Ikuti Isa dan Islam di Facebook Ikuti Isa dan Islam di Tweeter

Umat Islam - Injil Barnabas Palsu, Jangan Dipercaya!

gospel-barnabasSuatu hari teman saya seorang Muslim berkata:“Nabi Muhammad adalah nabi terakhir yang telah dinubuatkan oleh Nabi Isa. Hal itu tertulis dalam Injil Barnabas.” Lalu saya bertanya kepadanya, “Apakah kamu sudah pernah membaca atau melihat Injil Barnabas?” Dia menjawab, “Tidak pernah!" Tapi seluruh umat Muslim tahu bahwa dalam Injil Barnabas, Nabi Isa mengatakan akan ada nabi yang bernama Ahmad, yaitu Muhammad.”

Saya bisa memahaminya. Umat Muslim sering menggunakan Injil Barnabas untuk membela kenabian junjungan mereka.

Pertanyaan yang patut direnungkan: Apakah hanya karena ada ayat yang menyatakan kenabian Muhammad, lalu kitab tersebut layak dipercaya tanpa terlebih dahulu memeriksa kebenarannya? Bagaimana dengan ayat-ayat lain di “Injil” Barnabas yang tidak sejalan dengan Al-Quran. Apakah umat Muslim juga bisa mempercayainya?

Penulis Injil Barnabas

Banyak yang berprasangka Injil Barnabas ditulis oleh salah seorang murid Yesus yang bernama Barnabas. Pandangan ini jelas salah. Injil Barnabas ditulis oleh Mustafa de Arande. Ia seorang Muslim Arab berkebangsaan Spanyol, hidup sekitar tahun 1500.

Mustafa de Arande tidak menguasai geografi Israel. Juga kurang memahami adat-istiadat dan budaya abad pertama. Ketidak-tahuannya tentang geografi Israel, terlihat dari isi kitabnya yang mengatakan bahwa, “Yesus berlayar dari danau Galilea ke Nazaret” (Pasal 20-21).

Bila kita melihat dalam peta, Nazaret adalah kota daratan. Letaknya 25 kilometer dari danau Galilea, 320 meter di atas permukaan laut. Tidak mungkin Yesus dapat berlayar dari danau Galilea ke Nazaret.

Selain itu dia juga menuliskan bahwa Yesus lahir pada zaman pemerintahan Pontius Pilatus. Pontius Pilatus memerintah di tanah Palestina 26-36 Masehi.  Isa Al-Masih lahir antara 3 sampai 6 tahun Masehi. Alkitab menuliskan Pontius Pilatus berkuasa 20 tahun sesudah kelahiran Yesus. Selain tidak menguasai geografi Israel, Mustafa de Arande, pengarang Injil Barnabas, juga kurang memahami sejarah pada abad pertama.

Kesalahan-kesalahan Isi Injil Barnabas

Sebenarnya, andai saja umat Muslim mau membuka diri dan melihat keseluruhan isi dari “Injil” Barnabas, mereka akan menemukan cukup banyak kesalahan dalam kitab tersebut. Bukan hanya menurut perspektif ajaran Alkitab, tetapi juga Al-Quran.

Di bawah ini kami mencoba menjabarkan beberapa kesalahan fatal dari Injil Barnabas. Kiranya ini membuka pikiran para pembaca agar berpikir ulang, apakah kitab tersebut layak diimani.

  1. “Muhammad adalah Mesias, dan Isa selalu menyangkal bahwa Ia bukan Mesias” (Injil Barnabas, Pasal 3, 42, 82).
    Sepertinya penulis Injil Barnabas tidak tahu bahwa arti “Mesias” dan “Kristus” adalah sama, yaitu “yang diurapi.”  Dalam kitabnya Mustafa de Arande menyebut Yesus dengan sebutan Yesus Kristus (Mesias). Tetapi di beberapa ayat, dia mengatakan bahwa Mesias adalah Muhammad, bukan Yesus.
    Sementara Muhammad sendiri tidak pernah mengaku sebagai Mesias. Juga tidak satupun ayat Al-Quran menyebut Muhammad sebagai Mesias. Sebaliknya Nabi Islam dalam Al-Quran berulang kali menyebut “Al-Masih” (Mesias) kepada Isa, Putera Maryam. Umat Muslim perlu bertanya pada diri sendiri, apakah Al-Quran benar atau Mustafa de Arande, pengarang “Injil”   Barnabas yang benar?
  2. Mustafa de Arande juga mengatakan pada masa itu penyimpanan anggur menggunakan tong kayu (barrel). Faktanya: Pada abad ke-1, orang menyimpan anggur di kantong kulit. Tong kayu (barrel) baru dibuat setelah abad ke-4. Hal ini membuktikan bahwa penulis “Injil” Barnabas tidak mengerti arkheologi abad pertama.
  3. Penulis menggunakan mata uang dan penukaran yang salah.
    Menurutnya: 1 keping emas = 60 keping perunggu. Yang benar adalah: 1 keping emas = 3200 keping perunggu. Atau 1 keping perak = 128 keping perunggu.
  4. Di Pasal 119 “Injil” Barnabas dituliskan: Yesus berkata bahwa gula dan emas diperjual-belikan.Padahal di abad pertama, madu adalah bahan pemanis utama. Gula baru dipakai sebagai alat pemanis dan diperdagangkan di abad ke-6.

Fakta Para Ahli Arkeologi

Pada tanggal 23 Februari 2012, banyak berita media masa yang mengatakan ditemukan Injil berumur 1500 tahun di Turki. Dalam Injil tersebut Yesus memprediksi kedatangan Muhammad. Berita ini diawali oleh tulisan di Media Masa Turki, yang menyatakan bahwa Menteri Kebudayaan Turki Ertugrul Gunay menyatakan hal yang sama.

Sehari setelah berita itu keluar, hanya dengan melihat foto-foto yang ada di media masa tersebut, para ahli bahasa dan arkeologi langsung melihat beberapa keanehan. Yaitu:

  1. Kitab itu ditulis dengan bahasa Syria modern, bukan bahasa Aramaic kuno. Ini adalah dua bahasa yang sangat berbeda. Bahasa Syria modern distandarisasi di tahun 1840, bukan 1500 tahun yang lalu.
  2. Beberapa kata langsung terlihat memiliki kesalahan ejaan dan ada beberapa kata yang menggambarkan jaman yang lumayan modern.
  3. Dan yang paling penting, ada tulisan yang berarti "ditulis pada tahun 1500 Tuhan Kita (Masehi)" di bagian bawah buku itu. Dan diperkirakan bahwa “Injil” Barnabas ini ditulis sekitar tahun 1585.

Menteri Turki Salah Menilai Manuskrip Injil Barnabas

Dengan berpatokan pada bukti-bukti di atas, para ahli arkeologi menyatakan injil tersebut palsu. Pada tanggal 28 Februari 2012, satu minggu setelah pernyataannya, Menteri Kebudayaan Turki menarik kembali statementnya mengenai kitab ini. Lalu mengeluarkan kitab tersebut dari Museum Ankara.

Isa Al-Masih, Mesias Yang Dijanjikan

Dari berbagai bukti yang sudah dijabarkan di atas, sangat jelas “Injil” Barnabas adalah “Injil” palsu!

Injil yang sesungguhnya bukan saja berbicara tentang Pribadi Isa Al-Masih.  Lebih dari itu,  ia berbicara tentang apa yang dilakukan Isa Al-Masih bagi manusia.

Isa Al-Masih adalah Kalimat Allah yang menjelma menjadi manusia. Datang untuk memberikan nyawa-Nya sebagai korban tebusan bagi banyak orang. “Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang" (Injil, Rasul Besar Markus 10:45).

Kedatangan, kematian dan kebangkitan-Nya telah dinubuatkan sebelum Dia lahir. Lebih dari tujuh ratus tahun sebelumnya seorang nabi besar bernama Yesaya telah menubuatkan hal itu (Kitab Nabi Besar Yesaya 52-53).  Dan Kitab Suci Injil Allah telah menggenapinya.

Intisari Injil Allah

Maka, Injil asli adalah Injil yang menyatakan bahwa Isa Al-Masih telah mati, dikuburkan dan dibangkitkan pada hari yang ketiga untuk menebus manusia dari perbudakan dosa (Injil, Surat 1 Korintus 15:3-4).

Hal ini hanya tertulis di Kitab Allah. Maka setiap kitab yang tidak menceritakan kabar baik ini, dapat dikatakan bukan Injil Allah.

Fokus pertanyaan untuk dijawab pembaca

Staff IDI mengharapkan komentar dari para pembaca. Kiranya komentar yang diberikan hanya menanggapi pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Apakah ada alasan mengapa orang Mukmin atau Kristen perlu memperhatikan atau percaya kepada Injil Barnabas?
  2. Mengapa orang-orang Islam masih percaya pada Injil Barnabas yang jelas palsu?
  3. Bagaimana cara menolong orang-orang, terutama guru-guru agama, agar tidak mendukung  “Injil” Barnabas yang jelas palsu ini?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk komentar atau pertanyaan yang berbeda, silakan kirim lewat email ke staf kami di: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..

Demikian, kami harap diskusi kita akan menjadi semakin terarah dan tidak keluar dari topik artikel.

 

[Staf Isa dan Islam – Telah dinubuatkan Nabi Besar Yesaya bahwa Al-Masih akan datang untuk memberi jaminan keselamatan bagi manusia. Rindukah saudara menerima 'Jaminan' tersebut? Artikel tentang Jaminan Keselamatan berikut dapat membantu saudara mendapatkannya.]

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari 3 pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir artikel. Kecuali beberapa artikel yang tidak memuat 3 pertanyaan fokus.
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# ferry 2013-06-10 10:29
*
Saya setuju Injil Barnabas palsu. Bukti-bukti yang dikemukakan staff sangat otentik.
# kumbang 2013-06-10 10:35
*
Injil Barnabas cocok dengan nubuat Nabi Muhammad dalam Injil dan Al-Quran. “Seperti Musa yang dikenal TUHAN dengan berhadapan muka, tidak ada lagi nabi yang bangkit di antara orang Israel” (ulangan 34:10).

“Sebab itu, Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu” (Matius 21:43)

“Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu” (Yohanes 16:7)

Dan (ingatlah) ketika 'Isa ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad) (Qs 61:6)
# Staff Isa dan Islam 2013-06-11 22:05
~
Saudara Kumbang,

Memang benar dalam Injil Barnabas ada ayat yang katanya Yesus berkata bahwa akan ada nabi setelah Dia yang bernama Ahmad. Bila saudara mempercayai ayat tersebut, maka seharusnya saudara juga mempercayai seluruh ayat-ayat yang ada dalam Injil Barnabas. Sebab tidak mungkin saudara hanya mengakui ayat-ayat tertentu saja, bukan?

Nah, bila memang saudara mempercayai Injil Barnabas sebagai Injil yang asli atau Injil yang benar, maka saudara telah menyangkal Al-Quran.

Pertanyaan kami: Apakah saudara mengimani Al-Quran atau Injil Barnabas?

Mengenai ayat-ayat Injil yang saudara kutip di atas, tidak satu pun ayat tersebut bicara tentang Muhammad. Tapi, kita tidak perlu membahas tentang nubuat-nubuat tersebut. Silakan jawab dulu pertanyaan kami tentang Injil Barnabas di atas.
~
SO
# diego 2013-06-10 11:00
*
To: Kumbang, apakah anda mengimani Injil Barnabas?
# moer 2013-06-10 11:53
*
Di topik yang tidak ada hubungan dengan Injil Barnabas, teman-teman Muslim terika-teriak Injil Barnabas. Dikasih kesempatan membahas Injil Barnabas, loncat lagi bahas lainnya. Sungguh pusing saya melihat kelakuan teman-teman Muslim. Begitu sulitnyakah menerima kebenaran?
# JuLita Manik 2013-06-10 13:50
*
Injil Barnabas memang injil palsu. Walaupun dulu saya belum bertobat, saya merasa tidak nyaman dengan injil itu, pokoknya sangat bertentangan dengan Alkitab.
# ishoma 2013-06-10 16:48
*
Sdr. Kumbang,

Injil Barnabas yang sering dipakai untuk mendukung kenabian Muhammad terbukti palsu, jika kitab itu palsu, maka segala isinya palsu.

Sekarang anda pakai ayat dari Alkitab, saya tanya dulu, menurut anda Alkitab itu asli atau palsu?
# garapasir 2013-06-10 17:09
*
Maaf Sdr. Diego,

Sebelumnya sudah saya katakan bahwa untuk kitab Injil Barnabas, kami belum bisa meyimpulkan apakah kitab itu asli atau palsu. Tapi kami yakin seyakin-yakinny a bahwa, Isa dan Muhammad adalah utusan Allah.

Kenapa kami berkeyakinan seperti itu, karena kami yakin atas kitab Al-Quran, dan juga Injil, yang walaupun keasliannya hanya 18% (banyak direvisi dan diubah-ubah).
# Staff Isa dan Islam 2013-06-11 22:10
~
Saudara Garapasir,

Sah-sah saja saudara mengimani bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Sayangnya, kitab-kitab sebelumnya tidak pernah bicara tentang kenabian Muhammad. Bahkan bukti kenabian berupa mujizatpun dia tidak punya.

Kitab Injil Barnabas yang sering digunakan umat Muslim sebagai pembenaran kenabian Muhammad, juga ternyata adalah palsu. Selain itu juga ajaran Muhammad banyak yang bertentangan dengan ajaran nabi sebelumnya.

Kami maklum bila saudara tidak dapat menyimpulkan apakah Injil Barnabas palsu atau tidak. Sebab, mengutip ayat Al-Quran pun saudara masih salah. Silakan cek lagi Al-Quran saudara, apakah benar isi Surah Al-Kafirun ayat 5 “Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.”

Saran kami untuk Sdr. Garapasir, ada baiknya saudara mempelajari kitab saudara dan juga membaca Injil. Agar saudara menemukan kebenaran yang sejati dari Allah.
~
SO
# diego 2013-06-10 19:36
*
Sebenarnya rekan-rekan Muslim tahu dan sadar bahwa Injil Barnabas itu sendiri palsu. Hanya saja mereka tidak mau jujur. Sebab jika mereka menganggap Injil Barnabas itu benar, maka akan bertentangan sendiri dengan Al-Quran, tetapi jika mereka menganggap palsu, maka tidak ada nubuatan tentang Muhammad.
# Matjain 2013-06-11 00:13
*
Sebenarnya orang Islam sudah tidak percaya dengan Injil Barnabas karena isinya bertentangan dengan Al-Quran. Tapi karena ada kabar yang menyenangkan telinganya, maka dipaksa juga untuk percaya saja (yang penting ada ayat yang bisa dipakai untuk menyerang Kristen).
# dedePendi 2013-06-11 08:22
*
Injil Barnabas menunjukan kebenaran tentang Muhammad, jadi ikuti ajaran Muhammad.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-11 22:11
~
Saudara Dede Pendi,

Dalam hal apakah Injil Barnabas menunjukan kebenaran tentang Muhammad?

