertama-tama kepada Adam dan Hawa sejak mereka makan buah terlarang. Tersurat pada ayat ini “Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya" (Taurat Kitab Kejadian 3:15).

Di ayat tersebut Allah menyebut-nyebut istilah “keturunan perempuan” atau bin perempuan yang meremukkan kepala ular/dajjal/Ibl is. Adakah “bin perempuan” selain Isa Al-Masih? Tidak ada.

Jadi saudara datanglah kepada Isa Al-Masih dan mohon keselamatan daripada-Nya.
~
NN
# Staff Isa dan Islam 2013-05-17 11:59
~
Saudara Hamba Allah,

Terimakasih untuk kutipan ayat yang sudah saudara berikan. Sayangnya ayat yang saudara berikan tidak ada hubungannya dengan topik artikel yang sedang dibahas.

Artikel di atas sedang menyikapi pandangan Al-Quran tentang Isa Al-Masih. Dimana Al-Quran melebihkan Isa Al-Masih di atas nabi-nabi lain di sorga.

Bagaimana pandangan saudara Hamba Allah mengenai hal ini? Bila tidak keberatan, silakan berbagi informasi
~
SO
# priyayicilik 2013-05-30 16:32
*
Dulu microsoft mengatakan windows XP lah yang terkemuka. Sedangkan untuk aliran open source juga mengatakan linux lah yang terkemuka. Namun untuk jaman sekarang, apakah windows XP dan linux masih terkemuka dengan segala fitur dan versinya saat ini? Padahal sekarang keduanya telah banyak dirusak/dicrak/ dihack dan dimodifikasi.

Kata terkemuka di situ muncul saat terjadi dialog antara Jibril dan Maria pada masa itu. Padahal banyak ayat Injil yang sudah dirusak (istilah saya di hack/crak) yang menyatakan bakal akan ada nabi akhir jaman. Namun saudara telah mengingkarinya dan lebih percaya hasil hack tersebut.

Jika setelah itu muncul nabi ter up to date plus final versi (versi terakhir), maka otomatis gugurlah kata terkemuka saat itu pula. Karena kata-kata terkemuka sudah digunakan pada saat itu, maka munculah istilah lainnya sampai sekarang, yaitu rahmatan lil alamin.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-13 14:51
~
Saudara Priyayicilik,

Bila kami mengatakan Al-Quran adalah hasil buatan tangan manusia, apakah saudara percaya? Bila saudara mengambil Microsoft, Windows XP, dan Linux sebagai perbandingkan antara Al-Quran dan Alkitab, maka saudara harus percaya Al-Quran hasil karya manusia. Sebab Microsoft, Windows XP, dan Linux adalah hasil karya manusia yang wajar saja bila mengalami perubahan.

Tetapi kami tidak setuju jika Alkitab saudara bandingkan dengan Microsoft, Windows XP, dan Linux. Karena Alkitab adalah wahyu Allah yang tidak dapat dihack sehingga tidak perlu ada perubahan. Kitab Suci Allah menuliskan “Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu” (Injil, Rasul Besar Matius 24:35).

Bila kata “terkemuka” yang ditujukan Al-Quran bagi Isa Al-Masih sudah diganti menjadi rahmatan lil alamin. Pertanyaan kami: Ayat-ayat mana lagi dalam Al-Quran yang sudah tidak berlaku dan sudah diganti? Dan pernyataan saudara di atas, membuat pupuslah iman orang Islam yang mengatakan bahwa Al-Quran kekal adanya.
~
SO
# YN 2013-06-13 04:06
*
Quoting Staff Isa dan Islam:
~
Terimakasih atas komentar saudara di atas.

