Ikuti Isa dan Islam di Facebook Ikuti Isa dan Islam di Tweeter

Al-Quran: Nabi Isa Al-Masih melebihi semua nabi lain di sorga?

TERKEMUKA DI DUNIA DAN DI AKHIRAT!!

Number 1

Baru-baru ini, saya mendengar tentang pengalaman seorang Madura yang tua dan terpelajar yang menerima Nabi Besar Isa Al-Masih sebagai Juruselamatnya. Hal ini terjadi sesudah ia merenungkan ayat Al-Quran Surat Ali 'Imran 45:

... Malaikat berkata: "Hai Maryam ... Allah menggembirakan kamu ... dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al-Masih ...., seorang terkemuka di dunia dan di akhirat ...

Ia terpikat dengan kutipan, "terkemuka di dunia dan di akhirat." Jikalau seseorang disebut "terkaya" di kampungnya ini berarti tidak ada seorangpun di kampung tersebut yang lebih kaya daripada dia. Jikalau si anu disebut pemain sepak bola terbaik di Indonesia, ini berarti tidak ada seorangpun di Indonesia yang lebih pandai bermain sepak bola daripada si anu.

Isa Al-Masih nabi terkemuka di dunia dan di akhirat

Dalam Ali 'Imran 45 kita membaca bahwa Nabi Besar Isa Al-Masih adalah "terkemuka" bukan hanya di dunia ini tetapi juga di akhirat. Ini berarti tidak ada seorang nabipun atau siapapun yang pernah hidup atau yang akan hidup yang melebihi Dia di bumi maupun di sorga. Intinya "terkemuka" tidak berarti nomor dua atau nomor tiga. Jelas "terkemuka" berarti "Nomor Satu!"

Namun demikian seorang pakar agama berani menulis, "... tiap-tiap Nabi dan Rasul itu adalah sama, sama mulianya, sama kebenaran yang dibawanya, sama kedudukannya ....." (Maria, Yesus, dan Muhammad, H. Bey Arifin, Hal. 75). Bagaimanakah pandangan ini dapat dipertahankan mengingat isi kutipan dari Ali' Imran tadi, "...namanya Al-Masih ... terkemuka di dunia dan di akhirat ....."?

Alasan mengapa Isa Al-Masih disebut sebagai terkemuka

Mungkin Saudara bertanya, "Mengapa Isa Al-Masih dikatakan 'terkemuka'?" Ada beberapa sebabnya!! Pertama karena ibuNya, Ibu Maryam disebut perempuan terkemuka daripada semua perempuan yang pernah hidup (Ali Imran 42; Injil, Lukas 1:42, 48). Jikalau Maryam seorang ibu yang terkemuka, bukankah Ia yang menjelma menjadi manusia melalui rahim Maryam juga patut disebut "terkemuka?" Lagi Nabi Besar Isa Al-Masih satu-satunya nabi yang tidak mempunyai ayah jasmani. Tidakkah ini melebihkanNya di atas semua nabi lain? Juga Al-Quran, pakar Islam, dan Alkitab menekankan berulang kali bahwa Ia satu-satunya yang tidak pernah berdosa. Bukankah itu melebihkan Dia di atas semua nabi lain? Malahan Ia satu-satunya nabi yang tidak mempunyai kuburan di dunia ini. Ia di sorga. Ia akan kembali, menurut kepercayaan Islam atau Kristen, untuk menghakimi dan memimpin dunia ini. Bukankah ini membuktikan bahwa Ia melebihkan semua Nabi lain yang pernah hidup?

Semuanya benar. Bukti lagi akan kenyataan bahwa Kalimah Allah, Nabi Besar Isa Al-Masih "terkemuka" terdapat dalam ayat-ayat Allah ini:

... Dia ... jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang. (Injil, Surat Efesus 1:20-21).