Menurut Injil Barnabas, yang disebut Mesias itu adalah Muhammad. Sedangkan menurut Al-Quran, Isa Al-Masih adalah Mesias.

Nah, menurut saudara Dede, manakah dari dua pernyataan di atas yang benar. Injil Barnabas atau Al-Quran?
~
SO
# mengasihi 2013-06-11 08:48
*
Shalom,

Kalau boleh saran masukan buat saudara kami kasihi kaum Muslimin, kalau kalian tidak mengerti tentang Alkitab, lebih baik bertanya dari pada jadi senjata buat menyerang, tapi tidak jelas menyerangnya. Akibatnya banyak bicara sendikit tahu.

Satu hal lagi, agama itu buah cipta manusia bukan Tuhan. Sekarang siapa yang bisa membuktikan dengan agamannya dia bisa naik dan turun surga. Jadi berpikirlah terbuka. Maaf kalau ada kata-kata yang salah.
# Hudono Mulyana 2013-06-11 09:07
*
Saya juga sempat berpikir dan sempat percaya kalau Injil edit Barnabas ditulis oleh murid Yesus juga. Walaupun dalam pembelaan diri saya, si Barnabas adalah murid penghianat seperti Yudas.

Setelah membaca ini saya jadi tahu kalau Injil tersebut dibuat oleh orang Spanyol beragama Musllim, yang dibuat 1500 tahun setelah Injil yang seberarnya. Jadi benar-benar Injil edit Barnabas benar-benar Injil Palsu.
# Mirdawaty 2013-06-11 10:17
*
Sejujurnya kami tidak peduli Injil Barnabas, dalam keyakinan kami bahwa pedoman hidup adalah Al-Quran dan hadis. Jadi sebenarnya untuk apa kita berdebat. Yang Kristen tetap meyakinkan Injil yang dipake sekarang. Kerjaan si admin hanya mengadu-domba saja sebenarnya.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-11 22:11
~
Saudara Mirdawaty,

Mungkin saudara bisa tidak perduli dengan Injil Barnabas. Tetapi tidak dengan umat Muslim lainnya. Umat Muslim sering menggunakan Injil Barnabas untuk membela nabi mereka juga menyerang iman kekristenan. Bahkan di situs ini tidak sedikit komentar-koment ar dari teman-teman Muslim yang mengutip Injil Barnabas. Mungkin saudara juga pernah mengutip Injil Barnabas?

Artikel ini dibuat bukan untuk mengadu-domba. Tetapi untuk menunjukkan bahwa inilah kebenarannya, agar umat Muslim tahu ternyata Injil Barnabas itu palsu. Apakah menunjukkan kebenaran dapat disebut sebagai mengadu-domba?
~
SO
# Isa Al-Masih 2013-06-11 10:40
*
Staf IDI,

Bukan hanya Injil Barnabas yang palsu, Injil Kanonik pun juga palsu karena bertentangan dengan Al-Quran.

Bagian dari Ayat-ayat Injil Barnabas yang isinya tidak bertentangan dengan Al-Quran, kami sebagai umat Muslim mengimaninya, namun apabila ada bagian-bagian dari Injil Barnabas yang bertentangan dengan Al-Quran, maka tidak kami imani dan kami anggap palsu. Begitu jugalah cara kami mengimani Kitab Injil Kanonik.

Tidak ada kitab suci yang benar dan asli firman Allah yang sekarang ini selain daripada Al-Quran, kitab kebenaran dan kitab pembimbing menuju jalan keselamatan dunia dan akhirat.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-11 22:12
~
Saudara Isa Al-Masih,

Sudah cukup sering saudara mengatakan Injil palsu. Dan sesering itu juga kami minta agar saudara dapat membuktikan kepalsuan tersebut. Tapi tak sekalipun saudara dapat membuktikannya. Jadi, sebenarnya mana yang benar menurut saudara. Palsu atau tidak?

Saudara Isa Al-Masih, ketika saudara mengatakan mengimani satu kitab, maka saudara harus mengimani seluruh isi kitab tersebut. Saudara tidak dapat memilih mana ayat yang saudara suka dan membuang ayat yang tidak saudara senangi.

Ketika saudara mengatakan Injil Barnabas palsu, apapun isi dari kitab tersebut, maka semua adalah palsu. Itulah yang dinamakan mengimani.

Ataukah saudara takut mengatakan Injil Barnabas palsu, karena akan menggugurkan kenabian Muhammad?
~
SO
# Hudono Mulyana 2013-06-11 11:12
*
Buat saudara/i Muslimin, tolong dibaca lengkap artikel di atas kalau Injil Barnabas dibuat tahun 1500 M. Jadi Injil itu dibuat seorang Muslim yang jelas isinya ngawur. Tolong sadarlah. Yesus mengasihi kalian.
# moer 2013-06-11 11:13
*
Quoting Isa Al-Masih:
IDI,
Bukan hanya Injil Barnabas yang palsu, Injil Kanonik pun juga palsu karena bertentangan dengan Al-Qur'an.
Bagian dari Ayat-ayat Injil Barnabas yang isinya tidak bertentangan dengan Al-Qur'an, kami sebagai umat Muslim mengimaninya, namun apabila ada bagian-bagian dari Injil Barnabas yang bertentangan dengan Al-Qur'an, maka tidak kami imani dan kami anggap palsu. Begitu jugalah cara kami mengimani Kitab Injil Kanonik.
Tidak ada kitab suci yang benar dan asli firman Allah yang sekarang ini selain daripada Al-Qur'an, kitab kebenaran dan kitab pembimbing menuju jalan keselamatan dunia dan akhirat.

Jadi sejauh ini pembelaan Sdr. Isa Al-Masih kurang lebih demikian. Al-Quran pasti benar karena tertulis dalam Al-Quran bahwa Al-Quran pasti benar.

Sdr Isa Al-Masih seteju dengan pernyataan saya?
# Staff Isa dan Islam 2013-06-11 20:33
~
Staff IDI mengharapkan komentar dari para pembaca. Kiranya komentar yang diberikan hanya menanggapi pertanyaan-pert anyaan berikut ini:

1. Apakah ada alasan mengapa orang Mukmin atau Kristen perlu memperhatikan atau percaya kepada Injil Barnabas?

2. Mengapa orang-orang Islam masih percaya pada Injil Barnabas yang jelas palsu?

3. Bagaimana cara menolong orang-orang, terutama guru-guru agama, agar tidak mendukung “Injil” Barnabas yang jelas palsu ini?

Maaf karena komentar di luar topik tersebut akan kami hapus. Atau silakan saudara mengirimkannya langsung ke staf kami lewat email ke: .
~
SO
# Anti-kristus 2013-06-12 04:29
*
Inti topik yang ditulis di sini saya kira adalah ''Injil Barnabas palsu'' dan jangan dipercaya.

Menurut saya, kalau mau bilang palsu jangan cuma Injil Barnabas saja yang difonis palsu. Injil-Injil yang lain juga palsu. Yang membuktikan bahwa Injil palsu adalah Dr. Robert W. Funk prof, ilmu Perjanjian Baru di univ, Harvard bersama 74 pakar Alkitab lainnya. Mereka membuktikan bahwa hanya 18% ucapan Yesus dalam Alkitab yang dianggap asli.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-12 21:32
~
Saudara Anti-Kristus,

Ketika Injil Barnabas dinyatakan palsu, seluruh dunia mengakuinya. Dan seluruh kekristenan bahkan pakar Islam mengakui kepalsuan kitab tersebut. Itu artinya bahwa Injil Barnabas benar-benar palsu.

Ketika saudara dan umat Muslim lain mengatakan Injil-Injil lain juga palsu, apakah dunia mengakuinya? Jelas tidak! Mengapa? Karena orang-orang yang mencoba menyelidiki Alkitab, mereka tidak menemukan informasi yang dapat membenarkan bahwa Alkitab benar-benar palsu.

Itulah perbedaan Injil Barnabas dengan Alkitab. Kecuali bila saudara dapat membuktikan bahwa Alkitab benar-benar palsu, kita dapat membahasnya di forum ini.
~
SO
# embun 2013-06-12 07:20
*
Kalau Injil Barnabas dinilai palsu, mari kita cermati Injil PL dan PB yang sekarang.

Kejadian 3:9 “Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: "Di manakah engkau?"

Kejadian 3:11 “Firman-Nya: "Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?"

Kejadian 4:9 “Firman TUHAN kepada Kain: "Di mana Habel, adikmu itu?" Jawabnya: "Aku tidak tahu! Apakah aku penjaga adikku?"

Ayat-ayat ini "Firman Tuhan" atau Dogma = Dongeng masa lalu?

Tuhan seharusnya Maha Mengetahui, mengapa pada ayat tersebut "Tuhan tidak tahu?"
# Staff Isa dan Islam 2013-06-12 21:32
~
Saudara Embun,

Bila saudara ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan saudara di atas, silakan saudara membaca ayat tersebut full dalam satu perikop. Baca secara berurutan, jangan hanya mengartikan satu ayat saja. Dengan demikian maka saudara akan paham mengapa Allah berkata demikian.

Satu hal, ayat-ayat Alkitab disusun secara sistematis. Dimulai dari awal mula Penciptaan dan ditutup pada hari Penghakiman. Sehingga ketika mengartikan satu ayat, saudara perlu melihat ayat sebelum dan sesudahnya.

Berbeda dengan Al-Quran, yang sepengetahuan kami penyusunannya tidak secara sistematis. Juga ayat-ayat Al-Quran berdiri sendiri. Alhasil, tidak sedikit ayat Al-Quran yang tumpang-tindih.
~
SO
# ishoma 2013-06-12 08:20
*
Sdr. Embun,

Jadi menurut anda Injil Barnabas itu asli atau palsu? Pertanyaan ini tidak pernah berani dijawab dengan tegas oleh teman-teman Muslim.
# ishoma 2013-06-12 18:27
*
Kebanyakan orang Islam ketika ditanya tentang Al-Quran menjawab berdasarkan Injil Barnabas. Tetapi jika ditanya menurut Islam apakah injil Barnabas itu asli atau palsu, akan menjawab berdasarkan Konsili Nicea.

Jadi, tidak bisa fokus dalam menjawab. Sedangkan umat Kristen tidak pernah setengah-seteng ah dalam menjawab bahwa Injil Barnabas adalah palsu dan Al-Quran bukan firman Allah. Jadi jelas dan tegas.
# katolik sejati 2013-06-12 20:23
*
Sangat jelas Katolik dan Kristen tidak mengimani Injil Barnabas, karena injil tersebut palsu dan bertentangan dengan ajaran Isa Al-Masih.

Bagi umat Muslim, ketika Anda mengetahui semua isi Injil Barnabas, dan mengetaui ada ayat yang tak sesuai dengan Al-Quran, apakah Anda juga akan menyatakan bahwa Injil Barnabas palsu? Sementara itu ada ayat dalam Injil Barnabas yang menyatakan nubuatan tentang Nabi Muhammad. Menjadi pertanyaan, dimanakah letak kesungguhan hati Anda untuk beriman kepada kebenaran dari Allah?

Jika Nabi Muhammad telah dinubuatkan, mengapa di Injil kanonik tidak ada satu ayat pun yang menyatakan kenabian Muhammad? Cobalah mempelajari Injil kanonik dengan hati yang bersih, Anda akan menemukan kebenaran. Sebab Isa Al-Masih bukan hanya sebagai " jalan ", tetapi Dia-lah yang benar dan memberikan kehidupan. Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku (Injil Yohanes14:6).
# Staff Isa dan Islam 2013-06-12 21:35
~
Staff IDI mengharapkan komentar dari para pembaca. Kiranya komentar yang diberikan hanya menanggapi pertanyaan-pert anyaan berikut ini:

1. Apakah ada alasan mengapa orang Mukmin atau Kristen perlu memperhatikan atau percaya kepada Injil Barnabas?

2. Mengapa orang-orang Islam masih percaya pada Injil Barnabas yang jelas palsu?

3. Bagaimana cara menolong orang-orang, terutama guru-guru agama, agar tidak mendukung “Injil” Barnabas yang jelas palsu ini?

Maaf bila kami terpaksa menghapus komentar yang diluar topik tersebut.
~
SO
# Rojo Poso 2013-06-13 08:44
*
Sebagai seorang Muslim saya sudah merasa cukup dengan meyakini kebenaran Al-Quran. Saya tidak memerlukan Injil Barnabas untuk mendukung keyakinan saya. Jadi mau Injil Barnabas asli atau palsu, tidak ada pengaruhnya bagi keyakinan saya.

Thank's
# Staff Isa dan Islam 2013-06-14 10:10
~
Saudara Rojo Poso,

Terimakasih untuk komentar saudara. Kami menghargai keyakinan yang saudara imani. Artikel ini kami buat untuk menjawab pertanyaan yang selama ini sering diajukan oleh teman Muslim. Tidak sedikit teman Muslim mengutip isi Injil Barnabas untuk menyerang iman kekristenan dan membenarkan klaim tentang nubuat kenabian Muhammad.

Lewat artikel ini kami ingin menegaskan, bahwa Injil Barnabas adalah Injil palsu yang tidak layak untuk diimani. Injil asli adalah Injil yang menyatakan bahwa Isa Al-Masih telah mati, dikuburkan dan dibangkitkan pada hari yang ketiga untuk menebus manusia dari perbudakan dosa (Injil, Surat 1 Korintus 15:3-4).

Hal ini hanya tertulis di Kitab Allah. Maka setiap kitab yang tidak menceritakan kabar baik ini, dapat dikatakan bukan Injil Allah.
~
SO
# vanhoteen 2013-06-13 10:16
*
Sdr Ferry benar. Di injil Matius, tidak pernah di ajarkan sholat dan harus menggunakan bahasa arab. Saya setuju bahwa injil Barnabas adalah palsu, seperti halnya Islam yang menyakini bahwa nabi-nabi yang tertulis dalam Al-Quran sudah beragama Islam. Sepengetahuan kita, Islam adalah ajaran yang disampaikan oleh Nabi Muhammad, karena itu Islam ada setelah Nabi Muhammad. Jadi, bagaimana mungkin Nabi Ibrahim (Abraham) sudah beragama Islam?
# tuxer 2013-06-13 13:12
*
To: Tmbun,

Jika Injil Barnabas palsu, Anda akui saja tanpa perlu mengusik Injil asli yang ada sekarang karena tidak ada hubungannya dengan Injil Barnabas.
# pejalan kaki 2013-06-13 14:32
*
Selamat pagi teman teman semua. Saya di sini hanya lewat dan ingin mengutarakan pendapat saya. Saya pribadi baru mengetahui tentang Injil Barnabas ini. Dan saya tidak tahu isinya. Yang saya pegang teguh adalah Al-Quran. Yang didalamnya lengkap membahas tentang kebenaran.