Bila tidak keberatan, nabi siapakah yang saudara maksud tidak mempunyai kuburan di bumi? Dan apakah menurut saudara, nabi tersebut setara dengan Yesus?
~
SO

Saya seorang Kristen, sangat bersyukur atas kerja keras staff IDI mengkomunikasik an Yesus Kristus kepada saudara-saudara lain yang bertanya. Hanya sekedar koreksi, nabi yang juga tidak mempunyai kubur adalah nabi Elia yang terangkat hidup-hidup ke sorga (Alkitab Perjanjian Lama). Henokh juga tidak mengalami kematian. Tetapi intinya bukan di situ, ada kubur atau tidak ada kubur, tidak berhubungan dengan keilahian Yesus. Melainkan bahwa Dia pernah mati namun bangkit, itu berarti Dia mengalahkan maut. Mati dan bangkit, 100% manusia dan 100% Allah. Tuhan Yesus memberkati.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-13 14:52
~
Saudara YN,

Terimakasih untuk masukan yang sudah saudara berikan. Semoga menjadi berkat bagi siapa saja yang membacanya.
~
SO
# YN 2013-06-13 04:45
*
To Priyayicilik,

Logika anda tidak nyambung:

1. Ucapan manusia dan Jibril jelas punya kualitas berbeda.

2. Mengatakan sesuatu palsu tapi tidak pernah melihat yang asli adalah pikiran yang di-hack.

3. Percakapan Maryam dan Jibril tentang Isa Al-Masih terkemuka di dunia dan akhirat, terjadi sebelum Dia lahir. Jadi ada 2 kemungkinan: Isa Al-Masih saat itu sudah eksis di akhirat sebagai yang terkemuka, atau menubuatkan bahwa saat kembali dari dunia ke sorga nanti, Isa Al-Masih akan menjadi yang terkemuka. Kalau yang pertama, jelas maknanya sangat luar biasa. Kalau yang ke-2, maka kedudukan tersebut tidak akan tergantikan, karena akhirat bersifat kekal.

4. Nabi Muhammad tidak pernah ditulis dalam al-Quran sebagai terkemuka (atau apapun istilah up date-nya), di akhirat. Bahkan dia sendiri tidak pasti akan keselamatannya di akhirat. Bukankah umat Islam sampai sekarang terus mendoakan hal tsb?
# YN 2013-06-13 05:15
*
Saudara Bagas,

Dalam Alkitab Perjanjian Baru juga dikisahkan bahwa para pembunuh Isa bingung tentang siapa yang dibunuh tersebut. Tetapi pilihannya beda: Manusia atau benar Tuhan?

Dalam Alkitab juga menyebutkan bahwa Isa terangkat ke surga, sama dengan Al-Quran. Kalau dinyatakan terkemuka karena hidup di sorga, bukankah nabi-nabi lain juga di sorga, lalu buat apa ngomong?

Jibril menyatakan Isa terkemuka di dunia dan di akhirat, pada saat Isa belum lahir. Bagaimana mungkin seorang manusia biasa dikatakan seperti itu bahkan sebelum dia ada? Ini bukan cuma bicara dunia lho, tapi juga akhirat.

Kesimpulan saya, Isa Al-Masih sudah eksis di surga sebagai yang terkemuka, saat Jibril mengatakan hal tersebut. Dan akan tetap terkemuka pada saat kembali ke surga dari dunia. Salam damai.
# damai 2013-06-30 08:25
*
Krishna sama dengan Kristus. Apakah anda setuju? Pada umur 13 sampai 29 Injil tidak mnceritakan Jesus. Pada masa itu Jesus belajar Bhakti Yoga di kasmhir India. Anda setuju? Atau pada masa itu mukjizat dari Jesus lenyap sehingga tidak diceritakan di Injil?
# Staff Isa dan Islam 2013-07-12 21:03
~
Saudara Damai,

Sangat jelas bahwa Isa Al-Masih atau Yesus tidaklah sama dengan Krishna. Ia lahir dan besar dalam kebudayaan Yahudi, bahkan hingga Ia naik ke sorga Isa Al-Masih tetap berada di tengah-tengah bangsa-Nya. Jadi Isa sama sekali tidak pernah pergi ke India ataua negara manapun juga untuk belajar.