Nah, Saudara, kita ingin hidup berkenan kepada Allah. Karena demikian bukankah kita wajib mengutamakan siapa yang diutamakan Allah di dunia ini dan di akhirat? Sebaiknya kita memperhatikan proklamasi sbb:

.... terdengarlah suara-suara yang nyaring di dalam sorga, katanya: "Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapiNya [Isa Al-Masih], dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya." ..... Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan namaNya ialah: "Firman [Kalimah] Allah." ....Dan pada jubahNya dan pahaNya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan." (Injil, Wahyu 11:15, 19:13, 16).


Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari 3 pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir artikel. Kecuali beberapa artikel yang tidak memuat 3 pertanyaan fokus.
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# orangawam 2011-03-30 08:49
*
Setuju dengan ini.

Hanya saja kami sebagai Muslim agak bingung dengan doktrin Trinitas, karena rupanya doktrin Trinitas ini tidak ada dalam Alkitab.

Ini diciptakan oleh imperium Romawi untuk tetap beribadah sesuai dengan kebiasaan yang populer di daerah Mediterania bahkan Afrika seperti Mesir, dimana mereka beribadah dengan dewa-dewa yang berbentuk Trinitas.

Jadi Isa Al-Masih juga diTrinitaskan, sehingga penghormatan kepada dewi-dewi juga tetap bertahan dengan menjadikan Maryam bunda Allah.

Saya yakin kalau ajaran ini diluruskan akan membuka jalan bagi orang-orang muslim seperti saya untuk melihat bahwa Isa adalah Nabi yang terbesar, bukan sebagai Allah.
# Staff Isa dan Islam 2011-04-09 17:24
~
Saudara Orangawam, kiranya perlu diketahui bahwa istilah "trinitas" tidak ada dalam Alkitab (juga istilah "tauhid" tidak ada dalam Al-Quran), namun keseluruhan Kitab Suci mengajarkan bahwa Allah Yang Maha Esa, juga beroknum tiga.

Namun demikian, para pengikut Isa Al-Masih tidak sependapat dengan setiap faham polytheisme (banyak Tuhan), termasuk faham Tritheisme (tiga Tuhan) yang diwariskan beberapa kebudayaan yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan, termasuk budaya Romawi dan Yunani.

Maryam memang adalah ibu jasmani dari Isa Al-Masih, sehingga terlalu dipaksakan kalau kita mengatakan bahwa Maryam dijadikan sebagai ibu Isa karena terpengaruh suatu kebudayaan.

Ada sebagian orang yang mengenal Isa Al-Masih hanya sebatas rasul, atau nabi yang dapat melakukan mujizat, guru yang baik, ataupun pemimpin yang bijaksana.

Namun orang-orang yang dikasihi Allah, beroleh kasih karunia dari Allah untuk boleh dan bisa mengenalnya sebagai Tuhan.

"Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan (Allah) Bapa-Ku yang di sorga. (Injil, Matius 16:16-17).

Keseluruhan Injil bercerita tentang Isa Al-Masih yang adalah Tuhan, namun sungguh, hanya orang yang beroleh kasih karunia dari Allah yang dapat mengerti hal itu.
~
SL
# Yahya Affyt 2011-05-13 20:47
*
Isa Al-Masih adalah seorang utusan Tuhan. Dia disalib tentara Romawi tetapi Isa Al-Masih tidak mati di tiang salib. Isa Al-Masih juga tidak naik ke langit, karena Dia lepas dari salib dan Dia mencari domba-domba yang sesat dari bani Israel.

Isa Al-Masih adalah seorang nabi yang dikirimkan khusus untuk bani Israel bukan untuk masyarakat non-Israel.
# pecinta damai 2011-06-15 22:42
*
Kata (terkemuka) terdapat juga dalam Qs 33:69 yang ditujukan terhadap Musa. Kata terkemuka tidaklah berarti yang paling, mana mungkin ada dua yang paling?

Mengapa Muhammad tidak disebut langsung dengan kata? Tentu karena Ia jelas dalam kondisi bahwa Ia adalah uswatun hasanah, juga penutup para nabi dan rasul.
# adil teguh 2011-09-04 13:25
*
Menurut kepercayaan orang Kristen, sebenarnya siapakah Tuhan itu? Apakah Isa Al-Masih?
# Ibnu Rahmat 2011-12-01 08:17
*
Yang saya tidak paham, mengapa untuk mengampuni dosa manusia Allah harus mengorbankan anak-Nya di tiang salib, diperhinakan oleh makhluk-Nya tanpa pertolongan-Nya . Bukankah Allah Maha Kuasa, untuk mengampuni manusia adalah atas kehendak-Nya tanpa prasarat dan ritual pengorbanan.