Saya tegaskan lagi, Islam mengajarkan untuk percaya hanya dengan Al-Quran. Sudah. Cukup Al-Quran. Jadi ketika ada umat Muslim yang percaya Injil Barnabas dan mengutip ayatnya untuk melawan Kristen, sesungguhnya setan punya berbagai cara untuk menyesatkan manusia. Umat Kristen pasti tau Lucifer kan.

Nah saran saya marilah kita kembali masing-masing. Kristen dengan ibadahnya. Kami umat Islam dengan ibadah kami. Sesungguhnya Tuhan Maha mengetahui. Saya harap semua yang hadir di diskusi ini benar-benar membaca, menghayati dan mengerti tiap argumen yang ada. Jadi ketika nanti kita dibangkitkan di padang masyar, kita sama-sama tau apa yang benar.

Sekian. Mohon maaf bila ada salah kata. Terimakasih.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-14 10:10
~
Saudara Pejalan Kaki,

Terimakasih untuk komentar yang sudah saudara berikan. Kami menghargai keyakinan saudara yang hanya mempercayai Al-Quran.

Bila tidak keberatan, apakah saudara bersedia berbagi penjelasan tentang apa yang tertulis dalam artikel ini: http://tinyurl.com/btsagc7?
~
SO
# embun 2013-06-13 16:15
*
Bagi saya semua Injil tidak asli alias ada sebagian yang palsu dan ada sebagian kecil yang benar.
Kita lanjutkan dogma=dogengan masa lalu

Tuhan “berpikir” dulu sebelum melakukan sesuatu. Kejadian 18:17 “Berpikirlah TUHAN: "Apakah Aku akan menyembunyikan kepada Abraham apa yang hendak Kulakukan ini?”

Yang seharusnya berpikir itu adalah penulis Injil supaya Injil tidak kelihatan karangan manusia.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-14 10:12
~
Saudara Embun,

Tuhan yang kami sembah bukan robot, yang tidak punya perasaan dan tidak bisa berpikir. Apakah menurut saudara salah bila Tuhan berpikir?

Tuhan yang saudara sembah tidak bisa berpikir. Mungkin itu juga sebabnya umat Muslim harus menerima setiap yang tertulis dalam Al-Quran tanpa boleh berpikir dan mempertanyakann ya.

Nah, bagaimana dengan saudara sendiri, apakah saudara sudah berpikir ketika mengatakan Injil sebagian palsu dan sebagian kecil asli? Bila saudara sudah memikirkannya, bagian manakah yang asli dan bagian mana yang palsu?
~
SO
# cahyo 2013-06-14 01:55
*
Saudara staf IDI,

Kita sesuaikan dulu pemahaman arti kata "Palsu". Apakah palsu = hanya untuk 100% salah, ataukah Palsu = walau ada 1 ayat yang salah termasuk palsu?
# Staff Isa dan Islam 2013-06-14 10:12
~
Saudara Cahyo,

Dalam mengimani sebuah kitab, kami tidak pernah mengimaninya setengah-seteng ah. Ketika kami mengatakan mengimani satu kitab, maka apa pun yang tertulis dalam kitab tersebut wajib kami imani. Itulah sebabnya, dalam kekristenan kita diwajibkan untuk mempelajari Alkitab. “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus” (Injil, Surat Roma 10:17).

Kekristenan tidak pernah mengajarkan iman buta. Yang hanya mendengar dan menerima apa kata pemimpinan agama tanpa mempelajarinya sendiri. Hal inilah yang menjadi salah satu sebab mengapa Alkitab diterjemahkan ke berbagai bahasa. Agar setiap umat dapat, bukan hanya sekedar membaca, tetapi juga mengerti isi dari kitab tersebut.

Mungkin dalam agama saudara dibenarkan untuk mengimani sebuah kitab setengah-seteng ah. Dan mungkin hal itu jugalah yang menjadi penyebab orang Muslim berkata “Injil sebagian asli dan sebagian palsu”
~
SO
# ishoma 2013-06-14 07:06
*
To: Cahyo,

Jika sesuatu dicap palsu, maka seluruhnya salah. Karena kebenaran itu bersifat mutlak. Kebenaran yang setengah-seteng ah sama dengan ketidakbenaran.
# pejalan kaki 2013-06-14 08:51
*
To: Ishoma,

Kami umat Islam hanya percaya dengan Al-Quran, tidak ada lain. Apakah ini menjawab pertanyaan anda? Kami Muslim berpegang teguh pada Al-Quran dan hadis, tidak ada yang lain.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-14 19:37
~
Saudara Pejalan Kaki,

Kami tidak pernah memaksakan saudara untuk tidak mempercayai kitab suci saudara. kami menghargai sikap saudara tersebut.

Sebagai orang yang sangat mempercayai Al-Quran, dapatkah saudara berbagi penjelasan tentang apa yang tertulis dalam artikel ini: tinyurl.com/btsagc7?
~
SO
# Percaya Tuhan Yesus 2013-06-14 14:59
*
Bolehkah aku bertanya? Selain Barnabas adakah Injil lain yang sesat? Semua di Alkitab pasti benar dari Tuhan Yesus, kan? Aku penasaran karena aku baru lahir baru.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-14 19:50
~
Saudara Percaya Yesus,

Kami percaya bahwa 4 kitab Injil yang terdapat dalam Kitab Suci Alkitab adalah adalah wahyu Allah yang disampaikan kepada orang-orang pilihan-Nya.

Dan kami meyakini tidak ada satupun ayat yang terdapat dalam kitab suci tersebut yang sesat.
~
SO
# Staff Isa dan Islam 2013-06-14 19:41
~
Staff IDI mengharapkan komentar dari para pembaca. Kiranya komentar yang diberikan hanya menanggapi pertanyaan-pert anyaan berikut ini:

1. Apakah ada alasan mengapa orang Mukmin atau Kristen perlu memperhatikan atau percaya kepada Injil Barnabas?

2. Mengapa orang-orang Islam masih percaya pada Injil Barnabas yang jelas palsu?

3. Bagaimana cara menolong orang-orang, terutama guru-guru agama, agar tidak mendukung “Injil” Barnabas yang jelas palsu ini?

Maaf bila komentar di luar topik tersebut terpaksa kami hapus. Atau saudara dapat mengirimkannya lewat email ke staf kami di: .
~
SO
# embun 2013-06-15 11:16
*
Bagaimana membuka mata orang Kristen bahwa Injil tidak 100 % asli (pertanyaan balik untuk pendukung Injil barnabas)

Caranya tentu dengan menguji Injil sekarang melalui kandungan ayat-ayatnya.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-18 12:23
~
Saudara Embun,

Untuk menjawab pertanyaan saudara di atas caranya sangat simpel sekali. Silakan saudara atau umat Muslim lainnya mengajukan bukti-bukti yang otentik, yang menyatakan bahwa Injil tidak 100% asli.
~
SO
# ishoma 2013-06-16 20:35
*
Saudara-saudara, kita sedang membahas Injil Barnabas, jangan berkelit ke Al-Quran dan Alkitab.

Kembali kepada topiknya, umat Islam, apakah setuju bahwa Injil Barnabas itu palsu? Jika iya, maka tidak sepatutnya lagi menggunakan ayat-ayat dari Injil Barnabas seperti saudara Isa Al-Masih.
# Chocolatte 2013-06-17 03:11
*
Apakah Staff IDI memiliki Injil Barnabas di rumah dan pernah membacanya hingga selesai, hingga berani menulis artikel seperti ini? Atau staff hanya berkeliling di jagad maya mengumpulkan informasi tentang Injil Barnabas dan meletakkannya di sini tanpa pernah menyentuh sampul dari akar artikel ini sama sekali?

Dasar pembuatan artikel adalah si pembuat artikel minimal harus memahami esensi dari sumber akarnya. Saran untuk staff, jangan membuat sebuah tulisan jika anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup atas tulisan tersebut.

Percuma kita berdialog tentang Injil Barnabas jika kita tidak memiliki Injil tersebut sebagai bahan dasar untuk berdialog, sebab yang ditemukan bukanlah "Asli atau palsukah Injil ini" tapi yang muncul hanya adu argumen dengan dasar egosentris masing-masing untuk membuktikan bahwa keyakinan yang dianutnyalah yang benar dengan mengesampingkan esensi dari kebenaran itu sendiri.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-18 12:24
~
Saudara Chocolatte,

Maaf, kami di sini tidak ingin membahas tentang “hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menulis artikel.” Sebab menurut kami tidak ada gunanya kami membahas hal itu di sini. Namun satu hal yang perlu saudara ketahui, tulisan di atas adalah benar adanya, bukan hanya isapan jempol belaka.

Aneh, ketika saudara mengatakan Injil yang diimani oleh orang Kristen adalah palsu, apakah saudara sudah mempunyai bukti-bukti otentiknya, atau hanya mendengar dari orang lain?

Apakah saudara menolak kepalsuan Injil Barnabas, karena didalamnya tertulis nubuat atas nama nabi saudara?
~
SO
# ishoma 2013-06-17 06:30
*
To: Chocolatte,

Menurut saya, tanpa harus memiliki Injil Barnabas pun kita sebenarnya sudah bisa mengambil keputusan, apakah Injil itu asli atau palsu berdasarkan point-point yang dikemukakan di atas.

Jadi menurut anda berdasarkan point-point tersebut, Injil Barnabas asli atau palsu?
# Chocolatte 2013-06-17 11:52
*
To: Ishoma,

Sedangkal itukah pemikiran anda tentang teologi? Ini adalah masalah keimanan, tidak semudah itu seseorang menyatakan bahwa ini kitab asli atau ini kitab palsu tanpa pernah menyentuh objek yang diperdebatkan.

Kecuali anda adalah orang yang mengandalkan ego, ambisi, dan senang berargumen buta untuk mendukung keyakinan tanpa dasar anda dengan tidak pernah menggunakan bukti empiris maupun objektif sebagai dasar keputusan anda.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-18 12:25
~
Bagaimana dengan saudara sendiri ketika mengatakan Alkitab palsu. Apakah saudara sudah terlebih dahulu mempelajari Alkitab secara menyeluruh, sehingga saudara dapat menyimpulkan bahwa Alkitab adalah palsu?

Apakah ketika saudara mengatakan Alkitab palsu, saudara sudah menggunakan bukti empiris maupun bukti objektif sebagai dasar keputusan saudara?
~
SO
# ishoma 2013-06-17 13:34
*
To: Chocolatte,

Karna saya memahami teologi makanya saya langsung bilang injil Barnabas palsu. Kesalahan dalam mencatat peristiwa, kesalahan lokasi, kesalahan waktu dan kesalahan lainnya sudah cukup menyatakan bahwa Injil Barnabas tidak sejalan dengan Injil Kanonik.

Saya justru tidak mengerti kenapa umat Islam enggan melepaskan pendapat apakah Injil Barnabas palsu atau tidak.
# Isa Al-Masih 2013-06-17 15:45
*
Ishoma,

Injil Barnabas maupun Injil Kanonik tidak semuanya palsu. Karena di dalam kitab-kitab tersebut pada dasarnya masih ada firman Allah yang asli, yaitu ajaran untuk menyembah diri-Nya. Bukan ajaran konsep penebus dosa, Yesus Tuhan, dan Roh Kudus Tuhan. Ajaran dari kitab-kitab Allah adalah mengajarkan konsep tauhid bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. Yang menjadi permasalahan saat ini adalah mengapa sosok orang yang tidak jelas (Jesus Kristus) di sebagian ayat-ayat Bible dipertuhankan dan dianggap sebagai Tuhan dan dianggap sebagai anak Tuhan?

Jelas ajaran tersebut bertentangan dengan kitab sebelumnya (Taurat) dan kitab sesudahnya (Al-Quran). Jika bertentangan, dapat dipastikan bahwa kitab Injil yang kalian pergunakan telah disesatkan dan dipalsukan. Setujukah saudara bahwa saudara diciptakan Allah dan bukan diciptakan Jesus Kristus sang tokoh fiktif Paulus?
# Staff Isa dan Islam 2013-06-21 21:04
~
Saudara Isa Al-Masih,

1. Menurut saudara, apa yang menjadi standarisasi sebuah kitab dikatakan palsu atau tidak?

2. Apakah sebuah kitab yang didalamnya menuliskan ajaran Tauhid sudah cukup menjelaskan bahwa kitab tersebut palsu, tanpa memperhatikan hal-hal lain yang terulis di dalamnya?

3. Alkitab tidak pernah mengatakan Yesus Kristus sebagai anak Tuhan. Sebaliknya, Al-Quran-lah yang mengatakan Yesus Kristus anak Tuhan dan orang Kristen menyembah Tuhan yang mempunyai anak.

4. Yesus Kristus adalah Kalimatullah yang nuzul ke dunia, Dia bukan tokoh fiktif Paulus. Setidaknya demikianlah yang dijelaskan dalam Al-Quran.

Saudara Isa Al-Masih, selama saudara menutup diri dari mengenal siapa sebenarnya Yesus Kristus. Dan selama di hati saudara sudah dipatenkan hal-hal negatif tentang Yesus Kristus, maka saudara tidak akan pernah dapat mengenal siapa Dia yang sebenarnya.

Jadi, bila memang benar saudara ingin mengenal Dia. Hal pertama yang perlu saudara lakukan adalah membersihkan hati saudara dari kebencian atas Pribadi Yesus Kristus.

“Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan" (Injil, Kisah Para Rasul 4:12)
~
SO
# dodik 2013-06-17 23:04
*
Ishoma,

Kalau masalah ini bung mungkin saya tidak terlalu berbeda jauh dengan anda tapi tetap tidak sama.

Saya tidak mempercayai Injil Barnabas adalah Injil yang asli. Sebagaimana saya juga tidak mempercayai Injil yang sekarang menjadi kitab suci umat Kristen sedunia, adalah kitab suci dengan isi yang sama pada saat diturunkan ke Nabi Isa. Jadi artikel ini tidak menarik bagi saya.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-21 21:05
~
Saudara Dodik,

Adalah hak saudara untuk menilai artikel ini menari atau tidak. Juga adalah hak saudara untuk percaya kepada Injil Barnabas atau Injil yang lain.