 Menurut tradisi Yahudi, ada pendidikan formal yang harus dijalani oleh orang-orang Yahudi pada umumnya, yaitu: pada usia 5 tahun anak-anak Yahudi harus belajar membaca Taurat. Pada usia 10 tahun (misna), usia 13 (talmut) usia 20-30 tahun mereka belajar yang disebut midras. Hal ini membuktikan bahwa Yesus melaksanakan pendidikan formal. Sehingga sebenarnya tidak ada waktu yang terhilang karena pada usia 13-29 tahun Isa Al-Masih menjalani pendidikan sama seperti orang Yahudi lainnya.

Alkitab mencatat pokok-pokok inti dari pekerjaan yang dilakukan Isa Al-Masih. Karena ini adalah sentral dari apa yang ingin Allah sampaikan bagi manusia yaitu keselamatan . Alkitab mencatat kehidupan Isa Al-Masih saat kecil. Namun jika seluruh kehidupan Isa Al-Masih ditulis, tentu semuanya tidak akan cukup untuk ditulis.
~
NN
 
# adriansyah 2013-07-02 08:13
*
Menurut saudara siapakah yang telah menciptakan alam ini.
Kepada siapa Adam memohon ampun ketika Adam memakan buah terlarang?
# Staff Isa dan Islam 2013-07-12 23:53
~
Saudara Adriansyah,

Kami pikir saudara sudah sangat tahu jawaban dari pertanyaan saudara diatas. Namun kami perjelas lagi, bahwa pencipta seluruh alam semesta, lagit dan bumi serta segala isinya adalah Allah.

Allah juga yang menciptakan manusia pertama yaitu Adam, yang telah jatuh dalam dosa karena ketidaktaatanny a pada Allah. Namun karena Allah sangat mengasihi manusia, maka Allah memberikan jalan keselamatan agar seluruh keturunan Adam tidak dihukum dalam neraka yang kekal.

Allah menjadi manusia dalam Isa Al-Masih untuk menyelamatkan manusia yang sangat dikasihi-Nya. Inilah jalan yang Allah pilih untuk mengampuni dosa manusia. Mengapa? Inilah otoritas dan kehendak Allah yang jauh melampaui pikiran manusia yang terbatas.
~
NN
# Komera 2013-08-20 14:13
*
Isa Al-Masih adalah seorang rasul (utusan) Allah sebagaimana utusan Allah sebelumnya bukan Tuhan seperti yang dianggap oleh kaum Nasrani.

Anda hanya mengutip Qs 3:45 tapi mengabaikan ayat lain sesudahnya antara lain, “Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mu’jizat) dari Tuhanmu. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan ta’atlah kepadaku. Sesungguhnya Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus" (Qs 3:50-51).
# Staff Isa dan Islam 2013-08-26 13:58
~
Saudara Komera,

Memang tidak mudah untuk memahami bahwa Isa adalah Tuhan yang menjelma menjadi manusia. Kami maklum bisa saudara mengatakan hal itu aneh.

Bagaimana bila kita mencoba mengenal Isa melalui karya-karya-Nya ketika Dia ada di dunia? Perhatikan karya Isa Al-Masih berikut ini:

1. Ketika Isa di dunia, Dia berkuasa mengampuni dosa seseorang, dimana kuasa tersebut tidak satu pun nabi lain yang dapat melakukannya. “Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: "Dosamu telah diampuni" (Injil, Rasul Lukas 7:48).

2. Alam semesta juga takut kepada Isa, sehingga ketika ada angin ribut setika itu juga reda ketika Isa membentaknya.

“Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, tetapi Yesus tidur. Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali” (Injil, Rasul Besar Matius 8:24; 26)

3. Selain itu, Isa juga berkuasa menyembuhkan setiap sakit-penyakit, bahkan menyembuhkan orang yang kesurupan setan. Dan menghidupkan kembali Lazarus yang sudah terbaring dalam kubur selama tiga hari.

Nah, dari karya-karya Isa di atas, menurut Sdr. Komera siapakah sebenarnya Isa Al-Masih itu?
~
SO
# Andreas L Putranto 2013-09-19 12:36
*
Anda tidak mempunyai pengalaman pribadi atau pengalaman spiritual, jawaban anda hanya berdasarkan acuan dari kitab, banyak hal yang tidak terrecord dalam kitab suci, namun kendati demikian membandingkan si A dan si B bukanlah hal yang bijak, lebih baik jika komunitas anda lebih fokus lagi untuk menciptakan bagaimana ke-rohanian seseorang meningkat juga diimbangi nasionalisme yang kuat.

