Ikuti Isa dan Islam di Facebook Ikuti Isa dan Islam di Tweeter

Siapakah yang Dapat Memberi Syafaat Bagi Manusia?

Syafaat bagi mansuiaSaudara Karno dengan tegas berpegang tentang nabi Islam, 'hanya beliau yang dapat memberikan syafaat kepada umat manusia karena itu kelebihan yang Allah berikan kepadanya.'

Di mana ada ayat demikian? Bukankah yang dikatakan tentang nabi Islam dalam Sura 46:9 "Katakanlah: Aku bukanlah rasul yang pertama di antara rasul-rasul dan aku tidak mengetahui apa yang akan diperbuat terhadap aku dan tidak pula terhadapmu..." Membaca ayat ini jelas beliau tidak tahu masa depannya sendiri, juga ia tidak tahu apa yang akan Allah perbuat terhadap para pengikutnya. Ia sendiri tidak punya keyakinan keselamatan dan juga tidak dapat menjamin keselamatan mereka yang mengikuti ajarannya. Bukankah Sura 33:56 memberikan pesan "Hai orang-orang yang beriman, bersyalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah penghormatan kepadanya."? Terjemahan Arbery dalam bahasa Inggris berbunyi, "O believers, do you also bless him and pray him peace." Benarkah rasul ini yang belum yakin akan keselamatannya sendiri dan yang perlu di 'syalawat'i bisa mempunyai kuasa untuk 'memberikan syafaat kepada umat manusia'?

Ini lain sekali dari Isa Al-Masih yang turun dari sorga dan kembali ke sorga. Firman Allah tentang Isa Al-Masih ialah: "Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.” (Injil, Surat Ibrani 7:25) "Sebab Imam Besar yang demikianlah yang kita perlukan: yaitu yang saleh, tanpa salah, tanpa noda, yang terpisah dari orang-orang berdosa dan lebih tinggi dari pada tingkat-tingkat sorga.” (Injil, Surat Ibrani 7:26)

 

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari 3 pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir artikel. Kecuali beberapa artikel yang tidak memuat 3 pertanyaan fokus.
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

Comments  

# Mikha 2011-05-09 00:52
*
Muhammad memang bukan rasul pertama dan tidak memngetahui hal-hal yang gaib, ia hanya mengetahui kalau diberitahu Allah karena ia bukan Tuhan.
# mikha 2011-06-12 22:36
*
Adalah hal yang tidak masuk akal manusia menyembah kepada manusia, apalagi manusia yang disembah tidak mempunyai daya untuk membela diri saat disiksa oleh manusia lainnya.
# Tikva 2011-08-01 09:33
*
Saya ingin bertanya bagi semua suadara-saudara saya yang Muslim, pertanyaannya:

1. Tolong anda buktikan siapakah sebenarnya anak yang di persembahkan Nabi Ibrahim (tolong berikan referensinya dari Kitab Suci)

2. Apakah di dalam Al-Quran, Muhammad mengatakan dia adalah jalan dan kebenaran dan hidup? (berikan referensinya)

3. Mengapa setiap umat Islam selalu membaca shalawat?

4. Tolong anda jelaskan terdapat di surat mana di Al-Quran yang menjelaskan bahwa, kenapa di dalam Al-Quran harus terdapat Kitab Injil dan Zabur (Alkitab)?

Terima kasih.

Note: Saya tidak butuh jawaban argumentasi yang tanpa dasar, tetapi harus dengan bukti jelas.
# endi 2011-08-22 23:09
*
Siapakah yang dapat memberi syafaat bagi manusia?

Salam sejahtera staff Isa dan Islam, sebelumnya saya mau bertanya, apa inti dari syafaat.
# Staff Isa dan Islam 2011-08-30 17:29
~
Saudara Endi,

Inti dari Syafaat adalah perantara dari doa permohonan. Syafaat dipanjatkan sebagai perantara kepada Tuhan. Syafaat juga melambangkan keberadaan manusia yang sesungguhnya butuh perantara antara Allah dan manusia. Karena manusia telah jatuh ke dalam dosa, “Karena semua orang telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah” ( Injil, surat Roma 3:23). Kondisi ini adalah keadaan terburuk dalam kehidupan manusia, namun sayang banyak manusia tidak menyadarinya.

Oleh karena itu harus ada perantara atau juru syafaat sejati antara Allah dengan manusia. Namun tidak ada yang layak karena tidak mungkin manusia menjadi perantara manusia kepada Allah karena semua manusia telah berdosa. Namun dibutukan yang seperti manusia untuk menjadi perantara tersebut. Hanya saja manusia tersebut harus suci tidak berdosa. Siapakah Dia yang layak?

