Ikuti Isa dan Islam di Facebook Ikuti Isa dan Islam di Tweeter

Menguji "Injil Barnabas" Dengan Al-Quran Dan Injil Allah

gospel barnabasMasih banyak umat Islam dan Kristen yang bingung soal keaslian injil Barnabas. Mengujinya dengan Al-Quran dan Injil Allah, kita akan tahu kebenarannya.

Alasan Islam Mengakui Injil Pseudo (Palsu) Barnabas

Umumnya Islam mengakui kebenaran injil pseudo Barnabas karena mengakui kenabian Muhammad. ''Terpujilah nama-Mu yang kudus, ya Allah Tuhan kita . . . Tiada Tuhan Selain Allah dan dan Muhammad adalah utusan-Nya''(injil pseudo Barnabas Bab 39).

Namun kaum Muslim masih bingung akan keaslian injil ini, sebab isinya banyak bertentangan dengan ajaran Al-Quran.

Menguji Injil Pseudo Barnabas dengan Al-Quran

Pertama, soal siapa Al-Masih, injil pseudo Barnabas berbeda dari Al-Quran.  Hazrat Isa mengaku dan berkata benar: Saya bukan Al-Masih . . . ” (injil Pseudo Barnabas m.s. 54, 104).

Sebaliknya  Al-Quran mengakui Isa adalah Al-Masih.  “(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu . . . dengan kalimat . . . daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat . . . (Qs 3:45).

Kedua, menurut injil pseudo Barnabas, Muhammad adalah Imam Mahdi. Sedangkan menurut Hadits Muslim (Jilid I hal. 74), Imam Mahdi itu adalah Isa. Juga Hadits Ibnu Majjah menuliskan "La mahdia illa isabnu maryam", artinya: "Tidak ada Imam Mahdi kecuali Isa putra Maryam".

Dilema Islam Jika Mengakui Injil Pseudo Barnabas

Soal perbedaan itu, kita patut bertanya “Al-Quran ataukah injil pseudo Barnabas yang benar?” Jika Al-Quran benar, berarti injil pseudo Barnabas salah, sebaliknya jika injil pseudo Barnabas yang benar berarti Al-Quran itu salah. Inilah dilema Islam.

Bukankah dengan perbedaan itu, kaum Mukmin harus menolaknya?

ramalan alkitabMenguji Injil Pseudo Barnabas dengan Injil Allah

Ketika orang Islam masih bingung bersikap soal injil pseudo Barnabas, orang Kristen tegas menolaknya. Sebab injil ini banyak bertentangan dengan Wahyu Allah (Taurat, Zabur dan Injil), terutama Injil.

Soal Isa, Injil Allah menyaksikan “ . . . tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah (Isa) Mesias (Al-Masih), . . . , dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya” (Injil, Rasul Besar Yohanes 20: 31).

Bagaimana Sikap Anda?

Kecuali yang sudah dijelaskan di atas, masih banyak kepalsuan injil pseudo Barnabas. Misalnya tahun penulisannya, kesalahan data dan sebagainya.

Karena itulah guru besar Al-Azhar, Mesir, Dr. Abbas Mahmoud Al Aqqad menolak injil Barnabas.  Dia mengajak umat Muslim sedunia untuk menolak injil pseudo Barnabas. Jadi umat Islam dan Kristen wajib hukumnya menolak injil pseudo Barnabas.

Jika ingin mengerti Injil yang sahih, Anda dapat membacanya di sini atau download di sini. Atau, Anda juga dapat menghubungi staff kami lewat email.

[Staf Isa dan Islam – Untuk informasi lebih lanjut, silakan mendaftar untuk menerima secara cuma-cuma Buletin Mingguan "Isa dan Al-Fatihah."]

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca:

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Sesuai artikel di atas mengapa umat beragama wajib menolak injil pseudo Barnabas?
  2. Apakah akibatnya bagi iman umat Islam, jika mengakui injil pseudo Barnabas sebagai Injil yang asli?
  3. Adakah Injil asli atau sahih selain yang diwahyukan Allah kepada orang Kristen? Buktikan!