Di sini kami hanya ingin memberikan sedikit pembenaran dari kesalahan saudara untuk memahami Injil yang diimani oleh umat Kristen saat ini.

Injil tidak pernah diturunkan kepada Isa Al-Masih. Karena Injil adalah “Kabar Baik” yang justru dibawa oleh Isa Al-Masih sendiri. Dimana setelah Isa Al-Masih naik ke sorga, lalu murid-murid-Nya , oleh tuntunan Roh Kudus menuliskan.

Jadi, tidak ada Kitab Injil diturunkan kepada Isa Al-Masih seperti yang diyakini oleh sebagian umat Muslim selama ini. Untuk lebih jelasnya silakan membaca pada artikel ini: http://tinyurl.com/cklzmwt.
~
SO
# ishoma 2013-06-17 23:38
*
Sdr. Dodik,

Jika demikian, maka anda dan umat Muslim sepatutnya tidak menggunakan ayat pada Injil Barnabas yang menceritakan nubuat kedatangan Muhammad.

Menurut anda, apakah arti 'Injil' sehingga anda mengatakan Injil diturunkan ke Nabi Isa?.

Sdr. Chocolatte,

Kebenaran bukan hanya milik-Nya, tapi Dialah kebenaran itu. Anda ini aneh, "anda hanya cukup percaya atau tidak", sebelum saya percaya, tentulah saya harus tahu yang saya percayai asli atau palsu. Karna saya sudah tahu yang asli, maka saya dapat katakan di luar yang asli adalah palsu. Anda bersikap sok bijaksana, tapi dari kemarin pendapat anda selalu tidak terarah.

Pertanyaan saya saja belum terjawab, berdasarkan point yang dikemukakan, bagaimana sikap tegas anda terhadap Injil Barnabas?
# Staff Isa dan Islam 2013-06-18 12:29
~
Staff IDI mengharapkan komentar dari para pembaca. Kiranya komentar yang diberikan hanya menanggapi pertanyaan-pert anyaan berikut ini:

1. Apakah ada alasan mengapa orang Mukmin atau Kristen perlu memperhatikan atau percaya kepada Injil Barnabas?

2. Mengapa orang-orang Islam masih percaya pada Injil Barnabas yang jelas palsu?

3. Bagaimana cara menolong orang-orang, terutama guru-guru agama, agar tidak mendukung “Injil” Barnabas yang jelas palsu ini?

Maaf bila komentar di luar topik tersebut terpaksa kami hapus. Atau saudara dapat mengirimkannya lewat email ke staf kami di: .
~
SO
# bergas frenli 2013-06-20 08:57
*
Saya seorang Muslim. Awalnya, saya kira Injil Barnabas adalah tulisan Barnabas, salah satu pengikut Yesus atau Isa Al-Masih. (bahasa Ibrani Yeswa Messiah). Namun, saya melihat bukti ini sangat jelas dan saya tidak dapat mengingkari bukti tersebut karena hal itu adalah kenyataan. Sebagai seorang Muslim, saya tidak ingin salah sangka soal sejarah-sejarah.

Saya dapat melihat hal positif dari tulisan di website ini. Karena, saya juga mempelajari Alkitab agar tidak salah sangka soal agama Kristen.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-23 18:16
~
Saudara Bergas Frenli,

Terimakasih atas penghargaan yang saudara berikan terhadap situs kami dan juga tulisan kami di artikel tersebut. Sebagai seorang Muslim, saudara berani mengambil keputusan yang tepat dengan tidak mempercayai Injil Barnabas sebagai Injil yang benar melalui penjelasan dan juga bukti-bukti yang kami cantumkan.

Kami sangat menghargai keputusan saudara dan juga menghargai niat saudara dalam memperlajari Alkitab. Kiranya Allah selalu memberikan hidayah-Nya kepada saudara.
~
SO
# moer 2013-06-20 17:24
*
To: Dodik,

Injil adalah kabar sukacita, lebih jauh lagi Injil dikatakan sebagai kabar sukacita mengenai datangnya seorang Juruselamat. Kami umat Kristen mengimani Yesus Kristus sebagai Juruselamat, sehingga Injil yang kami pakai adalah Injil yang mengabarkan tentang kedatangan dan karya penyelamatan oleh Yesus Kristus.

Yang ingin saya tanyakan berkenaan dengan iman Anda bahwa Injil yang asli adalah Injil yang diturunkan kepada Isa, ditambah dengan semua kutipan ayat Injil yang ditulis oleh umat Muslim disini untuk mendiskreditkan kitab suci kami, pernahkah Anda menanyakan kepada diri Anda sendiri, dimanakah Injil yang diturunkan kepada nabi Isa tersebut? Apakah Allah tidak cukup berkuasa untuk melindungi Firmannya yang dititipkan kepada Isa? Apakah firman yang tertulis dalam Injil milik Isa tersebut tidak layak dijaga untuk dijadikan sebagai tanda kebesaran-Nya?
# dodik 2013-06-20 23:26
*
To: Moer,

Pertanyaan anda seharusnya lebih dalam lagi, bukan hanya Injil tetapi apakah semenjak Nabi Adam sampai kedatangan Yesus, Tuhan tidak mengirim nabi-Nya untuk membimbing manusia? Mengingat jarak dari Adam – Yesus mencapai ribuan tahun. Kalau iya, maka pastinya setiap nabi-Nya membawakan ajaran/firman-N ya. Dimana firman-Nya kalau ditulis menjadi kitab suci bukan? Nah di mana semua kitab suci itu? Apakah Tuhan tidak menjaga kitab suci-Nya? Atau memang didesain bahwa setiap nabi dengan firman-Nya itu memang ada masanya setelah masa nabi tersebut berakhir, diganti nabi selanjutnya dengan firman yang sesuai dengan masanya, begitu seterusnya?

Apakah dalam Injil ada keterangan dengan jelas bahwa tidak akan ada nabi lagi? Bagi kami Taurat, Zabur, Injil adalah rangkaian Firman dari utusan Allah dimana kemudian disempurnakan oleh Al-Quran. Tidak ada kewajiban bagi kami untuk mencari kitab-kitab suci terdahulu, apa gunanya Sementara sudah ada penyempurnanya.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-23 18:16
~
Saudara Dodik,

Bila saudara mencari dimana Taurat, Zabur, Kitab Para Nabi, dan Injil, semua bisa saudara temukan di sebuah kitab yang disebut Alkitab. Bila saudara membuka Alkitab dan menemukan surah yang disebut “Kejadian”, itulah surah pertama dari Kitab Taurat, dan demikian seterusnya.

Kami percaya wahyu Allah tidak didesain dengan menggunakan masa berlaku. Bila saudara membaca Alkitab mulai dari surah pertama, saudara akan melihat setiap surah demi surah, pasal demi pasal, ayat demi ayat, selalu berhubungan. Inilah bukti bahwa setiap firman yang Allah sampaikan konsisten adanya. Allah tidak pernah membuat revisi atau perubahan dari setiap perkataan-Nya.

Adalah hak saudara untuk tidak meyakini kitab-kitab sebelumnya (Alkitab). Namun sepertinya keputusan saudara bertolak-belaka ng dengan perintah Al-Quran.

“Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang ka..r kepada Allah, malaikat-malaik at-Nya, kitab-kitab-Nya , rasul-rasul-Nya , dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya”
(Qs 41:36)

Menurut Al-Quran, orang yang tidak mau mengimani kitab-kitab terdahulu adalah orang yang sesat. Tentu saudara tidak ingin disebut sesat, bukan?
~
SO
# moer 2013-06-21 00:57
*
To: Dodik,

Jadi menurut Anda firman Allah bisa expired? Yang masa berlakunya bersamaan dengan meninggalnya seorang nabi maka habis pula masa berlaku firman Allah yang diturunkan lewat nabi tersebut?

Apa benar semua nabi menulis kitab? Apakah menurut kepercayaan yang Anda anut Nabi Adam diberikan kitab oleh Allah? Kitab apa namanya? Darimana Anda menarik kesimpulan seperti itu? Bukankah Nabi Muhammad sudah wafat ribuan tahun lalu? Apakah menurut Anda sudah saatnya manusia mencari kitab yang lebih up to date? Karena mungkin saja kitab Anda sudah expired juga hanya saja Anda belum menyadarinya.

Saya lebih percaya bahwa firman Allah adalah kekal, tidak berubah dulu, sekarang, dan selamanya.

Kembali ke injil Barnabas. Jika Injil yang dipercaya umat Muslim adalah injil yang diturunkan kepada Isa, maka berarti Injil Barnabas adalah palsu. Kemudian tidak ada istilah diubah-ubah, sebagian asli dan sebagian palsu. Mari kita bersama-sama sepakat menyatakan keseluruhan Injil Barnabas adalah palsu.
# samuel 2013-06-21 22:58
*
Shalom,

Damai sejahtera dari Allah Bapa kita melalui Yesus Kristus dengan persekutuan Roh Kudus menyertai kita sekalian.

Saya kembali disuguhkan pernyataan yang benar-benar sempurna dari teman yang belum mengenal Yesus/teman Muslim ketika membaca komentar Anda sekalian yang bingung untuk menyatakan kitab yang Anda anggap benar.

Kami adalah orang Kristen sejati, yang diberi pengetahuan oleh Allah untuk menyelidiki kitab dan nabi lain melalui nubuatan dalam kitab nabi Yesaya bahwa nabi palsu itu akan ada beserta kitabnya.

Kami pun sudah mempelajari Al-Quran. Anda sekalian sudah menyempurnakan pengakuan bahwa kitab yang Anda yakini bukanlah Firman Allah karena dengan adanya injil Barnabas kalian pun mengimani itu.

Cobalah sandingkan Al-Quran dengan Alkitab, kemudian sebelum membukanya mulailah dengan berdoa kepada Allah yang ar-Rahman dan ar-Rahim agar memimpin Anda dengan Roh Kudus untuk menelaah Firman-Nya. Amin.
# Chocolatte 2013-06-22 18:13
*
To Staff IDI,

Jika yang anda cari adalah "Pembenaran" maka anda tidak akan pernah bisa menemukan "Kebenaran".

Bisa staff quote komentar saya yang menyatakan bahwa saya menyatakan Injil yang anda imani sekarang adalah palsu?

Tolong jangan melakukan tuduhan palsu disini untuk melakukan pressure. Bukankah tuduhan itu tidak terbukti, kemudian anda menghapus komentar saya yang meminta bukti atas kesalahan saya yang akibatnya anda sendiri membuka sifat kenakak-kanakan anda dalam berdialog.

Ini hanya sekedar masukan untuk Staff IDI.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-24 21:54
~
Saudara Chocolatte,

Saudara bukan hanya baru di artikel ini berdiskusi dengan kami. Bahkan di artikel-artikel lain pun saudara sudah sering memberi komentar. Dan, kesimpulan dari komentar tersebut, saudara menolak iman orang Kristen.

Iman kekristenan lahir dari kebenaran firman Allah dalam Alkitab. Ketika seseorang menolak iman kekristenan tersebut, itu artinya dia juga menolak firman Allah dalam Alkitab.

Dan lagi, sudah bukan rahasia umum lagi di kalangan orang Muslim yang mengatakan bahwa Alkitab sudah palsu. Apakah saudara mengingkari hal itu?

Pertanyaan kami: Dengan komentar saudara di atas, apakah itu artinya saudara percaya akan firman Allah dalam Alkitab?
~
SO
# samuel 2013-06-22 22:33
*
Saudara Chocolate,

Maafkan Admin jika telah melakukan tuduhan seperti itu, akan tetapi selama ini dari umat muslim selalu menyatakan bahwa Injil umat Kristen palsu, sedangkan di sisi lain umat Kristen tidak pernah menyatakan bahwa Al-Quran itu palsu. Umat Kristen hanya ingin agar umat Muslim mau membuka diri untuk mempelajari Injil, sama seperti umat Kristen mau membuka diri untuk mempelajari Al-Quran, untuk menyelediki yang manakah dari kedua kitab di atas yang merupakan Firman Allah yang sesungguhnya.

Jika saudara Chocolate mempunyai keinginan untuk mengenal Injil, berdoalah sebelum membacanya agar Roh Kudus berkarya sebagaimana kami sebelum membaca Al-Quran, dengan tujuannya agar Allah membuka mata hati kita untuk bisa mengenal kedua kitab diatas. 
 
# cahyo 2013-06-23 04:43
*
Terimakasih, atas jawaban dari pertanyaan yang saya ajukan.

Saya menyatakan dengan tegas bahwa Injil Barbanas dan Injil yang saudara percayai adalah paslu. Karena saya mengimani Al-Quran. Dikatakan dalam Al-Quran bahwa kalian "Yahudi dan Nasrani" telah memalsukan Kitab Allah (Taurat dan Injil)

Apa yang perlu ditolong? Ulama, Guru? Karena menganggap Injil Barbanas asli? Memang ada yang berpendapat demikian? Kalau memang ada, mereka hanya sebatas mengganggap Injil Barbanas itu asli, namun mereka tidak mengimaninya.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-24 21:54
~
Saudara Cahyo,

1. Adalah hak saudara untuk mengatakan Injil Barnabas dan Injil yang digunakan umat Kristen saat ini adalah palsu. Bila tidak keberatan, dapatkah saudara menuliskan ayat Al-Quran yang mengatakan bahwa orang “Yahudi dan Nasrani” telah mengubah Alkitab?

2. Bila benar Al-Quran mengatakan Taurat dan Injil sudah dirubah, lalu mengapa Al-Quran menuliskan ayat ini: “Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi-nabi Bani Israel) dengan Isa putra Maryam, membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa” (Qs 5:46).

3. Umat Muslim sangat meyakini Injil Barnabas adalah Injil asli. Karena dalam kitab tersebut ada perkataan Isa Al-Masih yang menubuatkan kenabian Muhammad. Sehingga, dengan mengatakan Injil Barnabas palsu, maka umat Muslim tidak akan pernah menemukan ayat dalam Injil yang merupakan nubuat kenabian Muhammad.
~
SO
# fidy 2013-06-23 16:56
*
Injil Barnabas bukanlah Injil yang diturunkan Allah kepada Nabi Isa, melainkan hanya sebuah Kitab yang dikarang oleh Barnabas.

Sangat disayangkan Kitab Barnabas ditolak dan tidak termasuk dalam Injil Kanonik oleh Pihak Gereja. Dengan ditemukan Kitab Karangan Barnabas, telah membuktikan bahwa Muhammad memang telah dinubuatkan kedatangannya oleh Nabi Isa.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-24 21:55
~
Saudara Fidy,

Ada baiknya sebelum menuliskan komentar, saudara terlebih dahulu membaca artikel di atas. Sehingga saudara mempunyai pengertian yang benar tentang Injil Barnabas.

