Ikuti Isa dan Islam di Facebook Ikuti Isa dan Islam di Tweeter

Isa Al-Masih - Tuhan atau Siapakah Dia?

Menyembah“Pernahkah Yesus mengatakan ‘Akulah Tuhanmu maka Sembahlah Aku’”? Pertanyaan jujur ini dialamatkan kepada situs IDI.

Mengapa Isa Al-Masih hati-hati menyatakan KeTuhanan-Nya

Terus terang tidak ada ayat demikian didalam Alkitab. Pasti bila Isa Al-Masih membuka pelayanan-Nya dengan ucapan di atas, pelayanan-Nya akan singkat sekali dan Isa Al-Masih akan mati dirajam orang Yahudi atau Isa akan segera dicap dan ditertawakan sebagai “Si tolol dari Nazaret”.

Pernyataan Zakaria, Nabi Yahya dan Rasul Yohanes:

Yang penting kita dengarkan adalah perkataan malaikat Tuhan kepada Zakaria bapa nabi Yahya Pembaptis yang diutus untuk mempersiapkan kedatangan Isa Al-Masih. “Ia (Yahya Pembaptis) akan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia” (Injil Lukas 1:17). Tiga puluh tahun kemudian Nabi Yahya Pembaptis memulai pelayanannya dan memperkenalkan diri dengan mengutip nubuat-nubuat nabi Yesaya, “Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya” (Injil, Lukas 3:2). Yahya menggambarkan diri sebagai ‘suara’ saja, tetapi suaranya terang dan jelas – Tuhan datang!

Siapakah Tuhan ini? Tidak lain daripada Isa Al-Masih, Tuhan yang turun dari surga. Rasul Yohanes dalam Injil Yohanes mulai dengan berita yang sama. “Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi” (Injil, Rasul Yohanes1:1,2). Kemudian ditulis, “Firman itu telah menjadi manusia, dan diam diantara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya” (Injil, Rasul Yohanes 1:14).

Dengarlah ucapan Isa Al-Masih sendiri --- Siapa selain Tuhan:

1) Berkuasa mengampuni dosa ?Supaya kamu tahu, bahwa di dunia in Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa“ (Injil Matius 9;6).

2) Berkuasa membangkitkan orang mati? “Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya” (Injil, Rasul Yohanes 5:21). Contoh Lazarus, teman Isa Al-Masih dibangkitkan. Lihatlah Injil Yohanes, pasal 11.

3) Berkuasa memberikan hidup yang kekal? Sama seperti Engkau (Bapa) telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya” (Injil Yohanes 17:2).

4) Berkuasa atas hari Sabat? “Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat” (Injil Matius 12:8).

5) Berkuasa datang dalam kemuliaan Bapa-Nya? “Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya” (Injil, Rasul Matius 16:27).

6) Berkuasa mengutus malaikat-malaikat-Nya? “Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam Kerajaan-Nya” (Injil, Rasul Matius 13:41).

7) Berkuasa membalas setiap orang? “Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya, pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya” (Injil Matius 16:27).

Pernyataan-Pernyataan Isa Al-Masih yang sangat mengherankan:

“Kata Yesus kepada mereka Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dari Allah” (Injil, Rasul Yohanes 8:42).

“Abraham bapamu bersukacita bahwa Ia akan melihat hari-Ku dan Ia telah melihatnya dan ia bersukacita. Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada” (Injil, Rasul Yohanes 8:56, 58).

“Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia” (Injil, Rasul Yohanes 3:13).

“Hanya Dia yang datang dari Allah, Dialah yang telah melihat Bapa” (Injil, Rasul Yohanes 6:46).

“Sebab dimana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka” (Injil, Rasul Matius 18:20).

“Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi” (Injil Matius 28:19).

“Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut” (Injil, Wahyu 1:18).

“Kata Yesus kepadanya Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Yohanes 14:6).

Siapakah Dia? Sesudah kebangkitan Isa Al-Masih, Rasul Tomas melihat-Nya dan berkata: ”Ya Tuhanku dan Allahku!” (Injil Yohanes 20:28).

Bagaimana mungkin menarik kesimpulan lain? Tinggal satu pertanyaan lagi, memang pertanyaan yang terpenting: Sudahkah Isa Al-Masih Tuhanmu dan Allahmu?

(David Eran)

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silakan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Add comment

PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Pembaca yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari 3 pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir artikel. Kecuali beberapa artikel yang tidak memuat 3 pertanyaan fokus.
3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
4. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected]

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam

Security code
Refresh

isadanislamstudi.com

* Untuk bisa masuk ke pelajaran kursus ini, non-aktifkan 'pop-up blocker' komputer Saudara dengan meng-klik di sebuah 'bar' di bawah 'status bar' di bagian atas layar komputer

Isa Islam Dan Kaum Wanita

Click gambar di samping untuk artikel - artikel untuk wanita Muslim


 

www.isaislamdankaumwanita.com