Ikuti Isa dan Islam di Facebook Ikuti Isa dan Islam di Tweeter

Sungguhkah Sholat Tahajud Membawa Orang Masuk Sorga?

Sholat“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji” (Qs. 17:79).

Arti  Sholat Tahajud

Sholat tahajud  dilaksanakan pada malam hari setelah tidur. Pelaksanaannya akan mempunyai nilai lebih jika dilaksanakan pada sepertiga malam yang akhir, kira-kira jam 1 malam sampai menjelang masuk subuh.

Umat Muslim percaya, sholat tahajud memiliki nilai yang tinggi di mata Allah.

Sholat Tahajud di Tanah Suci

Agar doa mudah dikabulkan, maka harus berdoa berdasarkan waktu dan tempat yang sudah ditentukan. Berdoa berdasarkan tempat, yang paling mustajab adalah saat orang berada di dua tanah suci, yaitu Masjidilharam, Mekah Al-Mukaramah dan di Masjid Nabawi, Madinah Al-Munawarah.

Nabi Muhammad Memerintahkan Sholat Tahajud

Sholat tahajud  dipercaya memiliki keistimewaan bagi kehidupan di dunia.  sholat ini mendatangkan kesehatan, mengharumkan bau tubuh, menjamin kebutuhan hidup. Selain itu juga bermanfaat untuk kebutuhan di akhirat.  Menurut kepercayaan, sholat ini menghapus dosa-dosa yang dilakukan siang hari, menghindarkannya dari kesepian di alam kubur, dan juga menjadi hiasan sorga.

Bahkan menurut hadist: Sahabat Abdullah bin Salam mengatakan, bahwa Nabi Muhammad telah bersabda : “Hai sekalian manusia, sebar-luaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah di waktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk sorga dengan selamat” (HR Tirmidzi).

Isa Al-Masih Mengajarkan Doa Yang Benar

Sekalipun pagi hari dan tempat yang sunyi dipilih Isa Al-Masih untuk berdoa. Namun hal itu bukan syarat agar doa dikabulkan. Isa Al-Masih tidak mempermasalahkan tata cara pengikut-Nya berdoa.  Juga tidak ada ketentuan waktu maupun tempat untuk berdoa.  Dan doa bukanlah sekedar pengucapan mantera yang diulang-ulang!

Isa Al-Masih mengatakan, "Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah yang benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran" (Injil, Rasul Besar Yohanes 4:23). Isa Al-Masih mengajarkan doa yang benar. Doa ini berkaitan dengan perkara rohani yang berasal dari dalam hati, bukan hal jasmani yang kasat mata.

Percaya Isa Al-Masih Masuk Sorga

Allah tidak memerintahkan seseorang sholat tahajud agar dapat masuk sorga. Allah menghendaki agar setiap orang percaya kepada Isa Al-Masih sebagai Juruselamatnya.  Hanya dengan jalan itu orang tersebut dapat memperoleh hidup kekal di sorga. ”Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya [Kalimat Allah] yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).


[Staff Isa dan Islam – Telah disiapkan bagi Saudara Doa Keselamatan yang dapat Saudara ucapkan, jika ingin diselamatkan oleh Isa Al-Masih.  Bergabunglah dalam page kami: Diskusi Antar Agama]


Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Berhubung banyak komentar yang masih belum kami balas, untuk sementara komentar tidak diterima.

Comments  

# al 2011-08-22 13:11
*
"Dan Kami berikan kepada mereka keterangan-kete rangan yang nyata tentang urusan (agama); Maka mereka tidak berselisih melainkan sesudah datang kepada mereka pengetahuan karena kedengkian yang ada di antara mereka. Sesungguhnya Tuhanmu akan memutuskan antara mereka pada hari kiamat terhadap apa yang mereka selalu berselisih padanya." (Qs 45:17)
# mikeal 2011-08-23 01:34
*
"Seutama-utama puasa setelah Ramadan ialah puasa di bulan Muharram dan seutama-utama shalat sesudah shalat Fardlu, ialah shalat malam (tahajud)" (hadits Muslim 14.190/1982)

"Orang yang membantu para janda dan orang-orang miskin seperti orang yang berjihad dijalan Allah atau seperti orang yang selalu berpuasa siang harinya dan selalu shalat malam pada malam harinya."
(Hadits Bukhori 58.35/5547)
# bejo 2011-09-02 23:42
Quoting Staff Isa dan Islam:
~
Saudara Kumbang,
Justru pengikut Isa Al-Masih adalah orang-orang mulia di atas orang kafir sebagaimana dijelaskan dalam Qs 3: 55.
~
NN


Staf IDI, kalau hanya mengutip Qs 3:55, maka saudara salah mengartikan ayat tersebut. Saudara harus mengutip dengan melihat konteks ayat sebelumnya yaitu Qs 3:51, “Isa berkata: Sesungguhnya Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus".

Qs 3:51 mengatakan bahwa umat Isa harus menyembah Allah. Tetapi banyak mereka tidak menyembah Allah sebagaimana dijelaskan di Qs 3:52. Dalam ayat ini ada kata minhumulkufro. Artinya mereka ingkar menyembah Allah, berarti kafir. Pada akhir ayat tersebut ada kata muslimum (kata jamak untuk muslim) untuk menyebut pengikut Isa yang menyembah Allah.

Jadi, kafir dalam Qs 3:55 itu merujuk kepada mereka yang menyembah selain Allah, termasuk umat Kristiani
# abduh 2011-09-02 23:51
Quoting Staff Isa dan Islam:
~
Saudara Abduh,
Bahkan nabi saudara sendiri dalam Qs 46:9 tidak tahu keadaanya kelak”
~
NN

Staf IDI selalu mengartikan ayat semaunya sendiri.