Pada artikel di atas telah dijelaskan bahwa Injil Barnabas bukan ditulis oleh Barnabas seperti yang saudara katakan, tetapi oleh seorang Muslim berkebangsaan Spanyol yang bernama Mustafa de Arande.

Pertanyaan kami: Apakah saudara percaya bahwa Injil Barnabas adalah asli karena didalamnya terdapat nubuat kenabian Muhammad?

Komentar saudara tentang "dead sea scroll" maaf kami hapus. Juga komentar-koment ar saudara yang lain tentang Paulus kami hapus karena keluar dari topik diskusi. Bila saudara ingin membahas Paulus, silakan bergabung di artikel ini: http://tinyurl.com/7srwflg.
~
SO
# Staff Isa dan Islam 2013-06-23 18:19
~
Staff IDI mengharapkan komentar dari para pembaca. Kiranya komentar yang diberikan hanya menanggapi pertanyaan-pert anyaan berikut ini:

1. Apakah ada alasan mengapa orang Mukmin atau Kristen perlu memperhatikan atau percaya kepada Injil Barnabas?

2. Mengapa orang-orang Islam masih percaya pada Injil Barnabas yang jelas palsu?

3. Bagaimana cara menolong orang-orang, terutama guru-guru agama, agar tidak mendukung  “Injil” Barnabas yang jelas palsu ini?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk komentar atau pertanyaan yang berbeda, silakan kirim lewat email ke staf kami di: .

Demikian, kami harap diskusi kita akan menjadi semakin terarah dan tidak keluar dari topik artikel.
~
SO
# samuel 2013-06-23 21:27
*
To : fidy

Anda mengatakan bahwa injil Barnabas adalah karangan dari Barnabas. Bukankah telah dijelaskan bahwa penulisnya adalah Mustafa dan yang jelas kita tidak tahu apakah dia adalah nabi atau rasul atau hamba Allah?

Mengapa Anda yakin sekali bahwa apa yang ditulis adalah benar nubuatan dari Allah, yang menyatakan bahwa Isa menubuatkan kelahiran Nabi Muhammad?

Dengan kata lain, saudara percaya bahwa injil Barnabas itu benar-benar Firman Allah?

Dalam Alkitab, Isa menubuatkan pada harinya akan ada nabi-nabi palsu setelah kepergian-Nya dari dunia ini.
# fidy 2013-06-24 20:42
*
Penulis Injil Barnabas adalah Mustafa? Bacalah sejarah Injil Barnabas dengan benar. Injil Barnabas telah dikutuk oleh Gereja-gereja barat (382 M), dekrit dari Paus Innocent I (465 M) dan dekrit dari Gelasius (496 M). Dekrit Calasius menyebut Evangelium Barnabas sebagai Injil yang dilarang. Injil ini kemudian muncul dalam perpustakaan Paus Sixtus V dan ditemukan oleh seorang Pastor bernama Vra Melino.

Injil Barnabas telah dipakai di Gereja sampai ke masa dekrit Gelasius. Sesudah dekrit itu Injil ini disembunyikan bersama puluhan Injil-Injil yang lain yang sekarang terkenal dengan nama Injil-Injil Apocypha. Kebanyakan dari Injil-Injil ini berhasil dimusnahkan, sebagian lagi hanya diketahui namanya, ada pula hanya ditemukan beberapa lembar. Satu naskah Injil Barnabas yang berhasil lolos oleh Pastor Vra Melino yang sekarang berada di “National Bibliothek”, Wina.

Injil Barnabas baru ditemukan sekitar 1500 tahun yang lalu, bukan baru ditulis. Sama seperti Injil Philip yang baru ditemukan pada tahun 1947 dan gulungan naskah laut mati yang ditemukan sekitar 1945. Penulisanya sudah berabad-abad silam, namun penemuannya baru-baru ini.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-25 13:00
~
Saudara Fidy,

Bila memang benar Injil Barnabas bukan ditulis sekitar tahun 1500, lalu mengapa ada tulisan pada naskah kitab tersebut yang menyatakan bahwa kitab itu ditulis di tahun 1500?

Dan lagi, bila memang benar kitab ini ditulis oleh Barnabas, salah seorang murid Yesus, mengapa terdapat cukup banyak kesalahan dalam kitab tersebut tentang sejarah dan geografi Israel?

Penolakan terhadap Injil Barnabas bukan hanya ajarannya yang tidak sejalan dengan Alkitab, tetapi sejarah yang ditulis di dalam kitab ini pun banyak yang salah. Dan hal itu cukup untuk membuktikan bahwa kitab tersebut palsu.

Tentang naskah Laut Mati, tidak ditemukan tahun 1945 seperti yang saudara katakan. Untuk pertama kalinya Naskah Laut Mati ditemukan April 1947 di gua Qumran, oleh seorang gembala suku Ta'amir, suku Beduin yang tinggal dekat Laut Mati.
~
SO
# moer 2013-06-24 21:43
*
Fidy,

Silakan sajikan link yg mengatakan Injil Barnabas ditemukan 1500thn yg lalu. Sejauh saya baca Injil Barnabas ditemukan di turki thn 2012, dan uji carbon menunjukan bahwa tulisan tersebut berumur kurang lebih 1500thn.
# fidy 2013-06-26 17:40
*
Moer,

Katakanlah Injil Barnabas berumur 1500 tahun seperti pendapat anda, berarti Injil Barnabas itu ditulis sekitar tahun 512 masehi, yaitu tahun 2012-1500 = 512. Sementara berdasarkan sejarah Nabi Muhammad lahir pada 12 Rabiul Awal tahun gajah yang bertepatan dengan 6 Agustus tahun 570 masehi. Itu artinya Injil Barnabas ditulis sebelum kelahiran Nabi Muhammad.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-27 13:05
~
Saudara Fidy,

Lalu, apa hubungannya tahun penulisan Injil Barnabas dengan kelahiran Muhammad? Apakah ketika Mustafa deArande menulis kitabnya itu harus minta ijin dulu dengan Muhammad?

Tahukah saudara? Justru hal-hal yang tidak masuk akal seperti inilah yang membuat kitab tersebut dibilang palsu.
~
SO
# fidy 2013-06-26 17:48
*
To Staff IDI

Naskah Kitab Barnabas mana yang anda maksud ada pernyataan bahwa Kitab tersebut ditulis pada tahun 1500? Anda berbicara tanpa dasar, artikel anda diatas pun tidak mencantumkan sumbernya.

Tentang naskah laut mati yang ditemukan di Qumran, ok mohon maaf saya terbalik menuliskan tahunnya. Naskah laut mati ditemukan di gua Qumran pada 1947, sebelumnya juga ditemukan Injil Philip pada 1945.
# Staff Isa dan Islam 2013-06-27 13:05
~
Saudara Fidy,

Bila saudara ingin tahu naskah Injil Barnabas yang didalamnya tertulis tahun penulisannya, silakan saudara cek sendiri kepada Menteri Kebudayaan Turki atau cek langsung ke Museum Ankara, di Turki.

Kami terima kejujuran saudara mengakui kesalahan saudara. Tapi, kog bisa ya menulis angka 7 terbalik menjadi angka 5? Bukannya kedua angka tersebut tidak bersebelahan.
~
SO
# moer 2013-06-27 08:42
*
Fidy,

Mohon maaf ternyatakan berdasar artikel yang saya baca, Injil Barnabas yang anda bilang sekarang berada di “National Bibliothek”, Wina ditulis sekitar tahun 1500.

Menurut kesimpulan para ahli yang melakukan penyelidikan dari materi mansukripnya, umur "injil barnabas" tidak dapat lebih tua dari tahun 1575. Sebagaimana diketahui, satu-satunya manuskrip tertua adalah yang berada di Wina tertulis dalam bahasa Italia.

Sedangkan bahasa Italia sendiri adalah bahasa yang belum ada pada jaman Yesus Kristus.

Dan perlu anda ketahui naskah-naskah yang digunakan pada gereja-gereja Alexandria adalah surat-surat Barnabas, bukan Injil Barnabas seperti yang anda bilang.

Saya kutip sedikit saja dari link yang anda berikan. Injil Barnabas adalah manuskrip kitab yang dibuat pada abad ke 16 (dalam bahasa Italia dan Spanyol).
# Staff Isa dan Islam 2013-06-29 14:06
~
Maaf Saudara Fidy komentar-koment ar saudara kami hapus.

Satu pertanyaan dari kami: Apakah saudara percaya bahwa Injil Barnabas adalah wahyu dari Allah yang layak untuk dipercayai sebagai sebuah kebenaran?

Silakan saudara menjawab dengan singkat dan jelas. Tidak perlu bertele-tele.

Terimakasih.
~
SO
# fidy 2013-07-01 20:53
*
To staf IDI.

Puluhan kali saya sampaikan bahwa Injil Barnabas bukanlah wahyu Allah, melainkan hanya sebuah Kitab Karangan Barnabas (salah satu murid Yesus), dan orang-orang yang menemukan Kitab itu menamakannya dengan sebutan “Injil Barnabas” karena Kitab tersebut ditemukan di atas kuburan Barnabas.

Kaum Muslimin mengganggap Injil Barnabas sebagai kitab yang ditulis jauh sebelum kelahiran Nabi Muhammad dan isinya meramalkan kedatangan sang nabi akhir zaman yang namanya ditulis dalam kitab tersebut. Hal itu membuktikan kebenaran Islam dan kebenaran risalah yang dibawa oleh Muhammad.
# Staff Isa dan Islam 2013-07-02 17:49
~
Saudara Fidy,

Ada baiknya saudara mencoba untuk membuang sedikit ego saudara dan melihat pada kenyataan yang ada. Baik bukti maupun fakta telah menjelaskan bahwa Injil Barnabas tidak ditulis oleh murid Yesus. Tetapi saudara tetap bersikukuh mengatakan Injil Barnabas ditulis murid Yesus, dan ditemukan di kuburan Barnabas.

Kami heran membaca tulisan saudara di atas. Saudara mengatakan sudah ribuan kali mengatakan Injil Barnabas bukanlah wahyu Allah. Tetapi mengapa saudara justru dengan bangganya mengatakan bahwa Injil Barnabas membenarkan kenabian Muhammad?

Sebegitu inginkah saudara agar Muhammad diakui kenabiannya, sampai-sampai kitab palsupun saudara imani isinya?

Sebagaiknya saudara bertobat. Buka mata dan rohani saudara selagi Tuhan memberi saudara kesempatan untuk bertobat, agar saudara tidak binasa nanti di akherat.
~
SO
# moer 2013-07-02 03:13
*
To: Fidy,

Tulisan anda: “Injil Barnabas bukan wahyu Allah, dan nama Muhammad terukir dengan indah didalamnya”

Di dalam kitab yang bukan wahyu Allah. Bagaimana mungkin kitab yang bukan wahyu Allah bisa diklaim membuktikan kebenaran Islam dan kebenaran risalah yang dibawa oleh Sang Nabi Akhir Zaman panutan alam?
# fidy 2013-07-02 21:53
*
To: Moer,

Kitab Barnabas memang bukan Wahyu Allah, namun isinya banyak mencakup perkataan Yesus tentang nubuat Nabi Muhammad yang dicatat oleh Barnabas, bukankah itu sebuah kebenaran? Padahal Kitab tersebut ditulis jauh sebelum kelahiran Nabi Muhammad.
# Staff Isa dan Islam 2013-07-05 13:45
~
Jadi, maksud saudara walaupun Kitab Barnabas bukan wahyu Allah, tapi karena ada nubuat tentang kenabian Muhammad, lantar kitab tersebut bisa diterima. Begitukah?

Apakah saudara begitu putus asa dalam mencari kebenaran tentang nabi saudara, sehingga kitab yang palsu pun saudara yakini sebagai kebenaran?

Bertobatlah selagi ada kesempatan, supaya saudara tidak binasa dalam neraka bila Tuhan sudah menetapkan pengadilan-Nya.
~
SO
# moer 2013-07-03 08:39
*
Fidy,

Bagaimana mungkin sesuatu yang bukan wahyu Allah dapat dikatakan membuktikan kebenaran Islam, kecuali jika anda menganggap kebenaran Islam bukanlah kebenaran dari Allah. Sesuatu yang bukan dari Allah menubuatkan sebuah kebenarann dari Allah? Sangat aneh

Tidak ada satu literaturpun yang menunjuk akan adanya injil barnabas sebelum abad ke 15, Saya sudah katakan kepada ada bahwa naskah2 yang ada sebelum abad ke 15 adalah naskah surat barnabas yang isinya sama sekali bertolak belakang dengan isi Injil barnabas.

Dan saya rasa anda tidak perlu mengutip injil barnabas berulang2 hanya untuk menguatkan argumentasi anda bahwa muhammad rasul Allah dll. Karena saya bisa juga kutipkan ayat2 aneh dari Injil barnabas yang membuktikan bahwa penulis injil Barnabas ini sedang melakukan kebohongan murahan. Perlu anda ketahui juga bahwa barnabas bukanlah salah satu dari 12 murid Yesus seperti yang kalian gembar gemborkan
# ishoma 2013-07-03 21:19
*
Fidy,

Anda mengatakan Injil Barnabas bukan wahyu Allah, tapi tetap memakai Injil Barnabas untuk membenarkan kenabian Muhammad, pola pikir anda kacau sekali. Sama saja anda mencoba menyatakan kebenaran dengan berdasar pada sesuatu yang anda cap bukan kebenaran. Lucu sekali. Numpang ngakak gan.
# moer 2013-07-03 21:54
*
Fidy,

Nah...apa yang saya maksud sudah dijelaskan oleh sdr Ishoma. Adalah hak anda untuk mennganggap Injil Matius, Markus, Lukas dsb bukanlah wahyu Allah. Jadi dengan demikian anda juga tidak perlu mengais-ais bukti kenabian Muhammad dari Injil-Injil yang bukan wahyu Allah tersebut. Dan adalah haknya juga untuk menganggap Injil-Inji tersebut sebagai wahyu Allah dan mempercayai semua yang tertulis didalamnya.

Dalam kasus Injil Barnabas saya bukan hanya menganggap Injil Barnabas bukan wahyu Allah saja, tapi juga merupakan suatu penipuan modern. Banyak isinya yang konyol dan tidak bisa diterima sebagai suatu kebenaran.

Saya sengaja tidak mengomentari petikan dari link yang anda berikan karena saya menganggap apa yang anda tulis itu hanya kabar burung saja. Faktanya Injil Barnabas ditemukan diturki tahun 2012 dan uji carbon menunjukkan bahwa Injil tersebut ditulis sekitar abad 1500. Ini adalah suatu fakta yang tak terbantahkan
# fidy 2013-07-03 22:22
*
Kalau ada sebuah kitab yang ditulis dan dikarang setelah nabi-Nya tiada dan isinya banyak memuat perkataan nabi-Nya, tentu saja itu mengandung kebenaran. Namun tidak 100% karena tidak dibimbing langsung oleh nabi-Nya.