 

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami merasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Berhubung banyak komentar yang masih belum kami balas, untuk sementara komentar tidak diterima.

Comments  

# Agur bin Yake 2017-03-27 19:13
~
Agama lembah Mekkah paling suka langsung telan saja terhadap hal hal baru apabila di dalamnya ada yang menguntungkan Abul Qasim, dan begitulah dulu hebohnya mereka terhadap injil palsu Barnabas tersebut. Perbuatan yang demikian disebabkan karena agama Islam masih sangat jauh dari kebenaran sehingga umatnya begitu haus akan pembenaran dan dukungan. Tahun penulisan dan kesalahan data, injil palsu Barnabas sama juga dengan Al-Quran yang sering salah data.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-29 05:54
~
Saudara Agur,

Menyimak dan mencermati Injil palsu Barnabas serta membandingkanny a dengan Al-Quran akan membuat Muslim dilema dengan fakta yang bertentangan dan yang sudah disebutkan di atas. Kami berharap ini menjadi sebuah masukan berharga.
~
Solihin
# ungke 2017-03-27 19:29
*****
1. Bagi umat Kristen pasti dengan tegas menolak, karena bententangan dengan kitab Injil lainnya.

2. Bagi Islam hal itu tidak masalah, toh mereka sudah biasa mengais-ais dari kitab orang secara sebagian buat menguatkan iman mereka, mana yang cocok diambil, yang tidak cocok tinggal bilang sudah dipalsu. Beres.

3. Ada menurut alloh/Muhammad, tapi giliran suruh tunjukkan alloh/Muhammad malah memble.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-29 05:58
*****
Saudara Ungke,

Mencermati fakta-fakta yang diungkap artikel di atas seyogianya mendorong Muslim untuk menolak injil palsu Barnabas. Sebab dengan menerima injil palsu Barnabas menjadikan Muslim menolak keberadaan Al-Quran. Kami berharap ini menjadi sebuah perenungan bersama.
~
Solihin
# Zakar Naik 2017-03-27 20:27
~
Itulah Islam. Selalu mengais-ngais dari kitab-kitab yang ada untuk dijadikan pembenaran walaupun sudah sangat-sangat jelas palsu ditinjau dari segala aspek. Sama halnya, kalau saya bilang, saya menemukan Al-Quran yang mengajarkan kasih damai dan kelemahlembutan pada semua mahluk, pasti umat Islam akan mengamuk dan bilang itu Al-Quran palsu.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-29 06:30
~
Saudara Naik,

Dukungan injil palsu Barnabas pada Al-Quran sesungguhnya merupakan usaha untuk menentang Al-Quran itu sendiri. Sebab faktanya injil palsu Barnabas bertentangan dengan Al-Quran. Artikel di atas telah menjelaskan fakta tersebut. Kiranya ini menjadi sebuah masukan berharga.
~
Solihin
# Ahli Fikir 2017-03-27 22:49
~
Dalil paling sederhana, "....Isa putera Maryam,.. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil..." (Qs 5:46). Injil menurut Isa Al-Masih. Taurat menurut Musa.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-29 06:36
~
Saudara Ahli Fikir,

Kami berharap saudara membaca artikel di atas dengan teliti. Sebab artikel di atas membahas tentang injil palsu Barnabas, bukan Injil asli saat ini, sehingga kami terpaksa menghapus sebagian komentar saudara. Kami memohon maaf untuk ketidaknyamanan ini.

Bila saudara cermat, injil palsu Barnabas memberikan gelar Al-Masih kepada nabi Islam, bukan kepada Isa sehingga ini bertentangan dengan Al-Quran. Bukankah seharusnya saudara berani mengkritisi injil palsu Barnabas? Apakah saudara bimbang dengan Al-Quran sehingga berusaha membenarkan injil palsu Barnabas? Mengapa? Mohon penjelasan saudara.
~
Solihin
# wedus 2017-03-27 23:16
~
Topiknya bagus mengenai injil Barnabas.
1. Islam mewajibkan percaya kepada kitab-kitab Allah yaitu Taurot, Zabur, Injil, Al-Quran dan Allah mewajibkan mengikuti Al-Quran sebagai pedoman. Entah itu Bible campur-campur atau Bible Barnabas keduanya sudah tidak berlaku lagi. Jadi, tidak perlu diributkan lagi.