"Aku bukanlah rasul yang pertama di antara rasul-rasul dan aku tidak mengetahui apa yang akan diperbuat terhadapku dan tidak (pula) terhadapmu. Aku tidak lain hanyalah mengikuti apa yang diwahyukan kepadaku dan aku tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan".(Qs 46:9)

Ayat ini berarti tugas Nabi Muhammad sama seperti tugas rasul sebelumnya yaitu hanya memberi peringatan (Qs 6:48) dan setiap apa yang disampaikan rasul adalah wahyu Allah.

Siapa yang mengikuti rasul masuk surga dan sebaliknya masuk neraka.
# dokter 2011-09-04 04:01
*
Lihatlah Injil, surat Efesus 2:8-9 "Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.”

Tanya admin, pemberian Allah atau Tuhan Yesus atau Roh Kudus?
# padrizaghanus 2011-09-20 10:15
*
Kita harus kembali kepada persoalan shalat tahajud seperti artikel di atas karena kita umat Islam harus menjelaskan yang sebenarnya setiap persoalan yang dipermasalahkan.

Shalat tahajud hanyalah satu cabang ibadah dalam Islam, dari segi hukum fekah hukumnya sunat yaitu mendapat pahala, tidak melaksanakan tidak dosa.
Shalat tahajud dan puluhan ibadah lain adalah jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Apa pun setiap amal ibadah mempunyai kelebihan tersendiri. Setiap umat Islam jika mengetahui tentang kelebihannya pasti tidak akan mengabaikan ibadah shalat tahajud ini.
# aki aki super 2011-11-03 12:04
*
Seseorang untuk dapat masuk surga bukan ditentukan oleh ibadah dan amal baiknya, tetapi karena Rahmat dan ampunan dari Allah. Sebenarnya tujuan kita hidup di dunia ini adalah beribadah dengan benar dan berbuat baik sebanyak-banyak nya, setelah itu kita pasrahkan kepada Sang Maha Pencipta, ha silnya surga/neraka bukan urusan manusia.

Jika manusia ingin selamat dunia akhirat, ikutilah ajaran/petunjuk yang telah diwahyukan kepada para utusan-Nya.
# jagona 2011-12-13 16:40
*
Pada dasarnya kita berkomentar hanya ingin memperingatkan kalian agar segera bertobat kepada Allah. Kalaupun anda bersikukuh mempercayai Yesus Kristus sebagai Tuhan dan menjamin kalian masuk surga, silakan saja.

Memang dalam Islam tidak ada jamin-menjamin masuk surga, kecuali diri kita sendiri yang menentukan mau menjadi penduduk surga atau mau menjadi penduduk neraka. Al-Quran yang disampaikan Muhammad hanyalah petunjuk agar kita berhasil menjadi manusia di akhirat nanti. Muhammad tidak bisa menjamin seseorang masuk surga, beliau hanya meyampaikan petunjuk bagaimana untuk menjadi penduduk surga.
# raisya 2012-08-21 21:38
*
Kalau kalian meributkan sholat tahajud, maka saya akan meributkan tentang Yesus yang menyuruh hanya menyembah kepada Allah.

“Maka berkatalah Yesus kepadanya :”Enyahlah Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya Dia sajalah engkau berbakti!” (Injil Matius 4:10).
# Staff Isa dan Islam 2012-08-23 11:04
~
Saudara Raisya,

Forum ini tujuannya bukan untuk meributkan sesuatu, tetapi untuk mendiskusikan. Nah, bila menurut saudara apa yang dijelaskan tentang sholat tahajud di atas ada yang tidak benar, atau saudara mempunyai tanggapan, silakan saudara memberi komentar. Itulah yang disebut dengan diskusi.

Tentang Yesus yang saudara tanyakan, kami telah membuat satu artikel yang dapat membantu saudara untuk menemukan jawabannya. Siapakah sebenarnya Yesus itu?

Silakan saudara membaca penjelasan kami pada artikel di link ini: http://tinyurl.com/c4phapd.
~
SO
# frans 2012-12-11 12:48
*
Dari sepanjang saya membaca artikel + komentar yang ada, tibalah pada satu kesimpulan saya:

1. Sholat tahajud yang diperbincangkan memang benar perintah Muhammad, dan saya lihat tidak ada satupun komentar dari saudara saudara Muslim yang membantahnya.

2. Saudara-saudara Muslim dalam beribadah terlalu mementingkan sikap-sikap dan aturan-aturan jasmani. Sikap tubuh, gerakan tangan, pakaian, arah bersembahyang dll. Dan sekali lagi ini merupakan perintah Muhammad, dan saya lihat tidak ada satupun komentar dari saudara saudara Muslim yang membantahnya.

3. Dari pokok pikiran yang saling berkaitan di atas saya selalu mendapati jawaban / alibi yang sama yaitu: "hal ini sudah benar, ini wajib hukumnya."

To Admin dan semua saudara-saudara Muslim, apakah ada ayat Al-Quran yang berkaitan dengan topik artikel yang berbunyi: “Allah berkata.......” atau “Kata Allah terhadap Muhammad …..”

Jujur saya penasaran tentang hal ini.
# Staff Isa dan Islam 2012-12-13 12:21
~
Saudara Frans,

Terimakasih untuk komentar dan kesimpulan yang saudara berikan. Kami setuju dengan kesimpulan saudara, sebab demikianlah pandangan kami mengenai sholat tahajud dan sikap teman-teman Muslim ketika beribadah dan pandangan mereka mengenai beribadah.

Mengenai pertanyaan saudara, kami mempersilakan teman-teman Muslim untuk menjawabnya.
~
SO