Dikotomi si A dan si B jelas merugikan masyarakat Indonesia, saya rasa konteks kebangsaan Indonesia harus anda sisipkan dalam setiap pesan komunitas anda.

Namaste.
# Staff Isa dan Islam 2013-10-01 20:58
~
Saudara Andreas L Putranto,

Sikap nasionalis yang benar hanya akan muncul dalam jiwa seorang yang berkepribadian rohani bukan agamawi. Selama ini negara kita sudah tergerogoti oleh orang-orang yang non rohani artinya duniawi.

Menjadi orang rohani yang rohani dimulai dari mengerti kebenaran kitab suci terlebih dahulu. Kebanyakan jiwa nasionalisme pudar karena ketidaktahuan kitab-kitab. Seandainya umat Muslim mengetahui keunikan dari keilahian Isa Al-Masih dalam Al-Quran maka terbukalah pintu damai dalam hubungan Islam dan Kristen. Inilah jiwa nasionalis yang diperlukan saat ini.
~
NN
# PeLasa 2013-10-23 16:18
*
Saya sering melihat perkataan "Kami" dalam Al Kitab dan Al Quran. Apakah itu menunjukan lebih daripada satu zat (trinity)? atau ada penjelesan lain?
# Staff Isa dan Islam 2013-10-25 22:09
~
Saudara Pelasa,

Mohon maaf kami tidak menjawab pertanyaan saudara di kolom ini karena pertanyaan saudara lebih tepatnya dialamatkan ke http://tinyurl.com/d2k6hcw. Terimakasih atas kunjugan saudara.
~
NN
# Hamba Allah 2014-01-21 16:25
*
Dalam artikel ini, penulis tidak dengan jelas menuliskan dan memelintir dari arti Qs. 3:45 itu sendiri. Tanpa menyertakan ayat 46-47, sehingga lebih menekankan kalimat "Al-Masih sebagai terkemuka di dunia dan akhirat". Padahal jika kita pahami, potongan dari sura tersebut bukan itu maksudnya. Allah juga mengkafirkan orang yang berkata bahawa Allah adalah Al-Masih putra Maryam. Pada Qs. 5:17 Tentunya semua yang terjadi pada Al-Masih adalah kehendak dari Tuhan, dan Dia bukan Tuhan.
# Staff Isa dan Islam 2014-02-05 19:03
*
Saudara Hamba Allah,

Tidak ada maksud kami memelintirkan apa yang terdapat dalam Qs.3:45 yang mengatakan bahwa “Isa Al-Masih terkemuka di dunia dan akhirat.“ Ayat berikutnya juga menegaskan bahwa Isa Al-Masih hadir ke dunia ini adalah suatu yang begitu luar biasa.

Dia adalah Kalimat Allah yang berarti Allah sendiri yang telah menjelma menjadi manusia sempurna dalam Isa Al-Masih. Jika apa yang tertulis dalam Qs.3:45 dikatakan Isa Al-Masih adalah Kalimat Allah, bukankah itu tandanya Al-Quran pun mempercayai Ketuhanan Isa Al-Masih?

Barangkali saudara dapat menyelidiki ulang kitab yang saudara percaya soal Pribadi Isa Al-Masih dan lagi taatilah apa kata Al-Quran yang berkata, “Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu. Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu temasuk orang-orang yang ragu-ragu” (Qs.10:94).
~
Salma
# athaillah 2014-01-23 20:18
*
To: IDI,

Sedikit mengutip dari artikel anda, dalam Qs. 3:45 kita membaca bahwa Nabi Besar Isa Al-Masih adalah "terkemuka" bukan hanya di dunia ini tetapi juga di akhirat. Apakah anda mengimani ayat tersebut?
# Staff Isa dan Islam 2014-02-05 19:09
*
Saudara Athaillah,

Umat Nasrani hanya percaya kepada Isa Al-Masih sebagai Tuhan dan Juruselamat, dan Injil satu-satunya pedoman hidup. Kalaupun ada di kitab lain yang memberikan informasi tentang Pribadi Isa Al-Masih tentu itu hanya menguatkan yang disampaikan Injil. Sebab Injil telah menjelaskan hal itu 600 tahun sebelum Al-Quran muncul.