Andaikan kepercayaan Kristiani itu benar? Kalau sama anaknya saja membiarkan tersiksa di kayu salib. Bagaimana dengan yang bukan anaknya, akan lebih jauh lagi dari pertolongan-Nya .
# Hamba Allah 2012-01-24 13:01
*
Salam kasih,

Saya percaya Isa Al-Masih adalah utusan Allah, saya juga yakin Dia terkemuka di dunia maupun akhirat.

Al-Quran juga mengatakan bahwa Isa Al-Masih yang ditugaskan membunuh dajjal nanti saat kiamat datang dan itulah alasan Isa Al-Masih diturunkan (lagi) ke bumi.

Saya hanya ingin tahu alasan mengapa Injil tidak menyebutkan tentang kedatangan-Nya? Jelaskan juga ayat Yohanes 16:7!

Terimakasih.
# Mencari Benar 2012-02-16 08:39
*
Saya mengikuti artikel yang ada di situs ini, dan jelas saya sangat tertarik. Dari semua yang telah saya baca, saya menarik kesimpulan: ibarat seseorang menulis buku, ia mencurahkan seluruh isi "pikiran"nya dalam buku tersebut. Jadi ketika buku tersebut rusak/hancur, bukan berarti "pikiran" sang penulis ikut hancur, melainkan tetap bersama-sama sang penulis.

Jadi, kita tidak bisa memandang Isa Al-Masih sebagai wujud jasmani karena Ia bisa makan, minum dsb. Ia "pikiran Allah itu sendiri", Ia (Isa) menyatu dengan Allah.

Wassalam.
# Johan 2012-02-22 00:05
*
Surat Ali Imran 45: (Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),.."

Coba anda lihat akhir ayat diatas "dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)". Jangan anda menafsirkan ayat Al-Quran demi kepentingan sendiri.
# Staff Isa dan Islam 2012-02-23 16:43
~
Saudara Johan,

Maaf, komentar saudara kurang jelas. Di bagian manakah kami telah melakukan kesalahan tafsir? Bila tidak keberatan, kiranya saudara dapat menjelaskannya.

Terimakasih!
~
SO
# Clue Verity 2012-06-12 19:58
*
Arti terkemuka :

1. Terpandang (disegani karena kedudukannya, kekayaannya, kepandaiannya, dsb); ternama; terkenal: peresmian penggunaan balai desa dihadiri oleh orang-orang - di daerah itu;

Nah sekarang lihat dalam Alkitab:

Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudara ku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku. (Roma 16:7)

Dan mengenai mereka yang dianggap terpandang itu--bagaimana kedudukan mereka dahulu, itu tidak penting bagiku, sebab Allah tidak memandang muka--bagaimana pun juga, mereka yang terpandang itu tidak memaksakan sesuatu yang lain kepadaku. (Galatia 2:6)

Ayat Paulus di atas ada berapa banyak orang yang terpandang ?
# Staff Isa dan Islam 2012-06-13 15:20
~
Saudara Clue,

Arti dari kata “terpandang” selain dari yang saudara jelaskan di atas, bisa juga diartikan sebagai “Terkenal”. (Terkenal karena dia kaya, kedudukan tinggi dsb)

Ayat yang saudara kutip dari Roma 16:7, menjelaskan bahwa Andronikus dan Yunias adalah teman sebangsa Paulus yang terkenal diantara para rasul yang lain. Dilanjutkan pada Galtia 2:6, dimana mereka (Andronikus dan Yunias) tidak memaksakan kehendak mereka pada Paulus.

Menurut saudara Clue, adakah yang salah dari ayat itu? Sudah cukup jelas bukan?
~
SO
# Clue Verity 2012-06-13 16:51
*
Jadi berapa banyak orang yang terkemuka dari ayat Paulus diatas? Lebih dari satukan?