Semua nabi berdosa, kecuali Isa Al-Masih lihat dalam Qs 19:19 dan Isa Al-Masih terkemuka di dunia dan akhirat Qs 3:45. Jadi hanya Isa Al-Masih yang layak.
~
NN
# Yoga 2011-10-31 22:30
*
Kepada Staf Isa dan Islam,

Saya mau tanya, boleh diuraikan nabi-nabi yang berdosa dan dosanya apa? Supaya dapat menjadi bahan referensi.

Terimakasih dan Tuhan memberkati kita semua.
# andi 2012-01-04 23:57
*
To saudara Tikva,

Menurut saya pertanyaan nomor 3 dari anda, tidak ada satupun umat Muslim yang bisa menjawabnya. Karena merekapun hanya menuruti apa yang diajarkan tanpa tau mengapa harus mendoakan keselamatan nabinya.

Kita hanya bisa berdoa bagi mereka supaya membuka hati, biar kebenaranlah yang berbicara kepada mereka nanti. Saya percaya jikalau umat Muslim semua mau membuka hati, Tuhan pasti akan bekerja mencari hati yang rindu mencari kebenaran.

Tuhan berkati.
# yanto 2012-02-21 14:10
*
Saya berdoa langsung kepada Allah Sang Pencipta, karena saya yakin Allah Maha Mendengar.
# Staff Isa dan Islam 2012-02-23 19:10
~
Kami setuju dengan pernyataan saudara Yanto. Memang seharusnyalah kita berdoa langsung kepada Allah, tidak menggunakan perantara.

Allah bukan saja Maha Mendengar. Tapi Dia juga Maha Hadir. Selain berdoa langsung kepada-Nya, kita juga dapat berdoa di mana saja dan kapan saja. Tidak terikat dengan tempat, waktu maupun kiblat.
~
SO
# keeamad 2012-03-21 02:07
*
Yang dapat memberikan syafaat hanya yang ditunjuk oleh Tuhan dan dia tahu bahwa dia telah ditunjuk oleh Tuhan untuk itu. Kalau ada nabi yang masih "minta" didoakan selalu untuk keselamatannya, apa bedanya dia dengan orang biasa? Mengapa orang harus mendoakan nabi itu?
# Staff Isa dan Islam 2012-03-26 16:59
~
Saudara Keeamad,

Itulah permasalahannya . Kalau benar-benar seorang nabi, tentu keselamatannya sudah terjamin. Dan tidak perlu didoakan.

Oleh karena itulah dalam Alkitab tidak ada nast dimana seorang Nabi, seperti Nabi Musa meminta kepada umatnya untuk melakukan doa shalawat bagi dirinya. Apa lagi Isa Al-Masih. Justru, Dia-lah yang mendoakan keselamatan umat-Nya (baca Injil, Rasul Besar Yohanes 17:1-26). Bahkan Isa Al-Masih sendirilah yang memberikan keselamatan itu (baca Injil, Rasul Besar Yohanes 14:1-3).

Bila Sdr Keeamad merindukan untuk memperoleh keselamatan. Saudara kami persilahkan untuk mempelahari halaman pada situs ini: http://tinyurl.com/6ntpehg.
~
DA
# jalan lurus 2012-07-31 06:45
*
Syafaat yang diperoleh melalui ucapan sholawat nabi sejatinya bukanlah untuk Nabi Muhammad itu sendiri, karena dia tidak membutuhkan pertolongan dari umatnya. Dia terpelihara dari dosa, baik dosa sebelum, pada saat hidup dan sesudah dia wafat. Allah SWT sendiri yang menjaminnya, walaupun begitu dia tetap saja beribadah dengan sangat sangat rajin. Orang yang terpelihara dari dosa sudah barang tentu tempatnya di surga.

Umat-umatnyalah yang membutuhkan syafaat dia. Allah SWT memberi fasilitas kepada Nabi Muhammad syafaat untuk menolong umatnya pada hari penghakiman.

Nabi Isa terlahir suci begitu ditulis Al-Quran, namun begitu juga anak-anak yang lain. Apakah saudara admin pernah melihat bayi yang lahir dalam keadaan kotor/berdosa? Anak dari perbuatan dosa (mesum) tetaplah suci, perbuatan orang tuanyalah yang kotor.
# Staff Isa dan Islam 2012-07-31 19:39
~
Saudara 'Jalan Lurus',

Inilah syafaat yang dinaikan oleh Islam bagi Muhammad: “Assalamu Alaika Ayyuhan Nabi” artinya: Semoga keselamatan tercurah kepadamu Hai Nabi (Muhammad).

Perhatikanlah baik-baik isi dari syafaat tersebut. Apakah isi syafaat itu ditujukan bagi Anda atau bagi Muhammad? Jelas-jelas dikatakan “semoga keselamatan tercurah bagi Muhammad” bukan?

