Ikuti Isa dan Islam di Facebook Ikuti Isa dan Islam di Tweeter

Perkembangan Kristen, Islam Dalam 100 Tahun Pertama Sejarahnya

kuda perangTanggal Hijrah 622M adalah permulaan agama Islam. Kelahiran agama Kristen terhitung dari penyaliban dan kebangkitan Isa Al-Masih, 33M. Apa yang dapat kita pelajari dari perkembangan Kristen dan Islam dalam 100 tahun pertama sejarahnya? Bagaimana dampaknya pada kita?

Perkembangan Islam 622-722M (100 tahun pertama)

Ini adalah masa jaya agama Islam. Perkembangannya dalam 100 tahun pertama masih mengherankan dunia.

Nabi Islam adalah Jenderal hebat. Selama hidupnya tentaranya terlibat dalam 27 perang. Antara lain: Perang Khaibar, Badar, Uhud, Tabuk dll.

Wafatnya Nabi tidak menghentikan peperangan dan kemenangan tentara Islam. Mereka  menaklukkan Suriah (634-641), Mesir (639-642), Irak dan Iran (633-651), Sind di Pakistan (711-714), Afrika Utara (647-742), Spanyol (711-721), dan Uzbekistan (673-751).

Dalam 100 tahun pertama Kalifah Islam meliputi daerah dari Spanyol sampai Pakistan dan dari Uzbekistan sampai Afrika Utara. Dalam sejarah dunia belum ada perkembangan kerajaan raksasa secepat perkembangan Kalifah Islam.

Kita tidak tahu berapa banyak tentara Islam serta lawannya mati dalam abad peperangan ini.

kuburan kristenPerkembangan Kristen antara 33-133M (100 tahun pertama)

Untuk menyelamatkan Isa Al-Masih dari salib, Rasul Petrus melawan tentara dengan pedangnya.  Isa langsung melarangnya menggunakan pedang (Injil, Matius 26:50-56)!

Sesudah kebangkitan-Nya, penganiayaan umat Kristen dimulai:

  • 33-35M – Stephanus, seorang penginjil, dirajam sampai mati. Raja Yahudi membunuh Rasul Yakobus. Penganiayaan besar terjadi. (Injil, Kisah Para Rasul 7, 12:1-2).
  • 41-54M – Kaisar Claudius mengusir Pengikut Isa dari Roma, ibu kota kerajaan.
  • 64-68M – Kaisar Nero mengadakan penganiayaan brutal pada Pengikut Isa.
  • 81-96M – Kaisar Domitian membunuh orang yang tidak mengakui dia sebagai Tuhan.
  • 98-117M – Kaisar Trajan membuat kebijakan untuk membunuh pengikut Isa yang tidak menyembah dewa-dewa Romawi.
  • Yang aneh, walau penganiayaan terus-menerus, jumlah pengikut Isa Al-Masih terus bertambah.

Beda Orang “Kristen” dan Pengikut Isa

Pengikut Isa tidak memakai kekerasan dalam agama. Sayang, setiap orang yang dipanggil “Kristen,” bukan pengikut Isa Al-Masih. Jika Anda melihat orang “Kristen” memakai kekerasan dalam agama, Anda pasti tahu orang itu bukan “Pengikut Isa”!

Isa melarang penyebaran agama dengan kekerasan! Email kami kalau Anda setuju dengan larangan Isa tersebut,

Perkembangan Agama Islam Masa Ini

Kebanyakan Mukmin mengakui agamanya “agama damai” dan “agama kasih.” Jadi orang Islam juga menolak kekerasan dalam memajukan agama, bukan?  Tidak ada paksaan dalam agama (Quran, Sura al-Baqarah [2]:256). Lagi, menurut prinsip-prinsip Pancasila dan PBB setiap orang Indonesia bebas beragama, termasuk bebas berganti agama. Setujukah Anda seseorang berhak ganti agama?

Jadi, Kristen dan Islam semestinya menolak kekerasan dalam agama. Harapan kita supaya penganiayaan dan perang agama hilang dari dunia.