"Yesus mendekati mereka dan berkata: 'Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi'" (Injil, Rasul Besar Matius 28:18).
~
Salma
# rabi cairo 2014-01-25 14:52
~
"Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu" (Injil, Rasul Besar Yohanes 16:7).

Ini bukti akan datangnya nabi Muhammad, karena ayat ini mengatakan Yesus harus pergi dahulu baru orang itu ada. Apalagi didukung ayat setelahnya bahwa ia akan memuliakan Aku. Siapa orang yang memuliakan Isa Al-Masih? Nabi Muhammad. Lebih lengkapnya tontonlah ceramah Zakir Naik tentang Muhammad di dalam Injil yang mudah-mudahan ayat yang mendukungnya tidak diubah.
# Staff Isa dan Islam 2014-02-05 19:11
~
Saudara Rabi Cairo,

Sungguh menarik apa yang saudara paparkan bahwa Muhammadlah yang dimaksud dari Injil, Rasul Besar Yohanes 16:7.

Agar apa yang saudara maksudkan sesuai dengan artikel, sebaiknya saudara memposting komentar saudara di artikel yang berkaitan dengan pemaparan saudara di http://tinyurl.com/d6bzxac
~
Salma
# Hamba Allah 2014-02-17 16:35
~
Qs 3:45 "(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: 'Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) dari-Nya, namanya Al-Masih 'Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),"

Terkemuka bukan berarti paling terkemuka, hanya Allah yang tahu. Orang yang didekatkan adalah orang-orang shaleh. Apakah anda tidak mengetahui perbedaan antara orang-orang yang shaleh dengan Tuhan. Isa Al-Masih bukan Tuhan, itu sudah dijelaskan. Pada Qs 5:17. Kami Muslim tidak mengimani ketuhanan Isa Al-Masih.
# Staff Isa dan Islam 2014-05-12 00:40
~
Salam Sdr. Hamba Allah,

Jika berbicara soal saleh, tentu ini sebuah perbuatan yang sulit untuk dilakukan, ya? Sebab semua orang berdosa. Tetapi bagaimana dengan manusia tanpa dosa, adakah di dunia ini, termasuk nabi di dalamnya?

Bukankah suci, kudus dan benar hanya milik Allah? Jika ada seseorang yang suci hidup tanpa dosa, bukankah Dia adalah Allah? Isa Al-Masih selain terkemuka Dia juga suci (kudus) dan Dia adalah Pribadi yang benar. (Qs 19:19).
~
Salma
# Abdullah 2014-03-14 23:38
~
Jika anda mengkompair ayat dalam Injil dan Al-Quran bagaimana anda memahami ayat Al-Quran sebagai berikut ini?

"(ingatlah) ketika Allah berfirman: "Hai Isa putera Maryam, Adakah kamu mengatakan kepada manusia: "Jadikanlah aku dan ibuku dua orang Tuhan selain Allah?". Isa menjawab: "Maha suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya) . Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha mengetahui perkara yang ghaib-ghaib".
(Qs 5:116).
# Staff Isa dan Islam 2014-05-12 00:50
~
Salam Sdr. Abdullah,

Al-Quran memberikan ruang kepada Isa Al-Masih perihal Pribadi-Nya yang suci, benar, terkemuka bahkan dapat memberikan mujizat-mujizat . Bahkan Al-Quran mengatakan bahwa Isa Al-Masih adalah Roh Allah.