Bila memang benar Muhammad dapat menolong umatnya pada hari penghakiman, lalu mengapa Muhammad berkata, “Tebuslah dirimu! Saya tiada dapat menolongmu barang sedikitpun dari siksa Tuhan. Hai bani Abdi Manaf! Saya tiada bisa menolongmu sedikitpun. Hai Abbas anak Abdul Mutholib! Saya tiada bisa menolongmu sedikitpun dari siksa Tuhan. “Hai Safiah, bibi Rasulullah! Saya tiada bisa menolongmu sedikitpun dari siksa Tuhan. Hai Fatimah binti Muhammad! Mintalah kepada saya harta dan saya tiada bisa menolongmu sedikitpun dari siksa Tuhan!” (Hadits Shohih Bukhori Jilid 4, nomor 16).

Al-Quran hanya menyatakan “bayi Isa” saja yang suci ketika lahir. Tidak ada kata “suci” diberikan Al-Quran kepada bayi-bayi lain. Bahkan Muhammad pun mengakui hal tersebut. "Setiap anak yang lahir dijamah iblis sehingga menangis kecuali Isa, anak Maryam” (Bukhari-Anbiya , Bab 44, Tafsir sura3, b.2).
~
SO
# Juli Darma Putra 2012-08-11 14:51
*
Anda menfasirkan ayat Al-Quran sesuka hati anda dan mengada-ada. Statement manapun kalau dipotong-potong pengertiannya bisa diatur sesuai kehendak penulisnya.

Saya akan menjawab pertanyaan anda. Yang akan menolong manusia adalah Allah sendiri. Manusia tidak punya daya apa-apa. Manusia hanya bisa berusaha, dan sebaik-baik penolong adalah Allah sendiri. Sebaik apa pun manusia di dunia kalau tidak dirahmati oleh Allah bisa ke neraka.

Nabi Isa juga tidak bisa memberi syafaat pada manusia, karena malu dikultuskan oleh umatnya menjadi Tuhan.
# Staff Isa dan Islam 2012-08-11 19:34
~
Saudara Juli,

Bila tidak keberatan, dapatkah saudara menjelaskan ayat manakah dari Al-Quran yang kami tafsirkan dengan mengada-ada?

Kami setuju dengan saudara, yang dapat menolong manusia hanya Allah. Amal ibadah seseorang pun tidak dapat menolong manusia untuk masuk sorga. Hanya Allah yang dapat memberi keselamatan bagi manusia sebagai anugerah dari-Nya.

“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri” (Injil, Surat Efesus 2:8).

Jelas Isa Al-Masih dapat memberi syafaat bagi umat-Nya dan kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya. Inilah kata kitab suci tentang hal itu:

"Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka” (Injil, Surat Ibrani 7:25).
~
SO
# Bingung 2012-10-06 16:23
*
Dalam Alkitab terdapat banyak bukti yang menyatakan bahwa Isa Al-Masih adalah manusia, dan karenanya Dia diberi gelar Anak Manusia. Namun juga ada banyak bukti dalam Alkitab yang menyatakan bahwa Isa Al-Masih adalah Tuhan, YHVH , dan Isa Al-Masih disebut sebagai Allah.

Isa Al-Masih itu benar-benar anak manusia (Maryam). Apabila Isa Al-Masih itu adalah Allah, wajarkah Tuhan dilahirkan oleh masusia?

Manakah yang lebih mulia / tinggi derajatnya, Maryam sebagi manusia atau Allah sebagai Tuhan? Mohon direnungkan dalam-dalam.
# Staff Isa dan Islam 2012-10-13 19:59
*
Isa Al-Masih adalah Tuhan. Isa Al-Masih berkata “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan” (Injil, Rasul Besar Yohanes 13:13).

Digelari Anak manusia karena Isa Al-Masih mengambil wujud manusia melalui keajaiban proses kelahiran dari perawan. Hanya sesaat Isa Al-Masih menjadi manusia. Yang terutama adalah tujuan-Nya. Isa Al-Masih melewati jalan itu demi menuntun manusia agar mengenal-Nya dan masuk dalam kerajaan sorga-Nya.

Lebih jelasnya mari baca ayat ini: "Pada mulanya adalah Firman... dan Firman itu adalah Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia [Jadi Firman itu bukan ciptaan]...Firm an itu telah menjadi manusia" (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:1-14).

Dan itulah rahasia yang terkandung dalam Qs 3:45 menunjukkan siapakah yang terkemuka di dunia dan akhirat selain Allah.

Allah menjadi manusia demi menyelamatkan manusia. Seorang bapak rela menceburkan diri dalam lumpur yang busuk ketika anaknya terjerumus dalam lumpur itu.
~
NN
Video Isa Dan Islam

Click gambar di atas untuk video-video terbaru kami

www.videoisadanislam.com

isadanislamstudi.com

* Untuk bisa masuk ke pelajaran kursus ini, non-aktifkan 'pop-up blocker' komputer Saudara dengan meng-klik di sebuah 'bar' di bawah 'status bar' di bagian atas layar komputer