Injil Barnabas dan puluhan Injil-Injil lainya ditulis jauh setelah Yesus tiada. Tentu saja itu bukan wahyu Allah, hanya isinya mengutip beberapa perkataan Yesus, selebihnya hanya karangan dari para pengarangnya.

Boleh saya minta satu contoh ayat Injil Barnabas yang anda anggap konyol? Anda ini benar-benar ketinggalan informasi, Injil Barnabas ditemukan sudah lama, namun dihebohkan kembali di tahun 2012 lalu. Demi Allah, saya sudah baca isi Injil Barnabas dari 2007 dari teman saya di Surabaya. Ternyata anda takut dan malu membuka link-sumber rujukan yang saya kutip di atas. Belajarlah untuk menerima kenyataan. Buka mata dan hati anda untuk menerima kebanaran yang hakiki.
# Staff Isa dan Islam 2013-07-05 15:58
~
Saudara Fidy,

Sepertinya saudara lebih tahu mana firman Allah dan mana yang bukan firman Allah. Saudara dapat dengan mudahnya memilah-milah dan mengatakan ini 100% kebenaran dan itu bukan 100%.

Apakah saudara tahu bagaimana Alkitab ditulis? Apakah saudara tahu apa yang dimaksud dengan Injil itu? Saran kami, sebelum saudara memberikan satu pernyataan, ada baiknya saudara mempelajari terlebih dahulu apa yang akan saudara sampaikan. Jangan asal tulis dan melempar statement.

Ketika saudara mengatakan sebuah kitab tidak benar, maka tidak benarlah seluruh isi kitab itu. Saudara tidak dapat mengambil ayat yang menguntungkan saudara dan membuang ayat yang merugikan saudara. Demikian juga dengan Injil Barnabas. Ketika saudara mengatakan kitab tersebut bukan kitab dari Allah, maka saudara harus menolak seluruhnya.

Tetapi ketika saudara mengatakan Injil Barnabas benar karena menubuatkan Muhammad, maka saudara pun harus menerima seluruh isi dari kitab tersebut. Termasuk ayat yang bertentangan dengan Al-Quran.

Apakah saudara bersedia mengimani seluruh isi Injil Barnabas?
~
SO
# ishoma 2013-07-03 22:46
*
Fidy,

Kenapa hanya satu ayat yang anda minta? Staf IDI sudah memaparkan kekonyolan Injil Barnabas, yaitu kesalahan dalam menceritakan geografis nazaret, matauang yang salah dan lainnya yang menyimpulkan bahwa penulis Injil Barnabas tidak hidup pada zaman Yesus hidup.

Kenapa anda mempertahankan Injil Barnabas? Ya karna cuma injil ini yang menubuatkan Muhammad. Menceritakan kebenaran dari sesuatu yang palsu, aneh sekali.
# fidy 2013-07-03 23:10
*
Ishoma,

1. Maaf saya sudah baca bolak balik artikel ini tapi tak satupun mengutip isi ayat Injil Barnabas, hanya menulis nama ayatnya saja. Itu hanyalah argumen dari penulis artikel.

2. Mesias artinya “yang diurapi Tuhan”, maka tentu saja semua nabi dan Rasul-Nya bergelar “Mesias” termasuk Yesus dan Muhammad.

3. Bukan hanya Injil Barnabas yang membuktikan kebenaran Islam, tapi juga penemuan Naskah Laut Mati di Qumran (1947) dan naskah Injil Philip di Naghamadi-Mesir (1945) yang menggambarkan Yesus hanya sebagai manusia biasa, bukan Tuhan dan bukan anak Tuhan. Bahkan Yesus menikah.
# Staff Isa dan Islam 2013-07-05 15:58
~
1. Jika seseorang mata rohaninya tertutup, maka jangankan satu bukti, seribu bukti pun dihadapkan ke depan matanya, maka dia akan menolak. Contoh seseorang yang sedang jatuh cinta. Walaupun orang yang dicintainya salah, dia akan tetap menganggap orang yang dicintainya itulah yang benar.

Demikian juga dengan saudara. Saudara sangat memegang teguh kebenaran Injil Barnabas karena di dalam kitab tersebut ada ayat yang membenarkan nabi saudara. Jadi, ketika orang mengajukan kesalahan dari Injil Barnabas, saudara akan tetapi mengatakan kitab itu benar karena menubuatkan kenabian Muhammad. Sudah waktunya saudara sadar mengakui kesalahan yang saudara imani.

2. Al-Quran tidak pernah mengatakan Muhammad adalah Mesias. Gelar Mesias hanya diberikan Al-Quran kepada Isa Al-Masih. Atau mungkin Al-Quran yang saudara imani berbeda dengan Al-Quran yang dipakai umat Muslim pada umumnya. Bila di Al-Quran saudara ada tertulis Muhammad adalah Mesias, tolong memberikan ayatnya.

3. Maaf, kami tidak mengenal yang dinamakan Injil Philip. Bila saudara mengimani kitab tersebut untuk membenarkan Islam, silakan saja. Sedangkan dengan Naskah Laut Mati, tolong saudara menyebutkan dibagian mana dari Naskah tersebut yang membenarkan Islam.
~
SO
# dodol 2013-07-05 11:16
*
Heran, mengapa ada sebagaian orang yang menganggap Injil Barnabas itu Injil yang asli. Mereka mengambil sebagian yang sesuai dengan Islam dari Injil itu dan menolak yang tidak sesuai. Cara berpikir gado-gado dan sesat.

Injil Barnabas itu tidak punya otoritas apapun, tidak diakui dan bukan Injil kanonik. Kalau mau menghantam kekristenan, pakailah sumber-sumber yang punya otoritas, bukan sumber sampah seperti inji barnabas!!

Buat yang antikristus, anti kafirun, anti Kristen, tolong dong kreatif dikit. Pakai sumber-sumberya ng punya otoritas untuk sharing.
# fidy 2013-07-05 18:32
*
To: Staff IDI,

Kalian pun sering menggunakan ayat Al-Quran untuk membenarkan keyakinan kalian, apakah kalian mengakui kebenaran Al-Quran? Tentu saja tidak bukan? Itu artinya kalian memilih dan memilah ayat yang sesuai dengan keyakinan kalian.

Begitulah kami umat Muslim dalam menilai kitab-kitab terdahulu yang sudah dirombak oleh para kaum kafirin. Kami mengutip ayat yang sejalan dengan Al-Quran untuk mendukung kebenaran Islam dan risalah Nabi Muhammad.

Sekali lagi, pandangan kami terhadap Injil Barnabas hanyalah sebagai sebuah kitab karangan murid Yesus yang ternyata isinya mendukung kebenaran Islam. Kami tidak mengimaninya 100% karena semua kitab-kitab terdahulu tidak ada yang abadi.
# Staff Isa dan Islam 2013-07-09 21:21
~
Saudara Fidy,

Kami atau teman-teman Kristen lain memang sering mengutip ayat Al-Quran. Tujuannya bukan untuk membenarkan apa yang kami sampaikan, tetapi untuk memperlihatkan bahwa apa yang kami sampaikan itu juga merupakan kebenaran dalam Al-Quran.

Dan lagi, Injil Barnabas sudah diketahui khalayak umum sebagai kitab palsu. Jadi sudah seharusnya siapapun tidak dapat menggunakan kitab tersebut sebagai pembenaran. Sebab, bagaimana mungkin yang bukan merupakan kebenaran dapat dianggap sebagai pembenaran?

Bila menurut saudara kami pun tidak boleh mengutip ayat Al-Quran, sebagaimana saudara tidak dibenarkan untuk mengutip dari Injil Barnabas, apakah menurut saudara Al-Quran sama dengan Injil Barnabas dalam hal ketidakbenarannya?

Ternyata kita mempunyai pandangan yang berbeda dalam hal mengimani sebuah kitab. Ternyata dalam Islam dibenarkan untuk memilah ayat-ayat mana yang mendukung dan membenarkan Muhammad. Islam pun memperbolehkan menggunakan kitab (yang diyakini Islam palsu) untuk membenarkan kenabian Muhammad. Menurut kami hal ini sungguh ironis, mencari pembenaran di tempat yang salah.

Yesus Kristus tidak mengajarkan pengikut-Nya untuk memilah-milah ayat. Bila seseorang telah mengimani sebuah kitab, maka dia harus menerima seluruh isi kitab tersebut. Walau itu menguntungkan ataupun tidak.

“Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat” (Injil, Rasul Besar Matius 5:37).
~
SO
# ishoma 2013-07-06 23:14
*
Fidy,

Staf IDI mengambil ayat dari Al-Quran bukan untuk mendukung kebenaran Yesus, karena tentang Yesus jauh lebih lengkap dikupas di Alkitab. Staf IDI hanya menampilkan bahwa Al-Quran yang kalian akui pun dengan jelas menyatakan siapa itu Yesus, hal ini tidak sejalan dengan pemahaman umat Islam tentang Yesus, ini yang aneh. Sedangkan Injil Barnabas kami tidak akui, karena terdapat kesalahan prinsipil di dalamnya.

Anda masih kekeh menggunakan Injil Barnabas, padahal jelas dalam kitab itu banyak kesalahan, mencari kebenaran dari suatu yang salah? Aneh.
# moer 2013-07-07 19:34
*
Fidy,

Dalam judul dan pendahuluan, penulis Injil Barnabas menulis demikian: True Gospel of Jesus, called Christ, a new Prophet sent by God to the world: according to the description of Barnabas his apostle. Namun dalam pasal 96, penulis mengatakan bahwa Yesus menyangkal bahwa Dia adalah Messiah

Dan ini bertolak belakang juga dengan keterangan anda berikut ini: Semua Nabi dan Rasul-NYA adalah “Mesias” (orang-orang yang diurapi Tuhan), di dalam Al-Quran hanya Nabi Isa yang dikatakan Almasih karena beliau Rasul terakhir dari bani Israil. “Mesias” dalam Injil Barnabas sesuai pengakuan Yesus adalah Nabi Akhir Zaman yang dijanjikan Allah untuk seluruh manusia sementara Yesus hanya “Mesias” bagi rumah Israil (Barnabas 82:17-18)

Bisakah saya minta tolong anda kutipkan Injil barnabas 82:17-18 sesuai teks Injil Barnabas terjemahan bahasa Indonesia?

Terimakasih.
# fidy 2013-07-08 10:36
*
Moer,

Pada pasal dan ayat berapa ada pembukaan seperti itu di dalam Injil Barnabas? Yesus hanya menyangkal sebagai “Mesias” Nabi Keselamatan untuk seluruh dunia, namun Yesus tak pernah menyangkal sebagai “Mesias” Nabi Kesematan untuk kaum Israil, baca lagi ayatnya;

Barnabas 82:17-18: "Yesus menjawab: “Sesungguhnya benar aku diutus kepada rumah Israil sebagai Nabi keselamatan. Akan tetapi Messias itu akan datang sesudah aku, seorang utusan dari Allah untuk seluruh dunia yang karenanya Allah menciptakan dunia."
# Staff Isa dan Islam 2013-07-11 17:17
~
Saudara Fidy,

Injil Barnabas mengatakan “Muhammad adalah Mesias, dan Isa selalu menyangkal bahwa Ia bukan Mesias” (Lihat bab 3, 42, 82).

Sedangkan dalam Al-Quran dikatakan Isa Al-Masih adalah Mesias.

Pertanyaan kami: Menurut saudara Fidy smanakah yang benar: Muhammad adalah Mesias atau Isa Al-Masih?
~
SO
# moer 2013-07-08 17:14
*
Fidy,

Silakan anda baca prolog Injil Barnabas. Ada tertulis seperti yang saya kutip.

Selanjutnya Barnabas 82:17-18: "Yesus menjawab: “Sesungguhnya benar aku diutus kepada rumah Israil sebagai Nabi keselamatan. Akan tetapi Messias itu akan datang sesudah aku, seorang utusan dari Allah untuk seluruh dunia yang karenanya Allah menciptakan dunia."

Perhatikan ayat 17 mengatakan bahwa Yesus diutus hanya sebagai nabi keselamatan bagi Israel, dan ayat 18 mengatakan tetapi mesias akan diutus setelah Yesus.

Orang bodoh juga tahu bahwa maksud dari ayat tersebut bahwa Yesus bukanlah mesias namun mesias akan datang setelah Dia. Anda tidak perlu menambahkan mesias nabi keselamatan, karena tidak demikian yang tertulis dalam ayat di atas.

Kesimpulan: Penulis tidak tahu bahwa Kristus = Mesias.
Barnabas yang mana yang tidak tahu bahwa Kristus = Mesias?
# moer 2013-07-08 17:19
*
Fidy,

Seperti yang saya bilang sebelumnya masa pelayanan Barnabas adalah bersamaan dengan masa pelayanan Paulus. Kenapa anda cerewet mencaci maki paulus tapi anda dengan mudahnya menerima isi Injil Barnabas hanya karena dia mengukirkan nama nabi anda dalam kitabnya?

Terlebih lagi ternyata yang menulis Injil tersebut hanya mengaku sebagai Barnabas. Karena Barnabas teman Paulus tidak mungkin tidak mengetahui bahwa Kristus = Mesias.

Dan sekali lagi saya katakan bahwa manuskrip Injil Barnabas yang tertua adalah yang disimpan di Wina, yaitu yang diperkirakan ditulis sekitar tahun 1500. Adakah manuskrip lainnya yang menurut anda lebih tua dari manuskrip tersebut?
# ishoma 2013-07-08 23:26
*
Fidy,

Jelas kisah Yesus lebih lengkap dan akurat di Alkitab, sebab ditulis oleh saksi mata yang bersama Dia. Mengenai Yesus di usia 12-30 memang tidak ditulis di Injil, sebab masa itu adalah masa Yesus hidup sebagai manusia pada umumnya, tetapi ketika umur 30 disitulah masanya Yesus mengerjakan karya keselamatan bagi manusia, dan itulah yang dicatat lebih fokus dalam Injil.

Kami tidak pernah mengakui kebenaran Al-Quran, kami hanya tunjukkan bahwa di Al-Quran yang anda akui pun sudah jelas menyatakan hakikat Yesus. Jadi tanpa Al-Quran pun, kami sudah dipuaskan tentang Yesus melalui Alkitab. Beda dengan anda, yang harus memilah ayat di Injil Barnabas untuk mendukung kenabian Muhammad.
# fidy 2013-07-09 02:01
*
Moer

Awalnya Barnabas memang berteman dengan Paulus, namun ketika Barnabas mengetahui kesesatan Paulus maka Barnabas pun menentang ajaran Paulus. Kitab anda mencatat pertentangan Barnabas dengan Paulus ;

Kisah Rasul 15:39 “Hal itu menimbulkan perselisihan yang tajam, sehingga mereka berpisah dan Barnabas membawa Markus juga sertanya berlayar ke Siprus.”