Tetapi sangat disayangkan Al-Quran pulalah yang menentang bahwa Isa Al-Masih adalah Kalimat Allah yang menjelma menjadi manusia (Qs 3:45). Ketidakkonsiste nan Al-Quran dapat membuktikan bahwa Allah yang berfirman dalam Al-Quran sepertinya sedang bingung, bukan? Dapatkah ini dipercaya? Di tambah lagi ada banyak tafsiran-tafsir an yang tidak sesuai dengan aslinya.
~
Salma
# dany 2014-04-20 05:32
~
Kejadian 5:24, "Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.

Untuk sanggahan bahwa Isa Al-Masih bukan satu-satunya nabi yang diangkat langsung kepada Allah, tapi nabi Henokh juga diangkat Allah dan dia tidak lagi di dunia. Saudara-saudari , terimakasih atas pengetahuan yang anda berikan kepada saya seorang Muslim.
# Staff Isa dan Islam 2014-06-03 07:34
~
Saudara Dany,

Kami setuju bahwa Henokh diangkat Allah. Tetapi bukan berarti Henokh terkemuka di dunia dan di akhirat, bukan? Sebab gelar terkemuka di dunia dan di akhirat hanya Allah yang layak menerimanya. Dan Isa Al-Masih memiliki gelar ini. Tidakkah menjadi pertanyaan yang sangat penting, siapakah sesungguhnya Isa Al-Masih yang digelari demikian? Lagi pula, Injil menjelaskan bahwa Isa Al-Masih memberikan jaminan keselamatan di akhirat. Tidakkah ini menakjubkan? Bagaimana menurut saudara?
~
Solihin
# Pencari Uang 2014-05-02 10:23
~
“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya (Isa Al-Masih) yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya (Isa Al-Masih) tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).

Ia sama dengan Allah, beranak namanya Isa Al-Masih. Berarti Allah suami Maryam? Kapankah terjadi pembuahan antara suami-istri tersebut?
# Staff Isa dan Islam 2014-06-03 07:49
~
Saudara Pencari Uang,

Bila saudara tidak membaca keseluruhan perikop itu, tentu pemahaman saudara bisa sangat keliru. Apakah menurut saudara Allah menikah dengan Maryam? Bukankah itu pikiran yang sesat? Sebab tidak mungkin Allah menikah dengan manusia, bukan? Tetapi jelas, ayat itu menjelaskan bahwa keselamatan hanya dapat diperoleh bila percaya pada Isa Al-Masih. Artinya bahwa Isa Al-Masih terkemuka di dunia dan di akhirat. Sebab tidak ada pribadi manapun yang digelari demikian, bukan? Bagaimana menurut saudara?
~
Solihin
# Hamba Allah 2014-05-11 23:20
~
Nabi boleh banyak tapi Tuhan tetap satu. Satu dalam artian satu yang tidak ada yang sebanding, tidak ada sekutu, tidak menyerupai mahkluknya dan masih banyak lagi.
# Staff Isa dan Islam 2014-06-03 08:05
~
Saudara Hamba Allah,

Kami setuju dengan saudara bahwa nabi boleh banyak tetapi Allah tetap satu. Tetapi uniknya, di antara semua yang bergelar nabi, Isa Al-Masih disebut terkemuka di dunia dan di akhirat. Tentu ini menimbulkan pertanyaan besar. Siapakah Isa Al-Masih sesungguhnya? Sebab bukan saja gelar itu menyangkut identitas-Nya, tetapi Dia juga memberikan jaminan keselamatan kekal (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6). Bagaimana menurut saudara?
~
Solihin
# Ivan Christian 2014-06-03 00:39
~
To: Admin,

"Wajiihan”. Jika diperhatikan kalimat sesudahnya, Isa termasuk orang-orang yang didekatkan. Menggunakan kata “Muqorrobun”. Jenis kata yang menunjuk pada banyak orang alias jamak. Jadi, selain Nabi Isa, masih ada nabi-nabi lain yang sederajat dengan Isa. Antara lain, Nabi Musa dan lain-lain.