2. Islam diwajibkan oleh Allah untuk mengikuti pedoman dari Al-Quran. Jika mengikuti Bible maka tidak akan jauh beda dengan Yahudi.

3. Injil hanya diwahyukan kepada nabi Isa dan pengikutnya, sedang Isa sendiri tidak mengenal Kristen.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-29 13:45
*****
Saudara Wedus,

1. Jawaban saudara di atas merupakan pengingkaran terhadap kebenaran dengan dalih mengakui kitab yang ada, sekaligus menolaknya. Sebuah pemikiran yang janggal, percaya pada Injil tetapi ditolak.

2. Jawaban ini tidak sesuai dengan pertanyaan. Kami tidak menanyakan tentang Al-Quran, tetapi tentang injil palsu Barnabas. Apa akibatnya bagi umat Islam bila mengakui injil palsu Barnabas sebagai Injil asli?

3. Ini pun tidak menjawab pertanyaan kami. Isa Al-Masih tidak pernah menerima Injil. Sebab Injil adalah memberitakan tentang Isa Al-Masih, bahwa keselamatan hanya ada dalam Isa Al-Masih.
~
Solihin
# Salah 2017-03-28 04:44
~
To: Staf dan Nasrani,

Maaf, Islam bukan agama yang lagi dilema. Kami umat Muslim tetap berpegang teguh pada Al-Quran. Yang dilema itu Kristen karena Bible menyinggung banyak tentang kalian Kristen. Kami Muslim bukan Kristen. Kami juga mengimani Injil. Bukan Bible dan Kristen. Kami mengikuti Yesus. Kalian Kristen, Yesus tidak kenal. Terima kasih.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-29 13:55
~
Saudara Salah,

Memberikan komentar tanpa dasar yang jelas adalah asumsi belaka. Bukankah artikel di atas telah menjelaskan dilema Muslim? Bila Muslim tidak mengalami dilema, maka Muslim tidak akan mengakui injil palsu Barnabas sebagai Injil asli. Faktanya, Muslim mengakui injil palsu Barnabas sebagai Injil asli sekalipun banyak pertentangan di dalamnya. Bukankah ini menimbulkan dilema bagi umat Islam?

Pertanyaannya adalah bila umat Islam tidak dilema, mengapa terdapat pertentangan antara Al-Quran dengan injil palsu Barnabas? Mohon pencerahan saudara.
~
Solihin
# @Jhon Lukas 2017-03-28 08:51
*****
1. Injil Barnabas isinya bukanlah Firman Allah. Injil Barnabas tidak memuat kisah Para Nabi Allah yg berhubungan dengan Taurat, Kitab Nabi, Zabur dan Injil. Kesahihanya tidak terbukti karena tidak didukung oleh bukti-bukti nyata yang disaksikan manusia pada masanya.

2. Bila umat Muslim mengakui Injil Barnabas Injil yang asli, maka Al-Quran tidak berlaku karena Imam Mahdi menurut Injil Barnabas : Muhammad, sedangkan Al-Quran mengakatan Imam Mahdi adalah Yesus Kristus. Seperti memakan buah semalakama.

3. Benar, hanya satu Injil yang sahih yaitu Injil yang dipegang umat Kristen saat ini, karena Injil menceritakan semua tentang Allah [Yesus Kristus] dan telah dibuktikan oleh manusia pada zamanya, serta sesuai dengan Firman-Nya: "Tetapi sekalipun malaikat dari sorga yg memberitakan kepada kamu suatu Injil yg berbeda dengan Injil yg telah diberitakan kepadamu terkutuklah dia" (Injil, Surat Galatia 1:6-10).
# Staff Isa dan Islam 2017-03-29 13:59
*****
Saudara Jhon,