Isa Al-Masih – Raja Damai

Ratusan tahun sebelum kelahiran Isa Al-Masih, Nabi Besar Yesaya meramalkan kelahiran putera yang bergelar, “Raja Damai” (Kitab Nabi, Yesaya 9:6). Isa “Raja Damai,” melarang pemakaian kekerasan dalam agama. Lagi Ia “Raja Damai” karena setiap orang yang menerima Dia sebagai Juruselamat mengalami damai sorgawi dalam hati (Injil, Yohanes 14:27)!
[Staf Isa dan Islam – Untuk masukan atau pertanyaan mengenai artikel ini, silakan mengirim email kepada Staff Isa dan Islam.]
Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Menurut Anda, mengapa agama Kristen dapat maju dalam 100 tahun pertama tanpa memakai kekerasan?
  2. Bagaimana kita dapat membedakan orang yang mempunyai nama “Kristen” dari “Pengikut Benar” Isa Al-Masih? (Kalau ragu-ragu, silakan menghubungi staff IDI.)
  3. Menurut Anda apakah dampaknya pada agama Islam dan Kristen masa ini akibat cara dua agama ini diperkembangkan pada 100 tahun pertama sejarahnya?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Hanya diperbolehkan menjawab salah satu pertanyaan fokus yang terdapat di bagian akhir artikel. Komentar yang tidak berhubungan dengan salah satu pertanyaan fokus, pasti akan dihapus. Harap maklum!
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# Isa Jesus yesus 2017-09-14 07:02
~
Yesus: aku tidak pernah merestui kewujudan tentera salib dan peperangan salib.

“Sebab, umat-Ku bodoh, mereka tidak mengenal Aku. Mereka adalah anak-anak yang tolol dan mereka tidak memiliki pengertian. Mereka pintar melakukan yang jahat, tetapi melakukan yang baik mereka tidak tahu.” (Yeremia 4:22).
# Staff Isa dan Islam 2017-09-21 16:34
~
Sdr. Isa Jesus,

Ayat yang saudara lampirkan bukanlah perkataan Isa/Yesus melainkan perkataan Nabi Yeremia yang mewakili Allah, rasa sakit dan sedih karena umat Allah lebih memilih berdosa dari pada melakukan kehendak Allah, hal itu membawa mereka kepada kehancuran. Silahkan mengemail kami untuk membahas hal ini di .

Kami sangat setuju bahwa Isa Al-Masih tidak pernah merestui kekerasan dalam menyebarkan agama seperti perang salib dan segala bentuk kekerasan, karena hal itu bertentangan dengan sifat Isa Al-Masih dan juga ajaran-Nya yang diajarkan kepada pengikut-pengikut-Nya.

“Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.” (Injil, Rasul Matius 5:44).
~
Purnama
# just4x2s 2017-09-14 11:23
*****
1. Kristen ajaran damai maka penyebarannya juga secara damai, dapat berkembang pesat karena Allah sendiri yang bekerja.

2. Orang real Kristen hidup berdasar Alkitab firman Tuhan (Yesus) dan bimbingan Roh Kudus
( Bapa-Putra- Roh Kudus). Kehidupan Kristen diluar ini akan menyimpang.

3. Akibatnya untuk saat ini Kristen konsisten dengan penyebaran damainya (sesuai Injil). / Islam ya sesuai kitabnya, seperti yang dilakukan oleh nabinya saat penyebarannya.
# Staff Isa dan Islam 2017-09-21 17:11
*****
Saudara Just4x2s,

Terimakasih sudah menjawab pertanyaan kami. Kami senang dengan tanggapan saudara.

1. Tepat yang saudara sampaikan, Kristen adalah pembawa damai karena hal itulah yang diajarkan Isa Al-Masih. “Orang-orang yang membawa damai akan disebut anak-anak Allah.” (Injil, Rasul Matius 59).

2. Pengikut Isa Al-Masih sudah seharusnya melakukan apa yang diperintahkan Isa Al-Masih. “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:15).

3. Jawaban saudara kiranya dapat menjadi perenungan bagi para pengunjung forum ini.
~
Purnama
# pengamat 2017-09-18 20:38
~
Saya tidak tertarik untuk membahas fokus pertanyaan dari redaksi. Saya lebih tertarik untuk membahas permulaan agama Islam. Islam sebenarnya sudah ada sejak zaman nabi Adam. Buktinya adalah kalimat tauhid, tiada Ilah selain Allah. Nabi Adam sudah mengenal itu. Bahkan perintah solat sudah ada juga. Apa ibadah nabi-nabi terdahulu? Ya solat itu, sujud kepada Allah pencipta langit dan bumi. Nabi isa / Yesus juga melakukannya, buktinya sudah terekam dalam kitab Injil. Yesus adalah Muslim. Islam menjadi lebih sempurna dengan kedatangan Muhammad. Nabi Islam adalah penyempurna ajaran Yesus Kristus dan nabi-nabi sebelumnya.
# Staff Isa dan Islam 2017-09-21 18:56
~
Saudara Pengamat,

Kami berterimakasih untuk komentar saudara sudah menanggapi artikel ini walaupun sdr tidak tertarik menjawab pertanyaan kami tetapi kami akan menanggapi komentar saudara. Menarik jika didiskusikan semuanya, untuk itu silahkan saudara mengemail kami di untuk mendapat jawaban secara tegas sesuai fakta kebenaran.