Untuk admin dan staf Isa sebelum mengeluarkan ayat tanya dulu ke ustadz.
# Staff Isa dan Islam 2014-06-03 15:19
~
Saudara Ivan,

Yang membuat menarik adalah Isa Al-Masih disebut terkemuka di dunia dan di akhirat. Tentu tidak ada nabi yang diberikan gelar sangat tinggi seperti Isa Al-Masih, bukan? Pertanyaannya, apakah Musa disebutkan terkemuka di dunia dan di akhirat? Bila disebutkan demikian, tertulis dalam sura dan ayat berapa dalam Al-Quran? Kami sangat senang bila saudara dapat menunjukkannya kepada kami.
~
Solihin
# Staff Isa dan Islam 2014-06-03 08:10
~
Saudara Pemuda Rantau dan Pencari Ilmu,

Kami mengerti dengan ketidaknyamanan itu. Tetapi kami harus melakukan hal itu. Karena setiap komentar yang tidak memenuhi ketentuan situs kami, maka dengan terpaksa kami menghapusnya.

Sekedar mengingatkan kembali pedoman wajib untuk memasukkan komentar:
1. Tidak boleh memakai lebih dari satu kolom komentar.
2. Pertanyaan/masu kan harus berhubungan dengan uraian diatas.
3. Sebaiknya satu atau dua pertanyaan dalam satu kolom komentar.
4. Hanya menggunakan bahasa Indonesia yang umum dan dimengerti semua orang.
5. Tidak memakai singkatan-singk atan, misalnya yg, dlm, sdh, tdk, dlsbgnya.
6. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
7. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.

Untuk pertanyaan/masu kan yang majemuk, silakan mengirim email ke: . Kiranya petunjuk-petunj uk di atas dapat kita perhatikan.

Demikian, kiranya saudara dapat maklum.
~
Solihin
# novallpatty 2014-08-08 11:57
~
Sungguh saya bangga dengan adanya wadah ini. Kita semua dapat belajar dalam kekurangan mengenal akan Yesus.
# Staff Isa dan Islam 2014-08-11 14:42
~
Saudara Novallpatty,

Terimakasih untuk komentar saudara. Kiranya setiap artikel di situs ini bermanfaat bagi saudara.
~
Solihin
# Edi Setiawan 2014-08-09 08:09
~
Orang Kristen selalu menggunakan ayat Qs 3:45 yang terdapat frasa kata yang berbunyi "Al-Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat" dan memenggal kelanjutan kalimat tersebut yaitu yang berbunyi "dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)" untuk memelintir artinya bahwa Al Masih Isa putera Maryam adalah "seorang Tuhan".

Berikut ayat yang dimaksudkan. Terjemah Qs 3:45, "(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)."
# Staff Isa dan Islam 2014-08-11 16:19
~
Saudara Edi Setiawan,

Sesungguhnya kami mengutip seluruh ayat itu pun tidak mengubah makna. Sebab penekanan ayat itu adalah Isa Al-Masih adalah terkemuka di dunia dan di akhirat. Artinya Isa Al-Masih adalah Pribadi yang melebihi semua nabi. Dan uniknya, Al-Quran hanya mencatat Isa Al-Masih sebagai Pribadi terkemuka di dunia dan di akhirat. Tidak ada yang lain.

Bila Isa Al-Masih terkemuka di dunia dan di akhirat, maka maukah kita datang dan percaya kepada-Nya untuk memperoleh jaminan keselamatan? Bagaimana saudara?
~
Solihin
# Ifven heser 2014-08-11 15:24
~
"Maka kata Yesus: 'Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku'" (Yohanes 8:28).

Semoga bermanfaat.
# Staff Isa dan Islam 2014-08-11 16:24
~
Saudara Ifven Heser,

Terimakasih untuk ayat Injil yang telah saudara kutip. Tentu itu sangat bermanfaat. Sebab bila kita membaca keseluruhan ayat itu, maka kita akan mengerti bahwa ayat tersebut menegaskan Isa Al-Masih adalah Juruselamat. Tentu tidak ada nabi yang disebut Juruselamat, bukan?