Tidak ada kebenaran dalam injil palsu Barnabas. Mengakui injil palsu Barnabas sebagai Injil asli akan berdampak pada Al-Quran. Kami berharap pengunjung situs ini memahami isi artikel di atas. Terimakasih untuk tanggapan saudara.
~
Solihin
# pengamat 2017-03-28 09:15
~
Kenapa terlalu cepat menyimpulkan injil Barnabas palsu? Bukankah Barnabas salah seorang murid yang dekat dengan Yesus? Apa salahnya dia menulis injil sesuai dengan yang dia lihat dan dengar?
# Staff Isa dan Islam 2017-03-29 14:27
~
Saudara Pengamat,

Kami yakin saudara mengetahui istilah mencatut nama. Beberapa kali istilah ini muncul berkenaan dengan peristiwa politik di Indonesia. Nama Barnabas dicatut oleh orang yang hidup di abad ke-16. Sebab injil palsu Barnabas ditulis sekitar abad tersebut, sehingga tidak mengherankan bila disimpulkan bahwa injil Barnabas adalah palsu. Bukan saja waktu penulisannya, melainkan isinya pun bertentangan dengan Injil. Uniknya, injil palsu Barnabas pun bertentangan dengan Al-Quran.

Pertanyaannya adalah apa dasar saudara menyatakan bahwa penulis injil palsu Barnabas adalah Barnabas? Mohon dibuktikan dengan data sejarah.
~
Solihin
# @Jhon Lukas 2017-03-28 09:16
~
Buat: Sdr. Ahli Fikir,

Topik: Apakah akibatnya bagi iman umat Islam, jika mengakui injil pseudo Barnabas sebagai Injil yang asli?
Saudaraku, bila kita ikuti topik di atas, point 3 Injil Barnabas mengatakan Imam Mahdi: Muhammad, Al-Quran mengatakan Imam Mahdi: Yesus Kristus [Isa Al-Masih].

Pertanyaan:
1. Mengapa Imam Mahdi di Al-Quran adalah Yesus Kristus [Isa]? Mengapa tidak Muhammad, karena pembawa Al-Quran adalah Muhammad?
2. Mengapa Injil Barnabas menuliskan Imam Mahdi Muhammad?
3. Saudaraku, berarti Injil Barnabas ada kaitannya dengan Al-Quran, karena Injil Barnabas mengakui Muhammad sebagai Imam Mahdi? Mohon diberi tanggapan.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-29 14:29
~
Saudara Jhon,

Pertanyaan-pert anyaan yang bagus. Kami berharap saudara Ahli Fikir memikirkan dan menjawab dengan dalil dan data yang jelas sehingga tidak mengedepankan asumsi dalam menjawab. Terimakasih untuk tanggapan saudara.
~
Solihin
# Agur bin Yake 2017-03-28 09:22
~
Pengamat,

Apakah dirimu tahu Injil yang diberi nama injil Barnabas itu ditulis tahun berapa? Apakah dirimu tidak menyadari kalau yang mengarang kitab tersebut adalah pengikut Abul Qasim? Dirimu seorang pengamat yang aneh.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-29 15:09
~
Saudara Agur,

Mengetahui sejarah injil palsu Barnabas akan membantu saudara Pengamat mengerti dan memahami sehingga tidak terburu-buru membuat pernyataan. Kami menyarankan untuk mengunjungi link ini http://tinyurl.com/psjkhyz untuk mengetahui siapa penulis injil palsu Barnabas. Terimakasih saudara Agur.
~
Solihin
# pengamat 2017-03-28 09:37
~
Agur,

Pengikut Muhammad tidak mungkin menulis injil Barnabas. Kami sudah punya Al-Quran dan hadis. Kurang kerjaan kalau pengikut Muhammad dituduh menulis Injil hingga tebalnya satu buku. Yang menulis injil Barnabas pengikut Yesus sendiri yang berbahasa Aram. Dia adalah seorang murid Yesus yang melihat, mendengar dan merasakan sendiri.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-29 15:21
~
Saudara Pengamat,

Memiliki Al-Quran bukan jaminan bahwa penulis injil palsu Barnabas bukan Muslim. Penulis injil palsu Barnabas adalah Mustafa de Arande, seorang Muslim Arab berkebangsaan Spanyol yang hidup sekitar tahun 1500. Silakan klik ini http://tinyurl.com/psjkhyz untuk mengetahui lebih lengkap. Dengan demikian, terbukti bahwa penulis injil palsu Barnabas bukan murid Isa Al-Masih yang hidup di abad pertama.