Yang bilang manuskrip tertua Injil Barnabas baru ditulis pada tahun 1500 dengan bahasa Italia hanyalah pernyataan dari kaum Kristen. Pada kenyataannya Injil Barnabas yang ditemukan pada 2012 lalu di Turki ditulis dengan bahasa Aramaik. Jauh sebelumnya Kitab tersebut juga pernah ditemukan.
# Staff Isa dan Islam 2013-07-12 10:37
~
Saudara Fidy,

Karangan cerita dimana lagi tulisan saudara di atas? Apakah karena ayat dari Kisah Para Rasul 15:39 yang saudara kutip di atas? Tahukah saudara perselisihan apa yang terjadi antara Barnabas dan Paulus saat itu?

Dari tulisan saudara, kami melihat saudara sangat menguasai Injil Barnabas dan Alkitab. Coba saudara bandingkan Barnabas dalam Alkitab dengan “Barnabas” yang menulis Injil Barnabas. Bila mereka adalah orang yang sama, tentu Barbanas versi saudara tidak akan melakukan kesalahan tulis dalam kitabnya mengenai geografi Israel dan juga adat-istiadat dan budaya abad pertama.

Selain itu juga coba saudara bandingkan tulisan-tulisan “Barnabas” dalam kitabnya dengan Alkitab. Apakah tidak ada kesalahan sama sekali? Seharusnya, bila benar Injil Barnabas ditulis oleh Barnabas yang terdapat dalam Alkitab, dia tidak akan menuliskan kesalahan-kesal ahan dalam kitabnya.
~
SO
# answer 2013-07-09 08:57
*
Ya ampn saudara Fidy, anda kalau komentar yang benar dong, jangan seperti anak kecil. Sungguh lucu sekali membaca coment buta dari kamu.

Kalau ditanya palsu atau asli silakan dijawab saja. Pilihannya hanya satu: palsu atau tidak.

Padahal sudah sangat jelas kalau Injil Barnabas itu palsu, tapi masih saja keras kepala. Kalau sudah dijelaskan, bukannya direnungkan, malah bebal.

Kalau mau bilang Injil palsu maka berikan bukti yang otentik dong, Jadi jangan cuma asal ceplas ceplos.

Contoh staf admin kalau ditanya tentang apa pun dan bisa menjelaskan dengan baik dan benar berdasarkan bukti-bukti dan data-data yang otentik. Ini baru namanya diskusi yang pintar.

Saya yang baca saja mengerti.
# moer 2013-07-09 10:11
*
Fidy,

Saya tidak memiliki Injil Barnabas terjemahan bahasa Indonesia, terjemahan dalam bahasa Inggris bisa anda baca secara online. Dengan membaca keseluruhan isi prolog tersebut anda akan tau bahwa prolog tersebut adalah tulisan dari penulis Injil Barnabas.

Okey saya mengabaikan penjelasan gila anda tentang pasal 82, karena ada pasal lain yang menolak Yesus sebagai mesias dalam Injil Barnabas ini.

Pasal 96 “Jesus answered: 'As God liveth, in whose presence my soul standeth, I am not the Messiah whom all the tribes of the earth expect”

Tolong anda yang punya terjemahan dalam bahasa Indonesia, silakan anda kutip terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Selanjutnya mari kita lihat cara anda menyikapi Injil Barnabas. Kami umat Kristen dengan tegas mengatakan tidak menerima keseluruhan Injil barnabas sebagai kitab yang pantas dijadikan acuan, apalagi dianggap sebagai suatu kebenaran.
# fidy 2013-07-09 11:34
*
Answer,

Injil Barnabas itu asli tulisan Barnabas, ini yang selalu saya tekankan dari awal diskusi. Asli tulisan Barnabas yang ditulis berdasarkan beberapa kutipan perkataan Yesus. Bukan Wahyu Allah, simple kan ?

Sudah jelas Injil Barnabas sudah ada sejak abad ke-4, tapi kalian tetap kekeh bahwa Injil tersebut baru ditulis abad 16. Padahal yang ditulis pada abad 16 adalah hasil terjemahan yang ditulis dengan bahasa Itali dan Spanyol.

Kitab Bible yang anda pegang saat ini adalah palsu sangatlah mudah dibuktikan, dengan banyaknya versi Bible itu sudah cukup bukti bahwa Kitab-kita terdahulu sudah banyak dirombak. Ada ayat tambahan yang tidak pernah dicantumkan dalam naskah/codex tertua. Mau bukti?
# Staff Isa dan Islam 2013-07-12 12:14
~
Saudara Fidy,

Kami tahu dari awal saudara menekankan bahwa penulis Injil Barnabas adalah Barnabas. Dan sedari awal juga kami mengatakan pendapat saudara tidak benar, dan kami juga telah mengajukan beberapa bukti yang menyatakan bahwa penulis Injil Barnabas bukanlah Barnabas. Sayangnya, saudara menutup mata dari bukti-bukti tersebut.

Juga, dari awal saudara tidak pernah berani memberi jawaban atas pertanyaan kami. Apakah saudara percaya Injil Barnabas asli atau tidak.

Kami tidak memerlukan pembuktian dari saudara. Karena kami sudah sering menerima bukti-bukti dari teman-teman Muslim yang mengatakan Alkitab palsu. Sayangnya, bukti-bukti yang mereka ajukan adalah bukti yang sudah sering beredar dan juga sudah sering kami tanggapi.

Bila memang saudara percaya bahwa Injil sudah palsu, lalu mengapa saudara masih mengutip Injil Barnabas untuk membenarkan nabi saudara? Apakah semata-mata karena ada pernyataan tentang Muhammad?
~
SO
# moer 2013-07-09 14:58
*
Fidy,

Masalah penomoran ayat saya rasa bukan hal yang terlalu prisip untuk diperdebatkan sepanjang kita bisa membaca isi Injil Barnabas.

Jika anda tidak menemukan prolog seperti yang anda tulis, mungkin anda bisa mencarinya lagi dengan lebih teliti, jangan malas ya.

Maaf merepotkan, bisakah anda kutipkan dari Injil Barnabas terjemahan bahasa Indonesia untuk ayat di bawah ini?

Pasal 96 “The priest answered: 'In the book of Moses it is written that our God must send us the Messiah, who shall come to announce to us that which God willeth, and shall bring to the world the mercy of God. Therefore I pray thee tell us the truth, art thou the Messiah of God whom we expect?'

Jesus answered: 'It is true that God hath so promised, but indeed I am not he, for he is made before me, and shall come after me.'

Psal 42 “Jesus confessed, and said the truth: 'I am not the Messiah”
# ishoma 2013-07-09 22:45
*
Fidy,

Benar kalau Injil Barnabas asli tulisan si barnabas, tapi barnabas yang mana? Anda katakan sudah ada sejak abad 4, apa mungkin Barnabas teman Paulus hidup sampai abad 4?

Yang kami maksud asli atau palsu adalah apakah benar Injil itu ditulis karna diilhami oleh Roh Kudus. Kami katakan tidak, sebab terdapat banyak kesalahan di dalamnya, diantaranya seperti dalam artikel di atas. Karena itulah kami katakan palsu, dalam artian bukan diilhami oleh Roh Kudus.
# answer 2013-07-10 12:23
*
To Fidy,

Jelas-jelas Barnabas tidak pernah menulis kitab suci. Di atas saja sudah dijelaskan siapa yang menulis Injil Barnabas mohon dibaca kembali.

Injil Barnabas ditulis oleh Mustafa de Arande. Ia seorang Muslim Arab berkebangsaan Spanyol, hidup sekitar tahun 1500.

Dia seorang Muslim yamg ingin memalsukan kitab suci, tapi sayangnya tidak bisa. Di dalamnya saja banyak kesalahan geografi, berarti dia tidak tahu apa-apa dan hanya menulis asal2-asalan. Guru besar Islam saja mengatakan Injil Barnabas palsu.

Kalau bung Fidy percaya Injil Barnabas, maka saudara menyangkal Al-Quran. Positif dong memilih kitab mana, Al-Quran atau Injil Barnabas? Tentukan pilihan jangan plin plan. Jangan hanya mengambil ayat yang terlihat memaksakan sekali pendapat tentang nubuatan nabi saudara.

Ya tentu saja saya minta bukti, jangan hanya pandai berbicara. Maka dari itu saudara buktikan bahwa Alkitab sudah tidak asli lagi di sini. Thanks.
# moer 2013-07-10 18:18
*
Fidy,

Ada beberapa poin yang bisa saya simpulkan dari diskusi kita kali ini:

1. Anda hanya mengetik dalam laptop anda ayat-ayat yang anda sukai dari Injil Barnabas tentang Muhmmad. Jadi wajar saja jika anda tidak mengetahui kesalahan-kesal ahan Injil Barnabas.

2. Anda ngotot sejak awal bahwa Injil Barnabas ditulis sebelum masa Muhammad, namun sayangnya, anda tidak bisa menampik fakta bahwa manuskrip Injil Barnabas tertua yang masih bisa kita lihat hanyalah yang tersimpan di wina yang ditulis sekitar abad ke 15.

3. Menurut anda Injil Barnabas adalah tulisan manusia yang tidak diilhami oleh Roh Kudus. Jadi sebaiknya anda tidak perlu mencari nubuatan Muhammad dalam kitab yang sama sekali tidak diilhami Roh Kudus. Bisa jadi pengarang Injil tersebut diilhami oleh setan lho, apa anda mau menodai keindahan Islam dengan Injil yang ditulis oleh orang tak dikenal dan tidak diilhami oleh Roh Kudus?
# moer 2013-07-10 18:32
*
Fidy,

4. Anda mengatakan bahwa Injil Barnabas sama seperti Injil kanonik yang lain. Tapi saya pikir semua orang yang membaca tulisan anda di sini akan bisa menangkap bahwa anda lebih mempercayai isi Injil Barnabas dari pada Injil kanonik. Tidak sekalipun anda dengan tegas mengatakan bahwa Injil Barnabas adalah palsu, terdistorsi, corrupted dll sedangkan anda bisa baca kembali ucapan-ucapan anda mengenai Injil kanonik.

5. Anda mengatakan Injil Barnabas ditulis oleh murid Yesus yang bernama Barnabas. Namun anda juga menulis Injil Barnabas ditulis pada abad ke 4, rupanya anda mulai sama bingungnya seperti Vra Morano.

Dari beberapa poin yang saya tulis di atas terlihat jelas bahwa anda hanya termakan isu murahan Injil Barnabas dan tidak pernah memiliki keinginan untuk mencari kebenaran, tidak mampu menghadapi kenyataan, dan bahkan pada titik-titik tertentu anda berusaha menyembunyukan kebenaran.
# ishoma 2013-07-10 21:14
*
Fidy,

Anda kelihatan sekali plin-plan.

1. Jika yang menulis itu adalah Barnabas teman Paulus, pada abad keberapa Injil itu ditulis? Ada buktinya? Kalau kami katakan abad 15, kami punya buktinya.

2. Jika Barnabas teman Paulus yang menulis, masakan banyak terdapat kesalahan geografi dan juga penggunaan mata uang di dalamnya? Pasti Barnabas teman Paulus tahu kondisi geografi dan mata uang pada saat itu.
# answer 2013-07-11 15:35
*
To Fidy,

Saya sangat prihatin sekali tentang anda. Apa pun akan anda lakukan sebagai pembenaran untuk saudara walaupun dari sumber yang salah.

Yang jadi pertanyaannya adalah siapakah anda? Jelas-jelas di atas sudah dijelaskan siapa yang menulis Injil Barnabas. Dan lagi siapakah anda? Apakah anda yang tidak pernah melihat naskah Injil Barnabas secara langsung, dapat menyatakan argumen anda seakan-akan benar. Padahal parah ahli di sana menyatakan Injil Barnabas adalah palsu dan Guru besar Islam pun tidak mengakuinya. Pintarlah sedikit dalam berargumen.

Jawablah dengan tegas asli atau palsu Injil Barnabas? Karena jawaban anda terlihat plin-plan.

Dan lagi atas jawaban anda sebelumnya, akan menunjukan bukti bahwa Alkitab sudah palsu? Mana buktinya? Jangan sampai para pengunjug situs ini melihat anda bak pepatah "tong kosong nyaring bunyinya"

Wassalam.
# Staff Isa dan Islam 2013-07-12 12:13
~
Saudara Fidy dan Sdr. Moer,

Maaf komentar saudara kami hapus, karena kami lihat sepertinya diskusi saudara berdua sudah terlalu jauh melebar. Sebenarnya inti di artikel di atas sangat sederhana sekali. Apakah saudara percaya Injil Barnabas sebagai kebenaran dari Allah atau tidak. Pilihannya: Percaya atau tidak. Itu saja!

Sdr. Fidy,
Kami mencoba untuk kembali membaca penjelasan saudara mulai dari awal saudara bergabung di artikel ini. Kesimpulan yang kami ambil hanya satu: Saudara

1. Saudara tidak berani menyatakan secara tegas apakah Injil Barnabas asli atau palsu. Karena di dalam kitab tersebut ada berita tentang Muhammad.

2. Saudara menyatakan Barnabas menulis kitabnya dengan mengutip pernyataan Yesus. Sementara saudara sendiri mengatakan bahwa Alkitab adalah tulisan manusia, bukan wahyu Allah.

3. Demi membela nabi saudara, saudara telah menutup hati saudara dari kebenaran yang ada. Sehingga, seberapa jelaspun kami dan teman-teman lain mengajukan bukti tentang kepalsuan Injil Barnabas, saudara akan tetap membenarkan kitab tersebut demi nabi saudara.

4. Ironisnya, haruskah saudara mengambil ajaran yang palsu demi membenarkan nabi saudara?

Saran kami, daripada saudara menghabiskan waktu untuk menyelidiki kitab yang sudah jelas-jelas dinyatakan palsu, bahkan oleh seorang Guru Besar Islam, lebih baik waktu tersebut saudara gunakan untuk merenungkan, apakah saudara sudah berkenan di hadapan Allah.
~
SO
# Staff Isa dan Islam 2013-08-15 18:51
~
Saudara Paulus,

Terimakasih untuk setiap penjelasan-penj elasan yang telah saudara berikan. Namun maaf karena terpaksa penjelasan saudara tersebut kami hapus karena melanggar ketentuan yang ada.