Bila Isa Al-Masih adalah Juruselamat dunia, maka maukah kita datang kepada-Nya untuk menerima kepastian keselamatan dari Isa Al-Masih? Bagaimana saudara?
~
Solihin
# Edi Setiawan 2014-08-15 14:02
~
Biarpun misalkan benar Isa terkemuka di dunia dan di akhirat, tetaplah dia hanyalah manusia. Lihat kata "seorang" dan "termasuk orang-orang" yang "didekatkan". Jadi, kedekatan Isa dengan Allah tetaplah karena kehendak Allah, dan bukan kehendak Isa sendiri.

Seperti juga ditegaskan Isa di sini:

Yohanes 5:30, "Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku."

Yohanes 12:49, "Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan."
# Staff Isa dan Islam 2014-08-18 09:27
~
Saudara Edi Setiawan,

Mencermati "seorang terkemuka di dunia dan di akhirat". Jelas, di sini kita perhatikan Isa Al-Masih adalah Allah yang mengambil bentuk menjadi manusia. Bukankah hanya Allah yang dapat disebut terkemuka di dunia dan di akhirat? Dan jelas kata 'seorang' merujuk kepada manusia.

Uniknya, ayat yang saudara kutip dari Injil justru meneguhkan Isa Al-Masih adalah Allah. Bukankah Allah yang akan menjadi Hakim yang adil? Dan Isa Al-Masih juga disebut Hakim berdasarkan ayat itu. Ini menjelaskan bahwa Isa Al-Masih melebihi semua nabi. Bagaimana menurut saudara?
~
Solihin
# Edi Setiawan 2014-08-18 13:23
~
Menurut saya, anda sudah benar-benar kehilangan akal sehat. Dimana letak kata-kata bahwa "Isa Al-Masih adalah Allah yang mengambil bentuk menjadi manusia" dalam ayat itu? Bahkan di situ jelas, bahwa Isa hanyalah obyek berupa manusia, dan hanyalah salah satu dari orang-orang yang didekatkan oleh Allah.

Bahkan pengakuan yang begitu tegas dan jelas sekalipun anda pelintir. Benar-benar sudah kehilangan akal sehat. "Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri...". "Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri..."
# Staff Isa dan Islam 2014-08-18 19:27
~
Saudara Edi Setiawan,

Silakan membaca dengan teliti tanggapan kami agar saudara dapat memahami dengan benar. Inti komentar saudara di atas masih sama. Dan kami telah menjelaskan juga ayat-ayat dari Injil. Bahwa berdasarkan ayat itu Isa Al-Masih adalah Hakim. Bukankah Allah adalah Hakim yang adil? Jika Isa Al-Masih disebut terkemuka di dunia dan di akhirat dan Hakim yang adil, maka siapakah sesungguhnya Isa Al-Masih? Bagaimana saudara?
~
Solihin
# herdy 2014-08-23 19:56
~
Nabi Isa adalah nabi yang dianugrahi kasih sayang.
# Staff Isa dan Islam 2014-08-23 23:08
~
Salam Sdr. Herdy,

Kami menyampaikan terimakasih untuk pernyataan saudara. Benar sekali bahwa Isa Al-Masih Pribadi yang memiliki kasih dan sayang menurut Alkitab, sedangkan menurut Al-Quran Dia dianugerahi kasaih dan juga sayang.

Kasih Isa Al-Masih terlihat dari pengorbanan-Nya untuk menyerahkan diri menjadi tebusan bagi manusia. "Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang" (Injil, Rasul Besar Matius 20:28).
~
Salma
# ardhie 2014-08-28 05:55
To admin.
apakah anda tau tuhan itu cuma 1.
apakah anda tau tak ada 1 mahluk hidup pun yang bisa perintah tuhan.
lalu di dalam Yohanes12:49 "Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan."
yang jadi pertanyaan kalo yesus itu tuhan. lalu bapa itu siapa yang memerintah yesus.
isadanislamstudi.com

* Untuk bisa masuk ke pelajaran kursus ini, non-aktifkan 'pop-up blocker' komputer Saudara dengan meng-klik di sebuah 'bar' di bawah 'status bar' di bagian atas layar komputer

Isa Islam Dan Kaum Wanita

Click gambar di samping untuk artikel - artikel untuk wanita Muslim


 

www.isaislamdankaumwanita.com