Faktanya agama Islam didirikan oleh Muhammad di tahun 622M, bukan ada sejak Nabi Adam. Silahkan saudara pelajari sejarahnya agar tidak keliru dan beranggapan. Begitu juga dengan solat, bukankah solat ada setelah Muhammad? Karena solat adalah ajaran nabi Islam. Isa Al-Masih tidak pernah melakukan solat, jika ada silahkan sdr tunjukkan itu tertulis di mana dalam Injil? Dan lagi, anggapan saudara bahwa Isa Al-Masih adalah Muslim sama sekali keliru. Apa lagi klaim saudara nabi Islam sebagai penyempurna, apa yang disempurnakan? Dan mengapa penyebaran awalnya dimulai dengan perang? Berharap saudara dapat menjawabnya.
~
Purnama
# just4x2s 2017-09-19 15:17
~
To pengamat:

Kristen memang berserah diri pada Allah.
Di doa Bapa kami, “terjadilah kehendak-Mu” Kristen = Muslim. Tapi kita harus lihat lebih mendalam: Mana yang lebih berserah diri, Kristen apa Islam?

Yesus mengajarkan yang sudah disatukan Allah tidak bisa dipisahkan manusia.

Islam yang telah dipersatukan Allah bisa diceraikan manusia, ini salah satu ayat yang bisa Anda pertimbangkan mana yang benar-benar berserah diri.../ Muslim?
# Staff Isa dan Islam 2017-09-21 18:58
~
Saudara Just4x2s,

Baik sekali tanggapan saudara kepada komentar sdr Pengamat, kami berharap dapat dibaca dan direnungkan olehnya. Artikel di atas sudah menjelaskan dua hal yang berbeda dalam penyebaran agama Kristen dan agama Islam. Mana yang menekankan damai di antara keduanya? Kami harap hal ini dapat dikaji oleh setiap pengunjung forum ini.
~
Purnama
# NN 2017-09-19 18:10
~
Allah swt cuma tuhan palsu yang tak tahu nama perempuan pertama dan tak tahu umur Adam.
tunjukan dalilnya kalau Allah swt tahu, kalau tak tahu bukan Tuhan, karena Tuhan maha tahu.

Para nabi asli bani Israil, Tuhannya dalam bahasa Ibrani YHVH, tidak ada Allah dalam Taurat Ibrani karena allah bukan Tuhan.

Surat Maryam Ayat 17,
"Maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna."

Jibril cuma satu menjadi manusia.
Tuhan kristen cuma satu menjadi manusia.
Tuhan menjadi manusia yaitu Yesus.
# Staff Isa dan Islam 2017-09-21 18:59
~
Saudara NN,

Terimakasih untuk komentar saudara. Kami memahami apa yang saudara sampaikan tentang Allah swt, tetapi untuk saat ini kami tidak sedang membahas tentang Allah swt melainkan tentang bagaimana awal penyebaran agama Kristen dan Islam di 100 tahun pertama. Kami akan memberikan link yang tepat untuk mendiskusikan tentan Allah di https://tinyurl.com/bgq5sx5 silahkan di klik.

Jika tidak keberatan, bagaimana tanggapan saudara setelah membaca artikel di atas? Silahkan ditanggapi, terimakasih.
~
Purnama
# Percaya 2017-09-24 13:30
***
Sebenarnya agama Kristen bukanlah agama, karena agama adalah usaha manusia untuk menjangkau sang pencipta alam semesta, sedangkan Kristen adalah perjumpaan pribadi dengan Yesus Kristus, Tuhanlah yang menjangkau manusia, sejak manusia jatuh dalam dosa, tak seorangpun manusia yang bisa menjangkau Tuhan, karena Tuhan itu Maha suci, sedangkan manusia berdosa, pengabaran berita Injil disertai dengan kuasa Roh Kudus, Tuhan turut bekerja dan dengan kasih bukan dengan pedang.
GBU
# Staff Isa dan Islam 2017-09-24 18:09
***
Saudara Percaya,

Kristen adalah sebutan bagi pengikut Isa Al-Masih yang hidupnya percaya dan mengikuti teladan Isa Al-Masih. Kami setuju dengan saudara bahwa tidak ada manusia yang dapat menjangkau Tuhan dikarenakan semua manusia telah berdosa. Nah, itu sebabnya Allah menunjukkan kasihnya secara nyata dengan kedatangan-Nya ke dunia melalui Kalimat-Nya Isa Al-Masih untuk menebus semua manusia dari dosa.

Dan perkembangan Kristen di 100 tahun pertama begitu pesat dikarenakan Allah yang bekerja walaupun disertai banyak penganiayaan. Juga penyebaran Kristen dilakukan dengan kasih sesuai yang diajarkan Isa Al-Masih. Terimakasih untuk komentarnya saudara Percaya.
~
Purnama
# Isa Jesus yesus 2017-09-25 12:21
~
“Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.” (Injil, Rasul Matius 5:44).