Saran kami, bila saudara ingin memberikan komentar, silakan memberi komentar yang berhubungan dengan isi artikel di atas. Seperti memberi jawaban atas tiga pertanyaan kami di bawah ini:

1. Apakah ada alasan mengapa orang Mukmin atau Kristen perlu memperhatikan atau percaya kepada Injil Barnabas?

2. Mengapa orang-orang Islam masih percaya pada Injil Barnabas yang jelas palsu?

3. Bagaimana cara menolong orang-orang, terutama guru-guru agama, agar tidak mendukung  “Injil” Barnabas yang jelas palsu ini?

Demikian, kami harap diskusi kita akan menjadi semakin terarah dan tidak keluar dari topik artikel.
~
SO
# Staff Isa dan Islam 2013-08-31 15:01
~
Kiranya komentar yang diberikan hanya menanggapi pertanyaan-pert anyaan berikut ini:

1. Apakah ada alasan mengapa orang Mukmin atau Kristen perlu memperhatikan atau percaya kepada Injil Barnabas?

2. Mengapa orang-orang Islam masih percaya pada Injil Barnabas yang jelas palsu?

3. Bagaimana cara menolong orang-orang, terutama guru-guru agama, agar tidak mendukung  “Injil” Barnabas yang jelas palsu ini?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk komentar atau pertanyaan yang berbeda, silakan kirim lewat email ke staf kami di: .
~
SO
# Fidy 2013-09-04 00:36
*
Staff Isa dan Islam

1. Puluhan kali kami selalu menyampaikan bahwa Injil Barnabas dan puluhan Injil lainnya hanyalah karangan manusia. Allah hanya menurunkan satu Injil, yaitu yang diturunkan kepada Nabi Isa. Kami menganggap Injil Barnabas sebagai Kitab yang ditulis pra Islam namun isinya tentang kebenaran Islam dan nubuat kedatangan baginda nabi Muhammad.

2. Bible yang anda miliki memang karangan manusia, isinya sebagian kecil sabda Yesus, sementara sebagian besarnya karangan Paulus.

3. Kalianlah yang sebenarnya telah menutup mata hati kalian. Allah sudah banyak memberikan bukti kebenaran Islam, seperti Penemuan naskah Laut Mati di Gua Qumran, Injil Thomas di Naghamdi-Mesir, dan baru2 ini penemuan Injil Barnabas apakah tidak cukup bukti ? Bukalah mata hati Saudara.

4. Pertanyaan yang sama untuk anda, anda sering mengutip ayat Al-Quran, apakah anda meyakini kebenaran Al-Quran?
# Staff Isa dan Islam 2013-09-30 16:30
~
Saudara Fidy,

1. Adalah hak saudara untuk mengatakan Injil hanya karangan manusia. Kami dan juga teman-teman Kristen lain sudah berpuluh-puluh kali menjelaskan kepada saudara apa yang dimaksud dengan “Injil.” Juga, tidak ada yang disebut dengan “Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa.” Karena kepada Isa Al-Masih tidak pernah diturunkan satu kitab sebagaimana Al-Quran diturunkan kepada nabi saudara.

Saran kami, cobalah untuk konsisten dengan perkataan saudara. Bila saudara menolak sebuah kitab, mengapa saudara harus menerima sebagian isi kitab tersebut, hanya karena membenarkan nabi saudara? Sebegitu lemahkah kenabian Muhammad sehingga saudara harus mengutip Injil palsu untuk membenarkannya?

2. Alkitab yang kami pegang memang tulisan manusia. Tetapi bukan semata-mata karangan manusia. Mereka yang menulis kitab tersebut, menuliskannya sesuai dengan pimpinan dari Roh Kudus.

3. Memang benar kami sering mengutip ayat Al-Quran. Baik ketika memberi tanggapan maupun dalam artikel yang kami tulis. Namun bukan berarti kami mempercayai isi Al-Quran. Kami mengutipnya agar umat Muslim yang membaca artikel serta jawaban kami, tidak mengatakan kami hanya mengada-ada.
~
SO
# answer 2013-09-19 22:05
*
To Fidy,

Sungguh menyedihakannya saudara, jika saya bilang anda itu bebal sekali. Semoga staf admin sabar dalam menjawab komen kekanak-kanakan dari saudara.

Sebegitu cintanya akan nabi saudara sampai-sampai Injil palsu pun anda jadikan pembenaran buat nabi saudara. Berarti bisa saya ambil kesimpulan bahwa Al-Quran itu berdiri di atas pasir yang berlandaskan kepalsuan.

Bagaimana tidak? Anda yang tahu sendiri. Ulama sedunia pun memerintahkan agar umatya menjauhi Injil Barnabas, karena itu Injil PALSU. Tetapi anda dengan seenaknya mencomot ayat yang sesuai keinginan saudara. Inilah yang menyedihkan sekali.

Satu ayat untuk saudara: “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?” (Injil Matius 7:15-16)
# cari tau 2013-10-08 09:22
*
To IDI,

Adakah surat keputusan atau maklumat yang menyatakan Injil Barnabas palsu?
# Staff Isa dan Islam 2013-10-08 20:53
~
Saudara Cari Tau,

Untuk mengetahui apakah Injil Barnabas palsu atau tidak, menurut kami tidak diperlukan surat keputusan atau maklumat. Sebab, dari isinya saja kita sudah dapat melihat bahwa Injil ini palsu.

Selain itu juga terdapat cukup banyak kejanggalan-kej anggalan yang menyatakan bahwa kitab ini palsu. Bahkan hanya dengan berpatokan pada bukti-bukti kejanggalan tersebut, para ahli arkeologi menyatakan injil tersebut palsu.

Dan pada tanggal 28 Februari 2012, satu minggu setelahnya, Menteri Kebudayaan Turki menarik kembali statementnya mengenai kitab ini dan kitab tersebut dikeluarkan dari Museum Ankara.
~
SO
# semprul 2013-10-08 09:41
*
IDI mengatakan jika mengimani Al kitab harus mutlak mempercayai 100% isinya. Tetapi saat anda menjawab hukuman potong tangan istri anda nengatakan itu hal tidak baik.

Anda selalu menekankan nabi penulis kitab dibimbing Roh Kudus yang tidak mungkin salah. Saat anda dimintai pendapat masalah nabi anda yang berpoligami dan bergundik, anda menyatakan nabi adalah manusia biasa yang juga melakukan dosa dan kesalahan.
# Staff Isa dan Islam 2013-10-08 20:53
~
Saudara Semprul,

Maaf kami kurang mengerti, sebenarnya saudara ingin kami menjelaskan apa atas komentar saudara di atas? Hal-hal yang saudara tuliskan di atas, sudah sering kami jelaskan di forum ini. Jika ada yang lebih spesifik yang ingin saudara tanyakan, silakan saudara menuliskan secara singkat dan jelas. Agar kami dapat menjawab sesuai dengan yang saudara inginkan.

Dan lagi, artikel di atas sedang membahas Injil Barnabas. Bukan masalah poligami, gundik, atau hukum potong tangan isteri. Kiranya komentar saudara tidak keluar dari topik diskusi kita.
~
SO
# Novie_Paath@manado 2014-01-10 11:21
~
Ini sebagai usulan saja bagi umat Islam,

Setiap tanggapan dari umat Islam dalam semua tulisan mengenai tulisan Barnabas, bukan cuma dalam web ini tapi semua web yang saya baca tentunya mengenai Injil Barnabas. Sepertinya lebih pas bila dikatakan Al-Quran Barnabas, bukan Injil Barnabas.

Karena, yang sangat-sangat dan sangat mengimani kitab Barnabas umat Muslim, bukan kami umat Kristen. Jadi sebagai usulan saya, bagaimana kalau tulisan Barnabas itu ditambai saja dalam Al-Quran. Supaya lebih sah, biar umat Kristen tahu bahwa umat Islam mengimani surat tersebut.

Yesus memberkati kita semua.
# capila 2014-01-22 11:04
buat staf isa dan islam
apakah anda punya versi online nya untuk melihat isi injil barnabas yang anda kutip diatas, mohon ditunjukkan
karena kami pun ingin melihatnya.
n satu lag yang saya ingin sampaikan kenapa email saya belum dijawab yang saya kirimkan melalui terima kasih
# yudha 2014-02-25 13:00
Bagaimana cara menolong orang-orang, terutama guru-guru agama, agar tidak mendukung “Injil” Barnabas yang jelas palsu ini? dan bisa membuktikan secara gamblang dan jelas bahwa injil barnabas ini jelas salah ?
Menurut saya jelas salah dan tidak otentik lagi, tetapi saya belum mampu menjelaskan letak kesalahan dari injil barnabas tersebut karena saya tidak punya sumber literatur dari injil barnabas tersebut. DImana saya bisa mendapatkan literatur sumber injil barnabas secara lengkap sehingga saya bisa menjelaskan kepada mereka dengan jelas bahwa injil barnabas tersebut adalah salah.
*nb: saya seorang Kristiani yg memegang teguh iman saya.
# lukman 2014-02-25 13:37
kami muslim wajib mempercayai kitab2 sebelum alquran,,dan itu merupakan salah satu rukun iman dalam islam,,kami percaya injil barnabas karena injil barnabaslah yang merupakan perkataan nabi isa as yang ditulis,,tidak seperti injil yang sekarang yang memiliki banyak perkataaan manusia laknat,,seperti paulus,,,
# Kiswandi 2014-03-01 13:12
Adakah firman yg menyebutkan 1, Isa alm asih sebagai jelmaan Allah. Atau hanya sebatas pemikiran manusia.jdi bukan firman Allah sendiri. Atau firman yg diri nabi Isa sendiri menyebut dirinya jelmaan Allah
Apakah Isa anak Allah. Karena di di Markus 10:45 menerangkan karena anak Manusia , bukan anak Allah.
# kasbrunks 2014-03-03 19:16
1. kita tahu bahwa ajaran Isa,, ditulis ulang oleh murid2nya,,, (# murid nabi isa bukan hanya 4 orang) mengapa ada pemusnahan kitab tulisan dari murid2 Isa selain 4 orang tsb,,jika dari 12 kitab,, mengapa harus 8 kitab yg salah,, (12 adalah murid utama Isa,, sedang murid yg lain tentu lebih banyak,,) apakah dari semua murid Isa,, hanya 4 saja yg betul, selain ke 4 itu ,semua salah,, hingga harus di musnahkan,, ?
Injil barnabas hanyalah salinan dari salah satu kitab yg di musnakah oleh gereja,, wajar jika muslim mencari tau, mengapa ada pemusnahan kitab2 dari murid Isa, selain 4 Orang, apakah mungkin jika pendapat 4 orang lebih benar dari pemahaman (minimal 8 orang)beberapa orang,, lalu mengapa harus ada pemusnahan selain 4 orang tsb,
# GT 2014-03-09 06:55
tidak mungkin Injil Barnabas dihasilkan oleh orang Islam sendiri kerana:

Injil Barnabas membenarkan meminum anggur (arak) tetapi Islam melarang keras.
Barnabas menggalakkan perkawinan monogami sedangkan Islam membenarkan poligami jika mampu.
Ucapan syahadah tidak sama dengan ucapan syahadah orang Islam berbahasa Arab masa kini. (wikimapia).
# GT 2014-03-09 07:05
Mustafa de Arande. Ia seorang Muslim Arab berkebangsaan Spanyol, hidup sekitar tahun 1500 betul itu terjemahan Injil Barnabas dalam bahasa spanyol...

Kalo Injil Barnabas yang dimaksud adalah Injil barnabas dengan Bahasa aramaic(bahasa Yesus)... yang sekarang ada dimesir

Namun kini terdapat satu salinan yang lebih lama iaitu berusia lebih 1500 tahun dalam bahasa Aram lama yang ditemui di Turkey yang kini disimpan di Istana Kehakiman di ibu negara Turki, Ankara (wikipedia)...
dan Wikipedia lebih jelas daripada situs ini... pengelolanya Gak jelas Siapa...Jangan2 Gak Lulus SD...
# GT 2014-03-09 07:07
Mustafa de Arande. Ia seorang Muslim Arab berkebangsaan Spanyol, hidup sekitar tahun 1500 betul itu terjemahan Injil Barnabas dalam bahasa spanyol...

Kalo Injil Barnabas yang dimaksud adalah Injil barnabas dengan Bahasa aramaic(bahasa Yesus)... yang sekarang ada di turki

Namun kini terdapat satu salinan yang lebih lama iaitu berusia lebih 1500 tahun dalam bahasa Aram lama yang ditemui di Turkey yang kini disimpan di Istana Kehakiman di ibu negara Turki, Ankara (wikipedia)...
dan Wikipedia lebih jelas daripada situs ini... pengelolanya Gak jelas Siapa...Jangan2 Gak Lulus SD...
# GT 2014-03-09 07:19
Injil barnabas yang ditemukan diturki ini, jauh lebih tua (1500tahun) dari Injil yang sekarang, apalagi masih menggunakan bahasanya yesus...

Kalo itu dibilang tidak asli bagaimana nasib injil sekarang yang sumbernya Injil bahasa yunani ( bahasa paulus)..

Pikir sendiri deh..
# I Love JC 2014-04-04 12:50
Kami hanya mengakui kebenaran 4 Injil dalam Alkitab, yakni Injil Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes. Selain ke-4 injil tersebut kami tidak mempercayai adanya injil lain. Selain 4 injil tersebut kami sebut adalah kitab. Termasuk katanya ada injil Barnabas!! -___-

Saya sendiri belum pernah membaca kitab/injil Barnabas
# sukma 2014-04-14 08:38
Mengapa kita mesti ( umat muslim )memperdebatkan kepalsuan injil barnabas, toh itu bukan kitab kita. Taburilah kitab suci kita yang sudah terjamin kebenarannya dan tak akan pernah berubah. Dalam surah Al Kafirun sudah ditegaskan "Untukmulah agamu dan untukulah agamaku". Sampaikanlah kebenaran dengan santun karena itula islam yang hakiki.
Kalau umat kristen masih mencari kitab asli mereka sebenarnya mereka masih meragukan kebenaran kitabnya, lalu buat apa Alquran diturunkan melalui Nabi Muhammad saw, jika injil masih dalam keadaan yang sebenar benarnya. Semua sudah dijelaskan dalam Alquran
isadanislamstudi.com

* Untuk bisa masuk ke pelajaran kursus ini, non-aktifkan 'pop-up blocker' komputer Saudara dengan meng-klik di sebuah 'bar' di bawah 'status bar' di bagian atas layar komputer

Isa Islam Dan Kaum Wanita

Click gambar di samping untuk artikel - artikel untuk wanita Muslim


 

www.isaislamdankaumwanita.com