Jadi semua Nabi dalam Islam adalah terkemuka disisi Allah.
# Staff Isa dan Islam 2012-06-14 14:59
~
Saudara Clue,

Benarkah semua nabi terkemuka di sisi Allah? Bila benar, kiranya saudara dapat memberi ayat dalam Al-Quran yang merupakan perkataan Allah bahwa nabi Muhammad adalah terkemuka di dunia dan di akhirat, seperti yang Allah ucapkan pada Isa Al-Masih.

“Ingatlah, ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)”
(Qs 3:45:).
~
SO
# subatauh 2012-06-14 20:00
*
Staf IDI,

Hanya anda yang menonjolkan Isa lebih dari nabi lain karena akan membelokkan Isa adalah Yesus dalam agama Kristen.

Saya katakan kalian bukanlah pengikut Isa, karena Isa beragama Islam dan bukan Kristen. Dan Isa bukanlah Yesus seperti yang kalian duga.
# Staff Isa dan Islam 2012-06-19 15:50
~
Saudara Subatauh,

Saudara adalah orang yang kesekian, yang mengatakan bahwa Isa Al-Masih beragama Islam.

Saudara Subatauh, kami menyarankan saudara untuk mempelajari sejarah tentang berdirinya agama Islam. Setelah itu, saudara akan dapat menemukan jawaban dari pernyataan saudara di atas, apakah memang benar Isa Al-Masih beragama Islam seperti pengakuan saudara dan orang-orang Islam selama ini.

Di sini kami berikan satu link sebuah buku yang mengupas tentang sejarah Islam. Silakan klik pada url ini: http://tinyurl.com/cmmdk6r. Kami sarankan, bacalah buku tersebut dari awal hingga akhir.
~
SO
# Clue Verity 2012-06-14 21:31
*
Nabi Muhammad bukan hanya terkemuka, bahkan dia adalah cahaya dari Allah.

“Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyi kan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu CAHAYA DARI ALLAH, dan Kitab yang menerangkan” ﴾Qs. Al Maidah : 15﴿

Yohanes 3:13 “Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia”

Ayat di atas bicara tentang Nabi Muhammad dalam peristiwa Isra Miraj.

Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal, (Qs. An Najm : 13-15)
# Staff Isa dan Islam 2012-06-19 15:49
~
Benarkah Muhammad adalah cahaya dari Allah? Ayat lain dari Al-Quran berkata, “Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa” (Qs 5:46)

Menurut ayat di atas, Injil dan Taurat adalah Cahaya dari Allah dan menjadi petunjuk bagi orang-orang bertakwa. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa orang-orang yang tidak mengikuti Injil dan Taurat bukanlah orang bertakwa.

Injil, Rasul Besar Yohanes 3:13 bukan bicara tentang Muhammad, melainkan tentang Isa Al-Masih. Muhammad tidak berasal dari sorga, penciptaan Muhammad sama dengan manusia pada umumnya, yaitu dari debu dan tanah. Itulah sebabnya, ketika dia wafat, dia dimakamkan dan hingga kini pun seluruh umat Muslim di dunia melakukan ziarah ke makamnya.

Tidak demikian dengan Isa Al-Masih. Walau Dia pernah mati di atas kayu salib dan dikuburkan. Tetapi kitab suci mencatat, Dia hanya berada selama tiga hari di dalam kubur-Nya, setelah itu Dia bangkit dari antara orang mati, lalu naik ke sorga. Tempat dari mana Dia berasal.

“Sesudah Ia (Isa Al-Masih) mengatakan demikian, terangkatlah Ia (Isa Al-Masih) disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka”
(Injil, Kisah Para Rasul 1:9).
~
SO
Video Isa Dan Islam

Click gambar di atas untuk video-video terbaru kami

www.videoisadanislam.com

isadanislamstudi.com

* Untuk bisa masuk ke pelajaran kursus ini, non-aktifkan 'pop-up blocker' komputer Saudara dengan meng-klik di sebuah 'bar' di bawah 'status bar' di bagian atas layar komputer