Kristen sila kasihi dan berdoa bagi "Iblis"
# Staff Isa dan Islam 2017-09-25 17:54
~
Saudara Isa,

Sepertinya saudara salah mengartikan ayat tersebut, karena Isa Al-Masih mengajarkan untuk mengasihi musuh dan berdoa bagi yang menganiaya. Di sini artinya yang dikasihi adalah sesama manusia bukan iblis.

Pertanyaan kami adalah bagaimana pandangan saudara setelah membaca artikel di atas? Dapatkah saudara menjawab salah satu pertanyaan kami? Mohon penjelasannya, terimakasih.
~
Purnama
# aji_Radiaz 2017-09-26 19:43
~
Hello bagaimana perkembangan Islam di indonesia? Kristen disebarkan dengan penjajahan. Sedangkan Islam dengan perdagangan. Perasaan tidak ada tentara Arab datang ke indonesia untuk menjajah. Baca sejarah dulu sob! Saya tanya lalu siapa yang telah memerdekakan indonesia.
# Staff Isa dan Islam 2017-10-05 19:53
~
Saudara Aji_Radiaz,

Terimakasih untuk komentar dan pertanyaannya. Kami kira saudara terburu-buru menyampaikan bahwa Kristen disebarkan dengan penjajahan. Jika sdr melihat sejarah awal perkembangan Kristen maka sdr akan temui bahwa tidak ada cara penyebaran Kristen dengan kekerasan. Lagi pula penjajahan terjadi karena masalah politik untuk menguasai ekonomi. Dan yang memerdekakan Indonesia adalah seluruh kalangan bangsa. Bukankah hal ini dicatat oleh sejarah?

Isa Al-Masih tidak pernah mengajakan untuk menggunakan kekerasan dalam segalah hal. Terbukti dampaknya hingga saat ini pengikut Isa tidak menggunakan kekerasan.

Bagaimana dengan Islam, apa dampak di masa ini akibat cara diperkembangkan di 100 tahun pertama sejarahnya? Berharap dapat dijelaskan.
~
Purnama
# Isa Yesus Jesus 2017-10-04 21:42
~
Purnama,
Karena Isa Al-Masih mengajarkan untuk mengasihi musuh dan berdoa bagi yang menganiaya.

Jawapan
Matius 5:43 'Bencilah musuhmu.
# Staff Isa dan Islam 2017-10-05 20:01
~
"Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar."(Injil, Rasul Matius 5:43-45). Isa Al-Masih tidak pernah mengajarkan kekerasan dalam penyebaran agama. Karena Isa adalah raja Damai (Kitab Nabi, Yesaya 9:6). Berharap dapat dicermati.
~
Purnama
# Isa Jesus yesus 2017-10-06 08:48
~
Matius 10:34
"Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa DAMAI, melainkan PEDANG"

Lukas 12:51
"Kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa DAMAI di atas bumi? Bukan, kata-Ku kepadamu, bukan damai, melainkan PERTENTANGAN"

Lukas 12:49
“Aku datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapakah aku harapkan, api itu telah menyala!” (mengobarkan perang)

Lukas 19:27
"Akan tetapi semua seteruku ini, yang tidak suka aku menjadi rajanya, bawalah mereka ke mari dan BUNUHLAH mereka di depan mataku"

Matius 15:30
“Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi” (ajaran tanpa belas kasihan)
# Staff Isa dan Islam 2017-10-06 21:02
~
Saudara Isa,

Kami memahami kekeliruan saudara dalam memahami apa yang Isa Al-Masih sampaikan. Bila saudara memila-mila setiap ayat Injil tanpa membaca kisahnya keseluruhan maka hasilnya akan membawa kesesatan bagi saudara sendiri. Kami mengundang sdr untuk mengirimkan pertanyaan sdr di . Mengigat dibutuhkan kolom yang cukup panjang untuk menjelaskannya.

Karena faktanya ajaran Isa Al-Masih adalah "Kasih" bukan kekerasan. "Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi" (Injil, Rasul Besar Yohanes 15:12).

Jika tidak keberatan dapatkah sdr menjawab salah satu pertanyaan kami?
1. Menurut Anda, mengapa agama Kristen dapat maju dalam 100 tahun pertama tanpa memakai kekerasan?
2. Bagaimana kita dapat membedakan orang yang mempunyai nama “Kristen” dari “Pengikut Benar” Isa Al-Masih?
3. Menurut Anda apakah dampaknya pada agama Islam dan Kristen masa ini akibat cara dua agama ini diperkembangkan pada 100 tahun pertama sejarahnya?
~
Purnama