Pertanyaannya adalah apa dasar saudara menyatakan bahwa penulis injil palsu Barnabas adalah Barnabas? Mohon dibuktikan dengan data sejarah, bukan asumsi belaka.
~
Solihin
# Agur bin Yake 2017-03-28 09:58
~
Pengamat,

Yang mengatakan injil palsu Barnabas itu berbahasa Aram siapa? Sudah pernah baca belum? Injil palsu Barnabas ini gado gado, terkadang memihak agama Islam dan terkadang menentang, terkadang memihak Injil asli dan terkadang menentang. Masak kitab gado-gado anda santap saja? Dari Galilea naik perahu ke Nazareth. Keren.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-29 15:24
~
Saudara Agur,

Memberikan pendapat atau tanggapan dengan berlandaskan asumsi tidak cukup untuk dijadikan sebagai kebenaran. Faktanya, saudara Pengamat hanya mampu membuat asumsi tanpa dapat menunjukkan bukti sejarah. Kami berharap saudara Pengamat merenungkan dan jujur terhadap diri sendiri.
~
Solihin
# pelita 2017-03-28 10:13
*****
1. Dalam Islam telah cukuplah Al-Quran, karena Al-Quran adalah verifikator kitab yang lain.

2. Tidak ada pengaruhnya karena tetap Al-Quranlah pedoman hidup, petunjuk pada jalan yang lurus.

3. Bahkan Kristen yang harus membuktikan. Datangkan Injil yang asli dari Yesus dan 12 muridnya karena jelas dalam Bible sendiri menjawab apakah Bible itu.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-29 15:33
*****
Saudara Pelita,

1. Memang Al-Quran dijadikan kitab umat Islam. Namun, untuk verifikasi kenabian nabi Islam, injil palsu Barnabas digunakan untuk mengabsahkan kenabian nabi Islam. Bukankah ini berarti Al-Quran tidak cukup sebagai legitimasi kenabian nabi Islam?

2. Al-Quran dianggap sebagai pedoman. Tetapi dalam realitanya, injil palsu Barnabas digunakan sebagai alat untuk mensahkan kenabian nabi Islam. Pertanyaannya adalah mengapa injil palsu Barnabas digunakan sebagai alat legitimasi? Mohon pencerahan saudara.

3. Menarik membaca poin ini. Bukankah tuduhan berasal dari Muslim yang menyatakan bahwa Injil saat ini tidak asli dan menyatakan injil palsu Barnabas sebagai yang asli? Karena itu, tanggung jawab untuk membuktikan ada pada Muslim, bukan pada Kristen. Harap tidak menggunakan logika jungkir balik.
~
Solihin
# pengamat 2017-03-28 10:14
~
Injil Barnabas ditulis oleh pengikut Yesus sendiri. Tidak ada yang gado-gado. Kamu hanya belum paham isinya saja. Kenapa dibilang mustahil naik perahu dari Galilea ke Nazareth? Bisa saja jaman dahulu ada sungai dari danau Galilea ke Nazareth? Bisa jadi sekarang sungainya mengering. Atau kamu salah dalam memahami bahasa Alkitab. Sebaiknya jangan terlalu cepat menyimpulkan sesuatu sebelum benar-benar paham.
# Staff Isa dan Islam 2017-03-29 15:37
~
Saudara Pengamat,

Adalah baik bila saudara dapat membuktikan pernyataan saudara bahwa penulis injil palsu Barnabas adalah pengikut Isa Al-Masih, sehingga saudara tidak sekedar berasumsi belaka. Bukankah kami telah memberikan pertanyaan tersebut untuk dijawab sesuai dengan data sejarah dan bukan asumsi belaka? Apa dasar saudara menyatakan bahwa penulis injil palsu Barnabas adalah Barnabas? Mohon dibuktikan dengan data sejarah.
~
Solihin